gambar rincian biaya nikah murah
gambar rincian biaya nikah murah

Rincian Biaya Nikah dan Rinci Perhitungannya

Diposting pada

Infokua.com – Rincian biaya nikah memang menjadi perhatian kita. Terlebih lagi, menikah adalah salah satu langkah dalam penyempurnaan iman dan tiang agama.

Menikah juga merupakan bukti dan wujud keseriusan cinta dan kasih sayang antar lawan jenis yang diciptakan oleh Allah SWT berpasang-pasangan.

Lebih lebih pernikahan adalah komitmen dalam ikatan janji suci yang sakral, dan harapannya sekali seumur hidup. Untuk itu, rincian biaya pernikahan kerap menjadi pertimbangan.

Gambar Rincian Biaya Nikah

Kira-kira berapa sih gambaran idealnya rincian biaya pernikahan? Apa saja yang dibutuhkan, dan apa saja yang ditanggungkan? Apakah ada aturan baku soal biaya menikah ini?

Tentu kita harus merinci terlebih dahulu ya. Namun memang besaran berapanya tidak ada aturan baku. Justru Islam mengajarkan untuk tidak berlebihan.

Misalnya saja, silakan dibaca lebih lanjut: Contoh Mas Kawin Pernikahan Anjuran Nabi. Apakah ada aturannya? Tentu tidak berlebihan, dan tidak saling terbebani dan memberatkan.

Namun, di Indonesia, gambaran pernikahan rincian biaya menikahnya cukup besar, dari yang batas normal Rp50 juta, hingga ratusan juta ada.

Tapi ada juga yang hanya mengeluarkan biaya pernikahan 10 juta dan bahkan di bawahnya, Rp1 juta, Rp600 ribu dan lain sebagainya. Sebenarnya gambaran ini tergantung dari persepsi kita memandang hari pernikahan tersebut.

Misalnya Nikah di KUA. Besaran biaya yang dikeluarkan bisa lebih diminimalisir, jika tanpa pesta. Karena jika kita menikah di KUA di hari dan jam kerja petugas Kantor Urusan Agama, maka bisa gratis.

Namun, jika didatangkan ke rumah, atau di hari libur, beban biaya yang dikenakan bisa mencapai Rp600 ribu.

Nah seandainya gratis nikah di KUA. Maka biaya Rp600 ribu bisa diberikan untuk seserahan mas kawin, dan biaya pesta kecil kecilan sebagai wujud sukur untuk menyambut tamu yang datang.

Sehingga, beban biaya pernikahan kecil. Tidak besar. Dan tidak membebankan. Namun, esensi pernikahan terpenuhi, rukun nikah, syarat nikah dan kewajibannya.

Namun, jika ingin ada pesta, dengan rincian biaya menikah murah? Silakan simak beberapa penjelasan artikel berikut ini:

Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan Murah

contoh mas kawin pernikahan
Infokua.com : Contoh Mas Kawin Pernikahan Anjuran Nabi | Foto Pixabay.com

Ada banyak refrensi tentang contoh contoh rinciana anggaran biaya pernikahan yang dikeluarkan oleh kedua calon pengantin. Variasi harganya berbeda. Bahkan, sudah ada paket-paket pernikahan yang bisa digunakan jasanya.

Dari paket pernikahan 15 juta sampai paket pernikahan ratusan juta. Tentu beda harga akan beda juga fasiltias pada paket yang diberikan. Dan kita bisa sesuaikan dengan kadar kemampuan kita.

Namun, sebenarnya, jika yakin akan sebuah pernikahan, dan kedua belah pihak dapat merampingkan biaya pernikahan, sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin, dan bukan hal yang mustahil, nikah biaya murah itu bisa terlaksana.

Karena ini adalah momen sekali seumur hidup. Pernikahan dengan biaya minim, namun memiliki banyak makna. Dan langeng dunia akhirat adalah impian dari sebuah pernikahan.

Misalnya saja, ini biaya yang bisa kita keluarkan, sederhana, tidak terlalu mahal dan tidak teramat murah. Seperti ini contoh perhitungan rincian biaya nikahnya:

  1. Dekorasi dan tempat Rp15 juta
  2. Biaya katering atau prasmanan disiapkan dengan perhitungan Rp25 ribu per orangnya, jadi jika tamunya 200 orang, cukup keluarkan biaya Rp5 juta. Namun jika pesan katering biasanya Rp40-50 ribu per PAx dan minimal undangan 200-300 tamu undangan.
  3. Busana dan tata rias Rp2.5 juta dengan 2 kali ganti baju pengantin.
  4. Foto Rp1 juta, dengan kapasitas cetak disesuaikan.
  5. Undangan buat sendiri, ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik dengan Photosop maupun Canva dan lainnya. Atau bahkan undangan digital. Sehingga budget undangan nol.

Nah, 5 rincian tersebut sebenarnya biaya pernikahan yang dikeluarkan tak mencapai Rp50 juta. Bahkan, jika ditambah dengan seserahan seperangkat alat shalat dan biaya KUA di hari libur Rp600 ribu pun tak lebih dari 50 juta.

Rincian Biaya Nikah di KUA

ilustrasi infokua.com

Atau strategi lebih murah, seperti yang sebelumnya sudah saya jelaskan di atas. Jika di hari kerja, pernikahan bisa dilangsungkan di Aula Kantor Urusan Agama, dan biaya akad nikah gratis karena ditanggung negara.

Sehingga, biaya nikah yang dikeluarkan untuk makan makan keluarga secara sederhana dan mas kawin pernikahan. Jika ingin demikian, silakan langsung konsultasikan dengan pihak KUA.

Atau jika ingin akad pernikahan di rumah, dan dilaksanakan di hari libur, biaya KUA yang dikeluarkan adalah Rp600 ribu. Sehingga, kita bisa alokasikan biaya nikah 2 juta untuk biaya KUA, seserahan dan makan keluarga.

Untuk dokumentasi, bisa menggunakan jasa teman yang handal fotografi dan memiliki kamera. Nantinya lakukan cetak foto sendiri. Sehingga tak sampai dari 1 juta.

Untuk hiburan pun bisa sewa jasa orgen tanpa biduan, rincian kisaran Rp500 – 2 juta. Dengan tambahan biaya tak terdua 1 juta. Bahkan biaya nikah ini tak sampai dari Rp10 juta.

Lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Rincian Biaya Nikah 600 ribu

gambar rincian biaya nikah murah
gambar rincian biaya nikah murah

Jika ingin melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat? Jangan lupa, selain emas kawin dan calon mempelai, siapkan uang Rp 600.000 nikah jika si tuan di undang ke rumah. hhe

Dalam modal nikah bisa dilakukan gratis di Kantor Urusan Agama (KUA), dilanjutkan dengan syukuran sederhana sekitar 300 ribu rupiah dengan memotong ayam sendiri, mas kawin sebesar 200 ribu rupiah.

Selanjutnya, alhamdulillah SAH.

2. Rincian Biaya Nikah 20 juta

menikah tidak perlu biaya yang menjulang seperti pernikahan raja dan ratu yaa kan, yang terpenting pada intinya adalah sah dan keduanya bahagia bersama.

nah ternyata dengan budget 20 juta saja kita juga bisa melaksanakan pernikahan yang sakral itu loh asal diniati dengan niat, kali ini saya akan berikan rincian biaya nikah 20 juta.

Berikut saya kasih gambaran untuk biaya pernikahan dengan budget 20 juta:

  •  KUA  = Rp. 600.000
  •  Penghulu = Rp. 500.000
  • Tempat pernikahan (Masjid+Aula) = Rp. 1.500.000
  • Baju pernikahan akad+resepsi = Rp. 300.000
  • Dekorasi aula = Rp. 500.000
  • Make up pengantin+keluarga = Rp. 500.000
  • Konsumsi = Rp. 12.000.000
  • Undangan + video pernikahan =Rp. 1.000.000
  • Fotografi = Rp. 400.000
  • Souvenir = Rp. 0 (Hadiah dari keluarga)
  • Musik (Organ tunggal) = Rp. 500.000
  • Total = Rp. 18.300.000 (belum termasuk mahar dan seserahan)

Dibawah 20 juta bisa banget kan untuk ngadain pernikahan dari akad sampe resepsi, setelah itu tenang deh, tinggal buat strategi untuk rumah dan lain lainnya.

3. Rincian Biaya Nikah di Gedung

Jika kita ingin menikah di Gedung, maka siap-siap. Biaya terbesar pernikahan di gedung adalah sewa gedung. Untuk kapasitas tamu 500 tamu bisa kisaran Rp30 – 200 juta.

Untuk paket di Balai Kartini, Jakarta, misalnya, untuk tamu 500 orang bisa mencapai Rp200 juta.

Ini belum dekorasi dan lain halnya. Namun ada juga Weeding Organizer yang menyediakan paket lengkap di gedung dengan variasi harga. Biasanya durasi waktu pernikahan di gedung hanya 2 jam.

Maka budget yang perlu disiapkan untuk nikah di gedung, rincian biaya kisarannya mencapai Rp350 jutaan.

Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Contoh Rincian Biaya Pernikahan Adat Sunda

Selain contoh rincian, dan cara perhitungannya di atas, ada baiknya kita juga harus mengetahui bagaimana cara menghemat biaya pernikahan. Berikut tipsnya:

  1. Tentukan tema pernikahan yang ingin dilaksanakan: kasual, formal, tradisional, modern atau agamis. Tema pernikahan ini berhubungan langsung dengan rincian biaya pernikahan.
  2. Tanggal, Bulan, Lokasi, Tempat, dan Waktu: ini berkaitan dengan gedung, fasilitas, dan pertimbangan tentang harga harga bahan pokok dan musim ekonomi masyarakat pada umumnya.
  3. Panitia Penyelenggara Pernikahan: Siapa panitianya? Berapa banyak yang terlibat? Apakah kepanitan diberikan honorium atau bagaimana? itu diperhitungkan.
  4. Undangan: berapa banyak? dan siapa saja yang diundang? apakah jenis undangan sama atau berbeda?
  5. Penata Rias: cek and ricek, cari yang murah tapi tetap bagus dan berkualitas. Saat ini penata rias sangat bersaing.
  6. Dekorasi dan Hiasan Pelaminan: jangan asal ingin tampilan yang seperti ini dan itu. Cek harganya. Negosiasi dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.
  7. Souvenir pernikahan: Ada banyak yang murah, dari harga Rp500 rupiah sampai Rp1000 rupiah. Maka tak heran, banyak yang bersaing menjual souvenir pernikahan murah.
  8. Video Shooting, foto dan musik: Kalau bisa kolaborasikan dengan teman. Tapi jika tidak bisa untuk musik, jenis apa yang ingin diundang: pop, dangdut, jazz, nasyid, lagu nostalgia. Cara sederhana siapkan saja sound musik dan CD nya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tes Sebelum Nikah di KUA Yang Harus Dilewati

Itulah informasi yang bisa disampaikan tentang contoh dan cara perhitungan biaya pernikahan dan rinciannya. Semoga saja informasi ini bermanfaat, dan menjadi bahan pertimbangan ketika mau melaksanakan pernikahan.

Sekian informasi dari kami, sampai jumpa di lain artikel, salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *