rincian biaya pernikahan
ilustrasi infokua.com

Rincian Biaya Pernikahan: Contoh Rincian & Perhitungannya

Diposting pada

Infokua.com – Rincian Biaya Pernikahan. Pernikahan merupakan salah satu pilihan hidup seseorang dalam masa kehidupannya. Sehingga harus diperhitungkan secara matang.

Di mana setelah ikrar suci di ucapkan maka kehidupan seinsan manusia akan berbalik dengan kata lain berubah 180 derajat dari biasanya.

Karena itu menyikapi pernikahan tidak boleh sembarangan. Mulai dari sedini mungkin persiapan menjadi hal wajib bagi seorang yang ingin melangsungkan pernikahan di bulan mendatang. Terlebih bagi seorang wanita.

Mulai dari dia beranjak remaja sudah harus mempersiapkan segala kebutuhan yang dapat menunjangnya menju ke pernikahan yang diimpikan dengan pangeran pujaan.

Dididik sedini mungkin bagaimana caranya menjadi wanita yang dianggap layak diperjuangan oleh laki-laki terbaik yang dikemudian hari akan menjadi makmumnya.

Wanita seharusnya menyikapi pernikahan dengan realistis. Jangan malah mojok di pinggir kamar sambil ngabisin tisu terus gak makan berhari hari karna galau.

Jangan juga menebar paras jelita yang berharga karna itu mahal harga nya ya girl’s. Baca baik baik ya ladies,kunci jodoh bagi seorang gadis itu memantaskan diri.

Perbaiki diri, kepribadian, dan kecerdasan mental maupun spiritual. Yang pastinya bakal buat jodoh kalian tak segan untuk datang.

Satu hal yang sangat penting melebihi kepentingan yang lain adalah bugdet yang bakal ngurangin isi ATM kalian. Hal ini gak boleh sembarangan lho ya guys.

Karena kalau salah perhitungan bisa-bisa acara pernikahanmu gatot alias gagal total dan bisa bikin semua berantakan termasuk hubungan dengan tetangga juga ha.. ha.. ha.

Coba deh kamu bayangin jika tiba-tiba cinta pertama pasangan kamu mengajak kamu menikah dalam jangka waktu dua bulan mendatang?

Apa yang bkal kalian lakuin… mau nolak tapi masih cinta… mau nerima tapi kantong nya lagi kering… apa nggak kacau yaa kan gaess??

Ilustrasi Rincian Biaya Pernikahan

ilustrasi infokua.com

Untuk itu, saya dan tim Info kua bakal kasih kalian acuan dana untuk pernikahan. Biaya ini tergolong biaya pertengahan antara mahal dan murah. dapat terbilang biaya realistis bagi kebanyakan orang.

Teruntuk kalian yang nggak berminat pernikahannya disambangi banyak orang, Artikel ini bisa menjadi referensi bacaan yang bermutu.

Sementara yang pengen bikin pesta yang tergolong sedang namun terlihat mewah, kamu wajib banget menambahkan artikel ini di layar pintasan android anda.

Lambat laun kamu bakal butuhin ini. Dan harga atau biaya ilustrasi ini bisa disesuaikan dengan tahun dan lingkungan di mana kamu dan pasnagan akan menikah. Perhatikan baik baik ya:

Hal – Hal Yang Dipersiapkan Dalam Pernikahan

Hal Pertama yang wajib ada, adalah mempelai pria. Tanpa dia kalian mau menikah dengan siapa? Sepele ya, he he. Tapi ya memang begitu.

Jadi, hal pertama yang perlu kalian pastikan terlebih dahulu adalah adanya mempelai pria. Tanpa dia, kalian pergi ke  KUA hanya akan membuat pegawai di KUA bingung sebab tak ada yang menggandeng.

Sebelum kalian ke KUA pastikan kamu sudah dilamar (khusus cewe nih) terlebih dahulu ya sama keluarga si calon imam kalian. Setelah itu baru kalian urus birokrasi pernikahan kalian. Kalau nikah di KUA sih dijamin gratis tis tis….

Coba baca selengkapnya pada artikel berikut: Nikah di KUA: Syarat, Cara Daftar & Biaya.

Tapi kalau kalian mau penghulu yang menyambangi rumah kalian, harus siap mengeluarkan biaya Rp600 ribu saja.

Nggak akan ada nambah biaya lagi deh dijamin, kecuali ada aturan yang berbeda dengan syarat syarat tambahannya.

Hal wajib bagi kalian sebagai cewek kalian wajib memeriksakan kesehatan yang nantinya akan menjadi berkas untuk syarat-syarat yang dikumpul di KUA. Untuk hal ini memakan biaya sebesar Rp100 ribu.

  • Biaya KUA : Rp600 ribu
  • Tes Kesehatan : Rp100 ribu.

Coba baca selengkapnya tentang tes kesehatan sebelum nikah pada artikel berikut ini:  Tes Kesehatan Sebelum Menikah Yang Harus Dilalui, Ada 8+.

tes kesehatan sebelum menikah
Tes Kesehatan Sebelum Menikah

Yang kedua adalah mempersiapkan gedung yang akan kalian sewa untuk acara pernikahan, siapkan dana untuk gedung yang bakal kalian gunakan.

Survey tempat serta bandingkan harga dengan fasilitas gedung yang tersedia cermati dan lihat lagi gedung-gedung yang disewakan di lain tempat.

Pastikan kapasitas gedung yang di sewa nanti sesuai jumlah tamu undangan. Gedung itu mahal ya mas and mbak, beda sama nyewa kontrakan sepetak.

Contoh Rincian Biaya Pernikahan

Contohnya saja, di Kota Jogja, harga  sewa gedung yang terjangkau di kalangan seperti kita berada di kisaran 2-5 jutaan tergantung kapasitas gedung yang dipilih.

Masjid atau rumah bisa juga dijadikan tempat berlangsungnya pernikahan kalian bergantung dengan jumlah tamu undangan yang kalian undang.

Jika ada 500 undangan itu artinya perkiraan yang datang adalah 1.000 orang dengan perhitungan masing masing membawa pasangannya.

Jika seperti itu, maka kalian butuh gedung dengan kapasitas yang besar dengan kisaran harga mencapai Rp4 juta rupiah.

Jika undangan di bawah 200 atau 300 tamu undangan, kalian bisa gunakan rumah kalian sebagai tempat diselenggarakannya resepsi pernikahan. Lumayan, bisa lebih berhemat hehehe.

Pilihan lainnya adalah menyatukan biaya dekorasi sekaligus biaya gedung kira-kira harganya kurang lebih Rp6 juta ini tergolong murah lho man teman.

Usahakan memboking gedung dari jauh-jauh bulan seperti 3 atau 4 bulan sebelum acara tersebut.

Hal ini agar persiapan yang dilakukan pemilik gedung sekaligus pegawai dekorasi melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan kalian akan puas dengan pelayanan yang disuguhkan.

Berikutnya ini yang terpenting, yaitu catering atau jasa kosumsi. Hajatanmu semewah apapun yang jadi tolak ukurnya adalah kualitas makanan yang tersuguhkan. Ini beneran.

“Besok kalau kamu mau nikah, jangan kaya si fulan ya. nanti yang ada kita kehabisan makanan lagi. Kita nggak kebagian makanan.”

Tak asing lagi, sepertinya, kalimat seperti itu terdengar di telinga kita, kan? Dalam kehidupan bermasyarakat hal seperti itu sudah biasa, terutama di kalangan ibu-ibu.

Betapa kejamnya perkataan tetangga hanya karena urusan yang biasa dan kesalahan yang tak di sengaja cuek itu baik.

Namun menghindarkan persepsi jauh lebih baik. Jadi jika kalian memang mampu perhatikanlah suguhan yang akan tersaji, dan berikanlah makanan terbaik untuk mereka.

Perhitungan Biaya Pernikahan

ilustrasi infokua.com

Perhitungannya paling minimal kalian harus menyiapkan dana yang lumayan karna hal ini harus di nomor satukan.

  • Catering untuk 1.000 tamu : Rp30 juta
  • Makan pas akad nikah : Rp2,5 juta

Kemudian rias pengantin mencakup sewa baju pengantin. Penting dan harus kamu sesuaikan dengan tema serta dekorasi ya supaya serasi.

Untuk rias dan baju pengantin kalian dapat mencari referensi dari IG ataupun dari pengalaman temanmu yang sudah merasakan rumitnya mengurus kebutuhan untuk menikah.

Saran infokua, lebih baik jika kalian menyewa baju pengantin daripda harus membeli dengan biaya yang jauh lebih mahal dan nantinya tak akan berguna  he.. he.

Untuk mempermudah sekaligus menghemat dana usahakan pilih lah perias yang sudah kalian kenal sebelumnya agar lbih mudah untuk negoisasi harga.

  • Biaya sewa baju dan rias : Rp 5 juta

Undangan dan souvenir menjadi pelengkap yang akan menambah rasa mewah dari sebuah pernikahan. Tak perlu memahalkan harga untuk urusan dua hal ini karna kita bisa menekannya dengan biaya yang lumayan murah.

Baca Juga: Souvenir Pernikahan 2019 Yang Paling Banyak Diburu

Misal harga undangan Rp4 ribu untuk 500 orang kita hanya perlu mengeluarakan 2 juta rupiah begitupula dengan soevenir.

  • Biaya Undangan : Rp4 ribu x 500 = Rp2 juta
  • Biaya Souvenir : Rp4 ribu x 500 = Rp2 juta
  • Total Undangan dan Souvenir : Rp4 juta

Hal yang tak boleh ditinggalkan yakni, kualitas dokumentasi sangat wajib bagai juara! Karena semua pasti ingin menikah hanya sekali seumur hidup toh.

Jadinya harus diabadikan dengan sempurna, ditambah dengan photobooth supaya makin keceeeehhh badai.

  • Biaya dokumentasi standar : Rp4 juta
  • Photobooth : Rp1 juta

Tak kalah penting, hiburan musik juga harus diperhitungkan. Biar tamu-tamu nggak galau serta kesepian. Suasana pernikahan kalian akan lebih meriah jika ada alunan merdu musik yang jadi pengiringnya.

Untuk masalah musik ini kalian bisa sesuaikan dengan bugdet yang kalian miliki. Cari yang Rp2 jutaan saja deh kalau saran saya.

Ya biarpun nggak meriah dan nggak semeriah musik pengiring pernikahan Rafi Ahmad-Nagita Slavina. tapi seenggaknya buat undangan masih terhibur.

Musik akustik dapat menjadi jalan keluar jika sulit mendapatkan hiburan musik yang lain:

  • Biaya hiburan : Rp2 juta

Jangan sampai ketinggalan, persiapakan juga para tim pendukung suksesnya acara seperti: MC, seorng pembaca ayat suci, pembaca doa, pemberi sambutan, sampai saksi dari pihak  mempelai perempuan.

Amplop buat mereka harus disediakan juga tentunya…..

  • Biaya total keseluruhan untuk semua perangkat tadi sekitar Rp1,5 juta
  • Biaya perangkat nikah : Rp1,5 juta

Terakhir, siapkan juga biaya untuk keperluan lain-lain yang sekiranya bakal muncul, seperti transportasi, makan sajian untuk tamu yang datang ke rumah kalian, sampai penginapan untuk sanak family.

Walaupun nggak banyak tapi nggak boleh disepelekan lho ya. Untuk perhitungannya kalian cukup siapkan dana  sebesar Rp5 juta rupiah. Biarlah salah satu saudara kalian yang mengelola.

  • Biaya lain-lain : Rp5 juta

Ilustrasi Total Biaya Pernikahan 2019

Sekarang waktunya kita total rincian biaya pernikahan di 2019 ini, simulasi keseluruhan yang harus kalian dikeluarkan mempelai wanita untuk pernikahan dengan 1000 tamu undangan

  1. Biaya nikah ke KUA = Rp600 ribu
  2. Tes Kesehatan = Rp100 ribu
  3. Gedung dan dekorasi = Rp 6 Juta
  4. Catering 1000 tamu = Rp 30 juta
  5. Makan pas akad nikah = Rp 2,5 juta
  6. Biaya sewa baju dan rias = Rp 5 juta
  7. Undangan dan Souvenir = Rp 4 juta
  8. Biaya Dokumentasi = Rp 4 juta
  9. Biaya Photobooth = Rp 1 juta
  10. Biaya Hiburan = Rp 2 juta
  11. Perangkat nikah = Rp 1,5 juta
  12. Biaya lain-lain = Rp 5 juta
  13. Total Keseluruhannya = Rp 61,7 juta

Nah kira kira segitu biaya yang akan kalian keluarkan para ladies untuk acara pernikahan kalian. Untuk dana sendiri bisa diperkecil tergantung keinginan kalian  dan pasangan kalian tentunya.

Rincian Biaya Pernikahan Adat Jawa – Sunda

Contoh Rincian Biaya Pernikahan Adat Sunda
Kompilasi Google Image

Sementara untuk rincian biaya pernikahan adat Jawa yang harus dikeluarkan. Sama halnya misalnya seperti rincian biaya pernikahan adat Sunda. Sebagai berikut:

Pernikahan Adat Sunda

Di sini  kami menyediakan list yang harus kamu siapkan jika ingin mengusung tema adat Sunda dalam pernikahan.

Yakni, seserahan dalam bentuk pakaian, uang, perabot rumah tangga, sampai dengan makanan. Barulah masuk kedalam tahap ngeuyeuk seureuh, lalu membuat lungkun, hingga prosesi memperubutkan uang.

Semuanya tadi adalah rangkaian tahapan dalam prosesi lamaran. Tahapan tersebut tergolong lebih singkat dan hemat tentunya dibandingkan dengan adat lainnya.

Dalam prosesi pernikahan adat Sunda sendiri ada beberapa tahapan. Yang pertama adalah penjemputan calon pengantin pria, lalu dilanjutkan dengan proses ngabageakeun.

Setelah itu, akad nikah atau sering disebut pemberkatan dan sungkeman serta pemberian nasihat/wejangan dari orang tua. Tahap selanjutnya yang paling dinanti  yakni saweran diiringi pantun sawer.

Pantun ini mengandung petuah utusan dari orang tua pihak wanita. Langkah berikutnya yakni  meuleum harupat, nincak endog atau menginjak telur, sampai pada tahap akhir pernikahan adat Sunda yaitu muka panto.

Ilustrasi Rincian Biaya Pernikahan Adat Sunda

Jika dilihat dari keseluruhan prosesi, untuk menggelar pernikahan sederhana dengan mengusung tema adat Sunda, kira kira rincian biaya pernikahan yang dikeluarkan dapat memakan biaya sekitar Rp100 juta.

Biaya catering sudah ada di dalam hitungan itu. Angka itu diproyeksikan untuk pernikahan yang dana dihadiri sanak saudara dan teman terdekat sekitar 500 orang. Termasuk di dalamnya adalah dana untuk upacara adat sederhana.

Selain itu ada juga sewa gedung, dekorasi, hiburan, dokumentasi, undangan, souvenir, hingga  alat transfortasi untuk keluarga dan mobil pengantin.

Biaya Pernikahan Sederhana 2019 Yang Dikeluarkan & Fasilitasnya

Untuk kalian yang ingin menikah dengan pernikahan sederhana kalian bisa mengambil yang bujet rincian biaya pernikahan Rp13 juta.

Dengan rincian biaya pernikahan semurah itu, apa saja fasilitas yang bisa didapatkan oleh kalian? Simak terus penjelasan di bawah ini:

Budget segini berlaku untuk masarakat yang tinggak di pinggiran kota, sedangkan untuk yang tinggal di perkampungan harga bisa lebih  mahal.Inilah fasilitas yang bisa kalian dapatkan.

1.Tata Rias dan pakaian pengantin

Tata rias ini terhitung bukan hanya untuk  calon pengantin saja, tetapi juga untuk orang tua, besan, 4 penerima tamu, dan 2 saudara kandung.

Kamu juga tidak perlu lagi menyewa busana pengantin ,hal inI dikarenakan  busana atau pakaian pernikahan sudah masuk dalam hitungan. .

2. Pelaminan

Pelaminan itu ibarat singgasana buat para mempelai. Dengan biaya pernikahan adat Jawa yang semurah itu kalian  sudah mendapatkan fasilitas dengan Paragola atau pelaminan khas Jawa.

Tidak hanya itu saja juga dekorasi berupa full bunga sekaligus bunga hidupnya dan dapat juga bunga hati tentunya. Pemandangan yang disuguhkan akan terlihat sangat asri, walaupun berada jauh dari pegunungan serta pedesaan.

3. Peralatan Kebutuhan Kamar

Dengan bujet yang hanya Rp13 juta, kamu sudah dapat menikmati kamar pengantin yang terbilang mewah. Semuanya sudah dikover dengan cantik.

Tak lupa dinding kamar juga mendapat sentuhan dari team event organizer. Semuanya betul-betul di-setting supaya kamu dan pasanganmu bak ratu dan raja sehari dalam kamar itu.

4.Peralatan Kebutuhan Acara

Seringkali saat orang tua membahas peralatan untuk kebutuhan acara terjadi  konflik. Kalau kalian gunakan jasa  pakai event organizer  tidak  akan ada keributan semacam itu.

Semuanya sudah disiapkan oleh pihak event organizer. Muai dari 4 buah tenda, 100 kursi, 3 meja prasmanan lengkap, 100 piring & sendok ditambah dengan tempat saji, serta 2 meja penerima tamu yang siap dipakai.

Pihak event organizer juga menyediakan 3 buah lampu neon dengan daya mencapai 40 Watt. Tujuannya supaya pernikahanmu terlihat lebih profesional.

Itu sudah termasuk 2 buku tamu, 2 tempat soevenir, serta 2 kotak uang. Dalam adat Jawa itu biasanya  ada acara sumbang-menyumbang.

Tempat yang disediakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecli alias yang sedang sedang saja.

5. Potografer dan Video

Untuk membuat pernikahanmu lebih memorable alias lebih mudah untuk dikenang, pihak event organizer juga menyediakan foto digital dan video shooting ,kalian akan mendapatkan VCD dan satu album eksklusif secara gratis .

Perlu dicatat, bahwa fasilitas dengan bujet Rp13 juta itu tidak termasuk untuk biaya catering. Soal itu kembali kepada kalian.

Karena jumlah tamu undangan bukanlah ranah event organizer. Sesuaikan bujet tambahan berdasarkan jumlah  tamu undangan dan juga  hitungan hari yang akan  dihabiskan untuk resepsi pernikahan.

Prosesi pernikahan adat Jawa itu setidaknya harus ada seserahan, peningsetan, asok tukon, gathok dina, sedhahan, kumbakarnan, jenggolan, pasang tratag, kembar mayang, pasang tuwuhan, siraman, adol dhawet, midodareni, ijab qobul, upacara panggih, dan sungkeman.

Urutan tersubut tidak boleh dibalik satu sama lain. Jadwal pernikahan juga bukan termasuk dalam fasilitas yang disediakan,mengingat itu juga bukan ranah dari Event organizer.

Semuanya (rincian biaya pernikahan) tersebut tinggal kalian yang menyesuaikan. Hal ini disimulasikan agar kamu terbantu dalam menelenggarakan resepsi pernikahan impian 🙂

Selamat memantaskan diri calon makmum dari lelaki sholeh… Jadilah sebaik-baik perhiasan dunia 🙂

3 thoughts on “Rincian Biaya Pernikahan: Contoh Rincian & Perhitungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *