shalat istikharah jodoh
shalat istikharah jodoh

Shalat Istikharah Jodoh: Hukum, Waktu dan Tanda Terjawab

Diposting pada

Infokua.com – Pernahkah kamu melakukan Shalat Istikharah Jodoh? Lalu, kapan waktu shalat istikharah yang tepat? Dan apa saja tanda istikharah terjawab? Banyak yang bertanya kepada saya akan hal ini.

Nah untuk itu, saya ingin membeberkan beberapa hal tentang shalat istikharah jodoh terbaik. Karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini.

Misalnya saja terkait waktu, ada jam shalat istikharah jodoh yang tepat dan doa doa yang terbaik dimunajatkan. Serta ada waktu yang dilarang untuk shalat istikharah.

Apalagi bagi kita yang benar benar ingin menemukan jawaban jawaban shalat istikharah jodoh yang telah dilakukan. Namun seperti apa yang menjadi kebaikan dan dipelajari dalam Islam.

“Manakala seorang pemuda telah menemukan seorang gadis yang menurutnya layak menjadi pendamping hidup dan hendak meminangnya, ia sebaiknya memohon pilihan terbaik kepada Allah terkait urusan ini.

Masing-masing dari keduanya dianjurkan untuk mengerjakan shalat istikharah.”

Shalat Istikharah Jodoh

shalat istikharah jodoh
shalat istikharah jodoh

Namun sebelum melangkah ke ihwal jodoh, kita ketahui dulu apa sih yang dimaksud dengan Shalat Istikharah?

Shalat Istikharoh ialah shalat sunnah yang dikerjakan untuk memita petunjuk dari Allah SWT. Atas ketidakyakinan atau keragu-raguan seseorang atas sebuah pilihan yang perlu diambil.

Banyak orang mengira shalat istikharoh merupakan shalat sunnah untuk menetukan pilihan pasangan atau jodoh. Padahal shalat istikharoh merupakan shalat untuk menetukan keyakinan atas sebuah pilihan segala hal yang dialami oleh manusia.

Hal ini didasari karena manusia sering dihampiri beberapa pilihan, dan manusia adalah makhluk yang lemah, tentu sangat membutuhkan petunjuk dari Allah SWT tentang benar dan salah pilihan yang akan diambil.

Namun Allah tak serta merta membiarkan hambanya dan kebimbangan memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemantapan hati.

Allah SWT mensyariatkan doa agar seorang hamba dapat bertawasul pada-Nya.

Sebagai seorang muslim yang yakin bahwa tak ada keraguan sedikitpun tentang ketetapan Allah dan Dia lah yang menentukan serta menakdirkan segala yang terjadi pada hamba-Nya.

Dari Al Jaami’ li ahkamil Quran (Tafsir Al Qurthubi) “Sebagian ulama menyatakan :

Tidak sepantasnya orang yang ingin menjalankan di antara urusan dunianya sampai ia meminta kepada Allah pilihan dalam urusannya tersebut dengan melaksanakan shalat istikharoh.

Hukum Shalat Istikharah

Shalat Istikharoh hukumnya sunnah tidak wajib. Dalam Hadits Riwayat Bukhari Nomor 2678 Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam pernah didatangi seseorang dan ditanyai soal islam kemudia Beliau menjawab:

“Shalat lima waktu sehari semalam” lalu orang tersebut bertanya lagi “Apakah aku memiliki kewajiban shalat lainnya?”

Kemudian Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam menjawab “Tidak ada, kecuali jika engkau ingin menambanh dengan shalat sunnah”

Seperti yang disampaikan Jabir, ia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Apabila seseorang di antara kalian hendak melakukan suatu hal, hendaklah ia shalat dua rakaat yang tidak wajib,”

Namun tentu ada batasan yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:

  • Tidak dianjurkan shalat istikharah untuk meminta pilihan kepada Allah manakalah ada lelaki tukang mabuk meminang.
  • Atau, lelaki yang meninggalkan shalat dan melalaikan urusan agamanya.
  • Jika memang lelaki yang datang meminang seperti itu, si gadis harus langsung menolak sejak awal.
  • Jika si gadis menjalin hidup dengan lelaki yang melalaikan hak hak Rabbnya, bagaimana mungkin lelaki tersebut akan memenuhi hak hak si gadis, sementara ia sendiri tidak memenuhi hak hak Rabbnya.

Waktu Shalat Istikharoh Jodoh

Istikharah bisa dilaksanakan kapan saja, tidak harus di sepertiga malam saja. Dilakukan sebanyak 2 rakaat, setelah salam membaca doa yang akan dijelaskan pada bagian doa shalat istikharah jodoh di bawah ini:

Namun, salah satunya doa ini juga bisa menjadi contoh dimunajatkan:

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah kapada-Mu dengan ilmuMu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta-Mu dengan kemuliaan-Mu.

Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak.  Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan atau pilihan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat,

atau baik bagi agama, akhir urusan dan penghidupanku), maka takdirkalah hal tersebut untuk ku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku.

Ya Allah, jika engkau mengetahui bahwa perkara tersebut bukan yang terbaik bagi agama, akhir urusan dan penghidupanku maka palingkanlah ia dariku,

takdirkanlah yang baik bagiku di manapun itu sehingga aku pun ridho dengannya.

Shalat istikharah boleh dilakukan berulang-ulang. Karena shalat istikharah adalah doa, dan doa boleh diulang-ulang. Hanya saja kehadiran jawabannya yang harus dicermati. Ingat tak harus dimimpikan.

Shalat istikharah tentu dilakukan setelah melaksanakan shalat wajib, bisa dilakukan setelah shalat 5 waktu setelah shalat tahajud, setelah shalat rawatib maupun, setelah shalat tahiyatul masjid.

Shalat istikharah dilakukan hanya untuk perkara-perkara yang mubah saja (bukan dalam perkara wajib dan sunnah).

Perkara yang mubah ini adalah perkara yang sangat perlu dipertimbangkan ke hukum pelaksanaannya, misalnya tidak perlu lagi shalat istikharah untuk mengetahui perlu menikah atau tidak.

Tetapi istikharah dilakukan untuk menentukan pilihan menikah dengan siapa atau saat menentukan si calonnya.

Dan tentu juga bukan untuk perkara yang makruh atau haram yang sudah pasti bukan merupakan perkara yang dianjurkan melainkan perkara yang dilarang.

Doa Istikharah Jodoh

Apakah doa harus selalu dilafalkan dalam bahasa arab? Dalam melakukan doa yang paling utama ialah merendahkan diri, menyerahkan diri dan berfokus kepada Allah SWT.

Allah Maha Mengetahui yang di ucapkan oleh hambanya doa berikut bisa dilafatzkan setelah melakukan shalat istikharah.

Jabir berkata, “Nabi Muhammad SAW mengajari kami istikharah dalam segala urusan seperti beliau mengajar kami suatu surah dari Al-Qur’an.

Beliau (Rasulullah SAW) bersabda, ‘Apabila seseorang di antara kalian hendak melakukan suatu hal, hendaklah ia shalat dua rakaat yang tidak wajib, kemudian setelah itu hendaklah ia membaca doa:

Ya Allah, sungguh aku memohon pilihan yang tepat kepada-Mu engan ilmu-Mu, aku memohon dengan kuasa-Mu, aku memohon kepada-Mu suatu anugerah-Mu Yang Maha Agung,

sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak kuasa, Engkau mengetahui sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha mengetahui yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebut keperluannya apa) baik dalam agama, penghidupan dan kesudahannya bagiku, maka takdirkan dan mudahkanlah untukku,

kemudian berkahilah urusan ini, namun apabila Engkau tahu bahwa urusan ini buruk bagi agama, penghidupan dan kesudahannya bagiku, maka singkirkan persoalan ini dan jauhkan aku darinya,

takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian limpahykan keridhaan-Mu padaku. (HR-Al Bukhari).

Jawaban Shalat Istikharah Jodoh

jawaban shalat istikharah jodoh
jawaban shalat istikharah jodoh

Seorang teman sering menanyakan hal tersebut, bagaimana sih jawaban atas shalat istikharah? Karena ia pernah bermimpi ada seseorang yang diyakini jodohnya datang. Salah satu seseorang yang tengah mendekatinya.

Jawaban shalat istikharah seperti yang banyak dilakukan oleh umat muslimin tidak hanya datang sebagai bunga tidur.

Jadi jika anda melakukan shalat istikharah belum tentu anda akan mendapatkan sebuah mimpi sebagai jawabannya. Namun shalat istikharah ini menjadi kunci atau penentuan tentang hal yang ragu menjadi mantap di hati.

Jadi apabila seseorang ragu untuk menikah dengan calon yang sudah ada lalu melakukan shalat istikharah untuk menemukan kemantapan hati jawabannya adallah pada diri seseorang itu sediri.

Allah SWT adalah Maha Membolak balikan hati manusia, jika Ia tak berkehendak maka yang tadinya mantappun bisa berubah kembali menjadi ragu.

Ada juga seseorang ingin menikah dan beristikharah tentang kemantapan hatinya kepada pilihannya tersebut namun Allah tunjukan beberapa hal yang membuat hatinya ragu dan tak ingin memilihnya lagi.

Semua itu tidak terlepas dari kehendak Allah SWT yng menuliskan takdir kehiduppan seseorang berdasarkan baik dan buruknya pilihan untuk dunia dan akhirat,

Jadi ingat, bahwasannya setelah shalat istikharah jodoh ini, isyarat jodoh datang tak harus dari mimpi, tidak pula dimimpikan terkait hal apapun.

Tapi ia akan mengetahuinya ada atau tidaknya kemudian yang diberikan Allah adalah melalui kelegaan hati, jiwa dan tekad untuk melakukan sesuatu.

Baca : Cara Mudah Menjemput Jodoh Dengan Tahajud dan Sholawat

Si wanita juga bisa melaksanakan shalat istikharah. Ia beristikharah kepada Rabb semesta alam perihal laki laki yang datang meminangnya, jika ia melihat pada dirinya apa yang mendorongnya untuk menerimanya.

Jadi, yang harus diingat adalah bukannya seorang wanita melaksanakan shalat istikharah ketika ada pemabuk datang melamarnya, misalnya, atau orang yang meninggalkan shalat lagi melalaikan urusan agamanya.

Nah itulah beberapa hal tentang Istikharah Jodoh. Dan sudah dijelaskan di atas, apakah shalat istikharah berkaitan tentang jodoh atau bukan, dan bagimana hukumnya.

Mari perkuat keimanan untuk mendapatkan jodoh yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan, terlebih nikmat iman dan islam. Baca juga:  Memantaskan dan Memperbaiki Diri Karena Allah, Ini Tipsnya.

Semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat dan menambahkan wawasan kita. Sekian yang bisa saya tulis di Infokua.com semoga bermanfaat. Terimakasih, salam.

One thought on “Shalat Istikharah Jodoh: Hukum, Waktu dan Tanda Terjawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *