Syarat Melamar Wanita
Ilustrasi Syarat Melamar Wanita

Syarat Melamar Wanita, Ini 6+7 Yang Harus Dipersiapkan

Diposting pada

Infokua.com – Pasti tak sedikit di antara kamu yang memiliki niat untuk melamar wanita pujaan. Tetapi banyak pula yang bingung apa saja syarat-syarat melamar wanita, dan seperti apa caranya.

Belum lagi jika disibukan dengan pikiran apa saja yang dibawa saat melamar wanita, apakah sebuah kewajiban atau kepatutan.

Selain syarat dan apa saja yang dibawa, tata cara yang dilakukan juga menjadi tanda tanya dan perhatian ketika akan melamar, misalnya saja jika secara adat, contoh saja, bagaimana tata cara melamar wanita adat Jawa.

Seperti saat saya diantar keluarga besar untuk tunangan atau melamar istri saya, bahkan cara melamar wanita bahasa Jawa yang digunakan. Namun itulah cara melamar wanita paling romantis yang pernah saya lakukan. Sekali seumur hidup.

Demikian juga bagi ia yang memiliki niat bertunangan dengan kata kata melamar wanita secara Islami. Kalau bisa jangan gunakan cara melamar wanita lewat wa. Lebih baik bertemu dengan langsung.

Karena melamar seorang wanita adalah sebuah upaya untuk menunjukkan keseriusan kita kepadanya sebagai langkah awal untuk menikahinya secara resmi.

Syarat melamar wanita pada umumnya di masyarakat adalah seperti menyiapkan cincin yang nantinya akan diberikan dari pihak laki laki untuk perempuan yang dilamar.

Dalam prosesnya ibu dari pihak laki laki yang akan mengenakan ke perempuan yang dilamar. Serta pemasangan cincin oleh ibu dari pihak wanita kepada laki laki yang melamar, prosesi ini biasa disebut dengan tukar cincin.

Tapi saat ini syarat pemberian cincin tidaklah mutlak, karena banyak juga masyarakat yang menggantinya dengan bentuk perhiasan lain.

Adanya pemberian ini adalah sebagai bentuk tanda jadi atau keseriusan pihak laki laki untuk akan menikahi si wanita tersebut.

Syarat Melamar Wanita dalam Islam

Syarat Melamar Wanita
Ilustrasi Syarat Melamar Wanita

Dalam Islam tidaklah diperintahkan untuk prosesi tukar cincin dalam lamaran. Syarat melamar wanita dalam Islam, si pihak laki laki datang langsung dan meminta izin kepada orangtua atau wali wanita yang akan dilamar.

Prosesi lamaran belum boleh diumumkan dan disunahkan dilakukan secara tertutup. Karena lamaran atau khitbah ini bukanlah sebuah kepastian dari pernikahan dan masih ada saja kemungkinan untuk ditolak.

Saat proses lamaran, pihak wanita harus memberikan jawaban apakah lamaran yang dilakukan pihak pria diterima atau ditolak.

Jika lamaran dari pihak laki laki diterima, maka status wanita tersebut adalah makhtubah. Wanita itu tidak boleh menerima lamaran dari laki laki lain, kecuali kalau lamarannya dibatalkan oleh salah satu pihak.

Lalu apa yang harus dilakukan perempuan yang sedang dilamar seorang laki laki? Baik itu adalah laki laki yang telah lama dikenalnya, maupun baru dia kenal.

  1. Pertama; meminta seseorang dari keluarganya untuk bertanya apa madzhab laki laki tersebut, juga mengenai agama, aqidah, nama baik, dan ketepatan janjinya.
  2. Kedua; ketahui pula seperti apa lingkungannya dan siapa saja kerabatnya.
  3. Ketiga; mengamati kedisiplinan serta ketekunan laki laki tersebut dalam melaksanakan shalat, khususnya sahalat wajib lima waktu dan shalat berjamaah.
  4. Keempat; si wanita memastikan usaha dan sumber penghasilan si laki laki yang melamar, apakah usahanya dilakukan secara halal atau tidak.
  5. Kelima; lebih mengutamakan agamanya dibanding hartanya, si wanita juga harus lebih mengutamakan perjalanan hidup laki laki yang melamar tersebut daripada komentar orang lain mengenainya.
  6. Keenam; berusaha bersikap qana’ah, agar menambah kemesraan dan rasa cinta keduanya, sifat qana’ah ini juga penting untuk mengusir rasa takut si laki laki ketika akan melamar seorang wanita.

Prosesi Lamaran di Indonesia

Pada prosesi lamaran yang kerap terjadi di Indonesia, pihak laki laki membawa beberapa hadiah atau biasa disebut seserahan untuk si pihak wanita. Hal ini seperti hadits Rasulullah SAW, yang artinya:

“Saling berkirim hadiah lah kalian, karena saling mengirim hadiah itu dapat menghilangkan saling curiga di dalam hati” (HR at-Tirmidzi).

Hadiah – hadiah yang dibawah pihak laki laki saat prosesi lamaran, sepenuhnya adalah hak si wanita. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW, yang artinya:

“Setiap wanita yang menerima mahar, hadiah (yang bukan bagian dari mahar), pemberian pengganti idah, sebelum terjadinya akad nikah maka semuanya itu adalah milik wanita.

Namun bawaan yang dibawa pihak pria setelah terjadinya nikah, maka itu milik keluarga wanita”

(HR Abu Daud). Pendapat ini diikuti oleh Umar bin Abdul Aziz, al-Tsauri, Abu Ubaid, Malik, dan Zaidiyyah.

Apa Saja yang Dibawa Saat Melamar Wanita

Barang – barang yang biasa diminta untuk dibawa selain mahar biasanya adalah berupa perabotan rumah tangga, keperluan diri si wanita, dan lain sebagainya.

Biasanya, bawa bawaan tersebut digunakan oleh kedua mempelai ketika nanti sudah menikah. Adapun lebih lengkapnya mengenai barang bawa bawaan atau seserahan yang biasa dibawa saat lamaran adalah sebagai berikut :

1. Perlengkapan sholat/ ibadah

Perlengkapan sholat khususnya untuk wanita muslim diberikan sebagai bentuk agar wanita dapat menjadi istri yang sholehah. Ini adalah simbol bimbingan dari suami kepada istri, isinya bisa berupa mukena, sajadah, dan al-Qur’an.

2. Perlengkapan mandi

Biasanya berupa sabun, shampo, shower puff, handuk, serta produk perawatan tubuh, dan wewangian.

3. Pakaian dalam

Isinya bisa berupa seperangkat pakaian dalam, lingerie serta baju tidur. Biasanya si wanita lah yang memilihkan barang barangnya kemudian diserahkan kepada pihak laki laki untuk dihias di dalam kotak seserahan.

4. Perlengkapan makeup

Sama halnya pakaian dalam, biasanya untuk urusan perlengkapan make up si wanita lah yang mencarinya, karena biasanya wanita memiliki brand khusus yang biasa mereka pakai, dan produknya juga banyak, sehingga mungkin laki laki tidak memahaminya.

5. Perlengkapan pesta

Isinya bermacam – macam, bisa kain, atau baju pesta, sepatu, tas, sampai jam tangan.

6. Perhiasan

Biasanya hal ini disepakati terlebih dahulu oleh kedua pihak, jika memang wanita menginginkan adanya perhiasan, dan pihak laki laki menyanggupi, maka sesrahan berupa perhiasan dapat disertakan.

7. Makanan dan buah – buahan

Sebagai pelengkap, biasanya seserahan juga berupa makanan dan buah buahan. Pada beberapa adat tertentu biasanya memiliki makanan khusus yang biasa dijadikan seserahan. Seperti roti buaya pada adat Betawi.

Selain hal hal di atas, tak sedikit juga beberapa adat di Indonesia yang mana pihak wanita mensyaratkan pihak laki laki untuk membawa sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Apabila pihak laki laki menyanggupinya, dan sudah terjadi akad nikah, maka pihak laki laki tidak boleh menuntut kembali uang yang telah diberikan tersebut apabila terjadi perceraian di kemudian hari.

Setelah mengetahui syarat melamar wanita, serta apa saja yang harus dibawa saat melamar seorang wanita. Kini kita bertanya tanya berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk melamar wanita.

Hal ini tentunya sesuai dengan kemampuan pihak laki laki masing-masing. Juga berdasarkan adat yang dipakai saat melamar wanita.

Biaya Lamaran

Soal biaya ini juga mencakup acara lamaran yang akan diadakan, tentunya ini juga bergantung dari kesiapan finansial khususnya pihak wanita. Karena acara lamaran diadakan oleh pihak wanita.

Jika kamu masih penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk proses acara lamaran. Berikut ini hitungan kasar dari sebuah acara lamaran sederhana yang bisa jadi referensi untuk kamu.

Makanan dan minuman                                                                                Rp 1.800.000

(berupa makanan berat, snack, dan minuman)  untuk 30 orang x 2

Seragam kain batik (untuk kedua calon mempelai) @55.000 x 2                 Rp 110.000

Jahit batik @70.000 x 2                                                                                 Rp 140.000

Parsel dari calon pengantin laki laki (berupa makanan)                               Rp 500.000

Oleh oleh dari pihak wanita (makanan)                                                        Rp 200.000

Dekorasi sederhana                                                                                       Rp 250.000

Total                                                                                                             Rp 3.000.000

Baca Juga: Mahar Termasuk Syarat Atau Rukun Nikah? Ini Jawabannya

Bagaimana, sudah ada gambaran kan mengenai biaya acara lamaran? Pahami juga tentang tukar cincin tunangan dalam Islam, apakah hukumnya diperbolehkan atau tidak.

Semoga untuk kamu yang memiliki niat melamar seorang wanita dilancarakan urusannya oleh Allah SWT.  Semoga artikel ini bisa menajdi inspirasi dan motivasi untuk kamu yang akan melamar wanita pujaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *