Walimah Syari
Walimah Syari - Pixabay.com

Walimah Syari, Indahnya Bukan Sekedar Pesta Biasa

Diposting pada

Infokua.com – Walimah Syari bukanlah sekedar pesta biasa, di dalamnya mengandung banyak kebaikan. Walimah beasal dari kata al walam yang memiliki arti al jam’u secara bahasa artinya berkumpul.

Atau dapat diartikan sebagai acara berkumpul tamu undangan untuk makan bersama dalam acara pernikahan, dimana biasanya dilakukan setelah prosesi ijab qabul dalam akad nikah pasangan pengantin.

ada pula yang mengartikan al walim itu sebagai makanan pengantin, maksudnya adalah makanan yang disediakan khusus dalam acara perayaan tasyakuran pernikahan atau yang biasa kita sebut resepsi pernikahan.

6 Syarat Walimah Syari

Walimah Syari
Walimah Syari – Pixabay.com

Terdapat enam syarat sebuah walimah, tentunya syarat syarat tersebut berbeda dengan syarat nikah atau lainnya.

Syarat dalam walimah ini menjadi hal yang bisa kita lakukan ketika menyelenggarakan pesta maupun saat prosesi akad nikah berlangsung.

Lalu apa saja yang menjadi syarat syarat dalam walimahan, antaranya sebagai berikut :

Walimah Syari Digelar Dengan Sederhana

Pertama : Sebaik baiknya walimah syari digelar dengan penuh rasa ikhlas, tidak berlebih lebihan atau sederhana. Jadi dilakukan tidak secara bermewah-mewahan.

Pernikahan sederhana tentunya bisa menjadi pilihan yang baik dalam selenggarakan pesta. Baca juga biaya pernikahan 10 Juta. Memang tak sekedar biaya, tapi juga dalam bentuk penyelenggaraan pesta.

Walimah Diadakan Dengan Infishal, Hindari Ikhtilat

Kedua : Walimah diadakan dengan infishal, hindari ikhtilat (memisahkan tamu undangan yang berlawan jenis).  Dimana undangan wanita dan laki laki harus dipisahkan menggunakan hijab atau pembatas.

Termasuk kedua mempelai juga dipisahkan tempatnya, guna menghindari terjadinya zina pandangan dan hal yang tak diinginkan oleh tamu undangan.

Menghindari Kebiasaan Orang Kafir

Ketiga : Menghindari kebiasaan kebiasaan orang kafir, dimana salah satu contohnya adalah budaya makan sambil berdiri, dan mengambil makanan secara berlebihan.

Sediakan kursi untuk para tamu undangan duduk saat menyantap hidangan.

Pengantin Wanita Tidak Berhias Secara Berlebihan

Keempat : Khususnya bagi wanita tidak boleh tabarruj, atau berhias secara berlebihan. Ketahui juga, hukum pergi ke salon kecantikan bagi wanita yang akan menikah.

Baiknya berdandan sewajarnya karena sesungguhnya wanita berdandan adalah untuk suaminya, bukan orang lain. Menghindari tabarruj ini juga berlaku bagi tamu undangan.

Adakan Hiburan Sesuai Syariat

Kelima : Adakan hiburan yang sesuai syariat, sebagaimana dalam hadits riwayat an Nasa’i dan Ibnu Majjah, dikatakan:

“Pemisah antara apa yang halal (yakni pernikahan) dan yang haram yakni perzinaan adalah duff dan shaut (suara) dalam pernikahan”.

Maksudnya boleh ada hiburan musik tetapi yang dianjurkan adalah lagu religi yang liriknya tidak mengandung unsur sara aau kata kata mudharat.

Jadikan Walimah Sebagai Sarana Dakwah

Keenam : Jadikan walimah menjadi sarana berdakwah.

Tidak ada salahnya mengadakan walimah dengan acara tabligh akbar, atau edukasi mengenai walimah syari, dan lainnya yang berfaedah untuk keluarga dan tamu undangan.

Seperti itulah syarat walimah yang dianjurkan, jadi perayaan resepsi pernikahan dilakukan bukan hanya sebagai foya foya dan kemudharatan. Melainkan sebagai bentuk rasa syukur atas pernikahan yang telah berlangsung.

Hal Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Akan Walimah Syari

Bagi kamu yang ingin menggelar walimah syari sederhana baiknya membuat konsepnya dengan matang, dengan mematuhi enam syarat di atas. Beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai walimah syari adalah sebagai berikut :

  1. Akad nikah tanpa menunjukkan pengantin wanitanya. Jadi cukup pengantin laki laki saja yang duduk di hadapan penghulu. Hal ini untuk menjaga pengantin wanita dari banyak pandangan tamu undangan laki laki.
  2. Pemisah antara tamu undangan laki laki dan wanita dengan hijab, sehingga keduanya tidak saling menampakkan pandangan.
    • Inilah yang membedakan antara walimah syari dengan pesta pernikahan pada umumnya. Dimana kita tahu bahwa muslim laki laki dan perempuan haruslah saling menjaga pandangan.
  3. Hidangan untuk tamu laki laki dan wanita dipisah juga, sama seperti bangku bangku yang disediakan untuk menyantap hidangan juga dipisah di antara keduanya.
    • Pastikan juga bahwa tidak ada makanan atau minuman yang dilarang, untuk disajikan. Misalnya alkohol maupun makanan non halal.
  4. Perbanyak kursi supaya tidak ada tamu undangan yang makan berdiri.
    • Hal ini penting sekali, seperti yang telah dibahas di atas bahwa kita tidak boleh mencontoh hal yang bukan menjadi budaya kita. Yakni seperti makan sambil berdiri.
  5. Pengantin wanita hadir dengan make up yang sederhana, tidak tabarruj, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
    • Jangan pula pengantin wanita berdandan sampai membuat pangling, karena kita tahu dalam Islam tidak ada merias diri sampai berlebihan apalagi ditunjukkan bukan untuk suami kita.

Baca Juga: Persiapan Pernikahan Bagi Wanita Muslimah

Baiknya memang kita fokus pada konsep walimah syari jika memang menginginkan mengadakan resepsi pernikahan sesuai syariat Islam.

Resespsi pernikahan yang diadakan setelah akad nikah ini adalah menjadi momen yang tak bisa dilupakan oleh pengantin. Hari bahagia ini harus kamu rencanakan dari jauh hari agar dapat berjalan dengan lancar saat hari H.

Biasanya pasangan telah membuat konsep pernikahan yang dirancang mulai sejak lamaran, termasuk menyiapkan seserahan yang akan di bawa saat hari pernikahan.

Bicara soal seserahan, biasanya ada barang barang khusus yang menjadi paket lengkap dari seserahan.

Isi Seserahan Yang Bisa Dibawa

Biasanya isi dari seserahan adalah seperti berikut ini :

  1. Mas kawin seperangkat alat sholat yang menjadi simbol bahwa agama menjadi tumpuan utama dari kedua mempelai. Isinya berupa mukena, sajadah, tasbih dan al Qur’an.
    • Dimana makna dari bentuk seserahan ini adalah kedua mempelai harus menegakkan tiang agama yakni shalat.
  2. Cincin mas kawin berapa gram? Perhiasan yang biasanya berbentuk cincin, kalung, gelang, atau anting. Dimana jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai laki laki.
  3. Busana wanita bisa setelan baju, atau bahan dasar atau kain kebaya.
  4. Peralatan rias sebagai maksud agar calon mempelai wanita selalu menjaga penampilan di depan suaminya kelak.
  5. Seserahan berisikan sepatu, selop, atau sandal yang mana maksudnya supaya kedua calon mempelai selalu sejalan dalam mengarungi kehidupan rumah tangga.
  6. Tas juga biasanya dijadikan seserahan, yang artinya calon mempelai pria mampu membiayai keperluan istrinya.

Kurang lebih seperti itulah konsep walimah syari dan juga isi seserahan.

Mengenai biaya pernikahan syari dapat disesuaikan dengan jumlah tamu undangan, dan dimana tempat walimah dilangsungkan, di rumah atau di gedung. Sehingga akan mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Ayat Al Quran Tentang Pernikahan & Kumpulan Kata Bijak

Itulah beberapa hal yang bisa dipahami tentang walimah syari, sekian yang bisa disampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *