Tips Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia
Ilustrasi Tips Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia

Rumah Tangga Harmonis, Mau? Ini Tipsnya

Diposting pada

Infokua.com Mau punya Rumah Tangga Harmonis? Ada beberapa tips menjalankan kehidupan sepasang suami istri bersama anak-anak agar bahagia.

Ada banyak tips rumah tangga harmonis yang bisa diikuti untuk dilakukan. Tentunya dengan tips tips berikut kita bisa mewujudkan impian, memiliki rumah tangga yang bahagia dunia dan akherat.

Karena sudah barang tentu, memiliki rumah tangga yang harmonis di dalam rumah yang tentram, tenang, damai, dan menyenangkan tentu menambah cinta dalam hati pasangan.

Hanya saja ada kesungguhan yang harus dilakukan dalam menjalankan tips tips berikut. Karena memang sudah barang tentu, untuk mewujudkannya tentu membutuhkan upaya yang tidak mudah.

Apalagi jika sepasang suami istri menyadari dan mengingat bahwa suami istri memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Ada tantangan dan hambatan yang harus dilewati dua insan yang berbeda karakter.

Cara cara yang ditempuh adalah demi keutuhan rumah tangga. Bukan sekedar cara menjaga keharmonisan rumah tangga saja. Jadi ada banyak yang harus dilewati. Namun yang harus dilakukan adalah ikhtiar dan terus berusaha.

Tips Membangun Rumah Tangga Yang Harmonis

Dalam membangun rumah tangga ada banyak tips yang bisa dilakukan. Keharmonisan suatu hubungan rumah tangga memang menjadi impian banyak pihak, antaranya tips yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Selalu Jujur dan Terbuka

Sikap jujur dan terbuka terhadap pasangan adalah kunci terbaik dalam membangun rumah tangga. Bahkan sejak pertama kali melangkahkan niat untuk menikah.

Karena ketika kita menutupi sesuatu hal dan tidak jujur, serta bersikap terbuka, bukan meminimalisir masalah, justru akan semakin memperbanyak masalah.

Apapun yang terjadi dalam menajalani rumah tangga, berusahalah untuk selalu mengatakan apa adanya, dan ceritakan kepada pasangan. Agar kalian bisa saling menguatkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Malah, menutup nutupi sesuatu dari pasangan hanya akan menambah masalah dan memperkeruh masalah yang ada.

Menciptakan Suasana Menyenangkan

Menciptakan suasana menyenangkan di dalam keluarga, tentunya bisa menjadi upaya untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis.

Tak dapat dipungkiri memang, menghabiskan berhari hari bersama orang yang sama tentunya dapat menimbulkan kejenuhan.

Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan agar hubungan tidak menjenuhkan adalah dengan menciptakan sendiri suasana yang menyenangkan.

Cobalah untuk melakukan kegiatan yang tidak biasa dilakukan bersama sama. Sehingga selalu ada hal baru yang dirasakan di setiap harinya.

Jika kamu biasa makan di rumah, cobalah sesekali ajak pasangan untuk makan berdua di luar. Ajak ke tempat romantis, sehingga pasangan merasa senang.

Atau kalau kamu dan pasangan senang menonton film di bioskop, cobalah sesekali desain ruangan di rumah menjadi mini bioskop yang romantis.

Pasti kegiatan baru ini akan menjadi hal yang menyenangkan serta menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Jangan Egois

Egois adalah salah satu sifat yang manusiawi, tetapi jangan terlena dengan sifat yang tidak seharusnya ada dalam diri kita ini.

Hindari egois ketika menghadapi masalah, dan jangan pula marah marah. Karena setiap amarah hanya akan berujung penyesalan dan rasa malu.

Tak ada salahnya mengalah saat berdebat dengan pasangan, justru sikap ini menjadi peredam emosi pasangan, sehingga kamu dan pasangan bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Membuat Komitmen

Buatlah komitmen jangka panjang bersama pasangan, ini adalah cara agar saling meneguhkan sikap dan pandangan dan juga pegangan satu sama lain.

Komitmen ini dibuat atas dasar kesepakatan bersama, dari pendapat yang bisa diterima keduanya. Sehingga mencapai satu tujuan yang sama, dan salah satunya adalah rumah tangga yang harmonis.

Utamakan Kebersamaan

Poin ini sangat penting, apalagi jika kamu dan pasangan sudah dikaruniai anak. Utamakanlah kebersamaan dengan keluarga. Sehingga bisa tercipta rumah tangga yang harmonis.

Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk membangun rumah tangga yang harmonis.

Tips Rumah Tangga Harmonis Menurut Islam

Bahkan dalam Islam pun juga menganjurkan untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Seperti tips rumah tangga harmonis menurut Islam berikut yang bisa kamu contoh.

Suami istri saling mencintai karena Allah

Jika suami dan istri saling mencintai karena Allah, insyaAllah rumah tangga yang dibangun akan berjalan harmonis dan romantis.

Karena kebahagiaan yang kamu dan pasangan ciptakan semata mata untuk mengharap ridha dari Allah SWT.

Suami Istri Saling Bersyukur

Melapisi kehidupan rumah tangga dengan rasa syukur tentunya akan menjadikan rumah tangga tersebut tetap terjaga keharmonisannya.

Maka jangan bosan untuk bersyukur kepada Allah atas hubungan pernikahan yang kamu dan pasangan jalani.

Mengingat Allah Saat Dihadapi Masalah

Tidak ada suatu hubungan pernikahan yang dijamin bebas dari masalah. Tentunya semua dari pasangan pasti akan menghadapi masalah. Hanya saja masalah yang dihadapi ini berbeda beda.

Dengan selalu mengingat Allah saat menghadapi masalah, semoga keharmonisan dalam sebuah rumah tangga terjaga. Ingatlah, untuk selalu melibatkan Allah dalam berbagai hal.

Dengan mengikuti tips tips di atas insyaAllah kamu dan pasangan bisa menjadi pasangan yang baik, karena seperti itu lah rahasia rumah tangga harmonis agar rumah tangga bahagia dan langgeng.

Karena kita sendiri lah yang menciptakan rumah tangga bahagia yang tak hanya romantis, tapi juga harmonis, dan pastinya sesuai di jalan yang dituntunkan oleh Allah SWT.

Sesuai dengan tips membangun rumah tangga menurut Islam yang telah dijelaskan di atas agar terjalin keharmonisan.

Doa Rumah Tangga Harmonis

Agar upaya di atas dapat dilakukan dengan maksimal, kamu dan pasangan juga bisa berdoa kepada Allah untuk mendapatkan rumah tangga yang bahagia dan tentunya terjalin suasana yang harmonis. Berikut doanya:

Doa Bahagia Dunia Akhirat

“Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada.”

Artinya: Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.

Doa Ditingkatkan Kasih Sayang

“Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii.”

Artinya: Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.

Doa Melembutkan Hati Pasangan

“Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa.”

Artinya: Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al-Quran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Al-Quran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah.

Demikian tips jitu rumah tangga harmonis yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk bisa mencapai rumah tangga bahagia selamanya. InsyaAllah tak hanya di dunia, tetapi juga di surga kelak. Aamiin ya rabbal alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *