tugas istri menurut islam
Ilustrasi

Tugas Istri Menurut Islam, Ada 7 Hal Penting Untuk Dipahami

Diposting pada

Infokua.com – Tugas Istri Menurut Islam. Menjadi seorang istri, mungkin saja adalah sebuah beban tanggungjawab yang harus diperjuangkan dalam rumah tangga.

Seorang istri memiliki banyak tugas yang harus diemban. Termasuk dari urusan rumah tangga, kasur, dapur dan sumur, termasuk pada suami dan anak.

Tak heran, tak sedikit pula istri yang menerima kondisi rumah tangga dengan ikhlas. Namun ada juga yang menuntut ini dan itu kepada suam yang tidak pernah mencukupi kebutuhan istrinya tersebut.

Namun, sebenarnya dalam hal ini, seorang istri memiliki tugas pada umumnya adalah dengan cukup merasa bersyukur atas pemberian suaminya, sampai kebutuhan dasar rumah tangga tercukupi.

Terlebih lagi, tugas istri menurut pandangan islam yang berada pada tingkat dasar, terutama bagi wania salehah adalah yang memelihara diri ketika suaminya tidak ada karena Allah telah memeliharannya.

Selain itu, yang perlu diketahui seorang istri adalah seorang suami dapat menjadi pintu surga bagi istrinya sebagaimana ia dapat pula menjadi pintu neraka untuk istrinya.

Maka tugas tugas istri baik menurut islam atau pada umumnya setidaknya dijalankan dengan baik. Berikut beberapa di antaranya tugas istri menurut Islam:

7 Tugas Seorang Istri Menurut Islam

Adapun Tugas seorang istri adalah sebagai berikut:

  1. Tugas paling utama dan paling baik bagi seorang istri adalah mendidik anak-anaknya sendiri.
  2. Hampir tidak ada orang besar yang menjadi pemimpin pada suatu masa, kecuali ia berada di bawah asuhan seorang ibu yang agung.
  3. Ibu adalah pencetak para tokoh, maka tempalah dirimu dengan karakter yang kuat dan akhlak yang mulia.
  4. Islam menggariskan jalan untuk anak sejak Anda mengandungnya hingga melahirkannya. Lalu, dilanjutkan dari menyusui dan mengasuhnya sampai ia menjadi seorang pemuda yang tangguh dan laki laki dewasa.
  5. Saat anda hamil, bersyukurlah kepada Allah. Anda tak perlu risau apakah bayi yang akan lahir itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.
  6. Saat anda mau melahirkan, mintalah tolong kepada Allah dan bertawakallah kepada-Nya.
  7. Setelah anda melahirkan anak, bersyukurlah kepada Allah atas nikmat yang telah Dia anugerahkan kepada Anda.

Baca Juga: Hak Istri Atas Suami, Ada 8 Hak: Ini Penjelasannya

Dalam hal ini ambilah teladan dari Khadijah nilai kesetiannya, dari Aisyah nilai kejujurannya, dari Asiah nilai kesabarannya, dari Maryam nilai ketabahannya, dan dari Fathimah nilai keteguhannya.

Selain itu tugas yang harus benar-benar dipahami seorang istri adalah, sebaik baiknya yang dimiliki seorang lelaki adalah istri yang setia. Tugas menjaga kesetiaan bagi seorang istri pun teramat penting.

Maka, tak jarang, para suami lebih senang, ketika istri diam diri di rumah. Sebab, wanita yang menetap di dalam rumah ibarat mutiara yang terpendam.

Dan sebaik baiknya istri adalah, ketika ia selalu mendahulukan suami dalam segala hal. Salah satunya dalam hal makan.

Dan janganlah menuntut ini itu kepada suami. Jadilah seorang istri yang sabar yang selalu disisinya dalam kondisi apapun.

Ketaatan seorang istri yang paling utama setelah ketataannya kepada Allah, kemudian Rasul, ialah ketaatan kepada suaminya.

Baca Juga: Hak Suami Atas Istri? Simak Baik-Baik, Ini Penjelasannya

Itulah sekiranya penjelasan singkat yang bisa kita sama-sama pelajari. Semoga bermanfaat dan menjadikan pembelajaran, renungan, dan tindakan-tindakan yang baik.

Semoga saja. Insya Allah. Amiin. Terimakasih. Salam.

2 thoughts on “Tugas Istri Menurut Islam, Ada 7 Hal Penting Untuk Dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *