Puasa Ramadhan 2020
Ilustrasi Puasa Ramadhan 2020, Suami Istri Harus Pahami Hal Ini

Puasa Ramadhan 2020, Suami Istri Pahami Hal Ini

Diposting pada

Infokua.com – Kita (masyarakat muslim) memasuki Puasa Ramadhan 2020. Puasa Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan seluruh umat muslim di dunia, di segala usia. Tapi ada yang harus dipahami, termasuk suami istri.

Apa yang harus dipahami suami dan istri selama puasa Ramadhan berlangsung, tak hanya di bulan Puasa Ramadhan 2020 saja. Tetapi di Ramadhan lainnya.

Satu hal yang mungkin kita pahami berkaitan dengan Ramadhan adalah ibadah puasa. Kita sebagai umat Muslim menjalankan salah satu kewajiban rukun Islam, yakni berpuasa.

Seperti apa yang telah disampaikan dalam Firman Allah SWT di QS. Al Baqarah 183:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Nah suami dan istri harus memahami juga syarat sah puasa Ramadhan. Ada hal yang tidak boleh dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Misalnya saja hubungan suami istri bulan Ramadhan.

Sehingga bagi seorang suami dan istri dapat memahami mana yang dianjurkan dan menjadi berkah dan ladang pahala bagi dirinya.

Di sisi lain tentunya, bagi sepasang suami istri, apalagi pengantin baru, ibadah puasa bersama dijalankan adalah suatu kenikmatan tersendiri.

Kebersamaan dalam perbuatan kebaikan demi sempurnanya ibadah puasa ini tentu menjadi yang selalu akan dirindukan. Maka penting memahami mana yang diperkenankan dan yang tidak.

Nah kita harus memahami beberapa hal yang tidak diperbolehkan selama bulan Ramadhan menurut Islam. Sehingga, selama Bulan Puasa Ramadhan 2020 ini suami dan istri bisa saling memahami apa yang harus dilakukan.

Selama Puasa Ramadhan 2020 Sepasang Suami Istri Hindari Hal Ini

Puasa Ramadhan 2020
Ilustrasi Puasa Ramadhan 2020, Suami Istri Harus Pahami Hal Ini

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari selama berpuasa bagi sepasang suami istri, baik saat menjalankan puasa Ramadhan maupun puasa sunah. Karena puasa tak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga dari hawa nafsu.

1. Berhubungan Suami Istri di Siang Hari

Seperti artikel yang telah ditulis sebelumnya. Berhubungan suami istri di siang hari dalam artinya ber5etubuh sebaiknya tidak dilakukan di siang hari. Di malam hari pun harus memahami waktu yang tepat untuk melakukan itu.

Meski menjadi pasangan halal, namun di bulan Ramadhan tidak wajib melakukan hubungan layaknya suami istri di siang hari.

Tahanlah hawa nafsu itu agar ibadah sempurna. Lakukan di waktu yang tepat, yakni di malam hari sebagai pahala suami istri di bulan Ramadhan.

2. Berhubungan Suami Istri Setelah Sahur

Ingat ini juga demikian sama dengan penjelasan poin satu. Karena setelah sahur sama halnya waktu puasa tiba. Tidak diperbolehkan melakukan hubungan layaknya suami istri, meski pasangan halal.

Karena waktu tersebut dikhawatirkan juga kebablasan waktu subuh dan akhirnya dapat menjadikan puasa batal. Demikian lainnya yang berkaitan dengan bermesraan suami istri sampai keluar manie.

Tak hanya waktu setelah sahur, di siang hari yang waktu berpuasa pun tak boleh. Apalagi keluarnya dilakukan dengan sengaja. Ini juga menjadi salah satu yang membatalkan puasa.

3. Bertengkar

Jadikanlah moment bulan Puasa Ramadhan 2020 ini menjadi moment yang indah bagi pasangan suami istri. Hindari pertengkaran.;. Jangan kotori momen yang suci ini dengan pertengkaran suami dan istri.

4. Suami Menalak Istri

Tentang suami talak istri. Pahamilah hukum talak dalam Agama Islam. Meski dibolehkan tapi perceraian adalah yang paling dibenci Allah SWT. Hal tersebut juga seperti yang dijelaskan dalam HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Al Baihaqy.

Maka janganlah menjadikan hal yang dibenci Allah dilakukan di bulan yang penuh rahmat ini. Perbanyak berkah rumah tangga, suami istri yang harmonis, dan menghindari perceraian, meski perceraian tidak dilarang.

Setidaknya Ramadhan 2020 ini bisa membuat sepasang suami bersatu mempererat hubungan, bukan saling jatuhkan talak. Bahkan jangan sembarangan menjatuhkan talak. Pahami hukum talak 1, 2 dan 3.

Demikian juga bagi seorang istri gugat cerai suami. Sebaiknya dihindari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wanita mana saja yang meminta talak (cerai) tanpa ada alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga.”

(HR. Abu Daud no. 2226, Tirmidzi no. 1187 dan Ibnu Majah no. 2055. Abu Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

5. Tidak Menyiapkan Sahur Suami

Kewajiban Suami Istri Setelah Menikah harus dipahami dengan baik. Apa yang menjadi hak suami atas istri, dan sebaliknya hak istri atas suami. Termasuk saat Puasa Ramadhan tiba.

Dalam firman Allah SWT dalam Al-Baqarah: 187 : “…Dan makan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, [5] yaitu fajar…”

Sebaiknya seorang istri menyiapkan kewajibannya dalam melayani suami. Salah satu kewajibannya adalah menyiapkan makan sahur bagi sang suami. Ini juga menjadi ladang pahala bagi istri yang siapkan sahur untuk suaminya.

Dengan demikian kita berharap, pahala akan berlipat ganda. Aamiin.

6. Marah Tanpa Sebab

Di Bulan Ramadhan 2020 ini selama menjalani ibadah puasa, sebaiknya sepasang suami istri untuk menghindari marah tanpa sebab.

Redam nafsu amarah. Banyak istigfar dan bersabar. Karena memang dalam situasi berpuasa ada banyak cobaan, termasuk sedikit selisih hingga menjadi cekcok dan pertengkaran.

Suami istri sebaiknya memahami dan menyadari apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Jangan saling menyalahkan dan hindari amarah.

Kemaran kecil bisa menjadi besar dan bisa menjadi polemik lain yang berujung hal hal yang tak diinginkan. Semoga dengan sabar menahan amarah selama berpuasa pahala mengalir deras bagi suami istri tersebut.

7. Tidak Menyiapkan Hidangan Buka Puasa Ramadhan 2020

Menyegerakan berbuka puasa adalah salah satu kebaikan dalam menjalankan ibadah puasa. Dalam H.R. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192 dijelaskan:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,”

Menyiapkan hidangan berbuka adalah salah satu ladang pahala yang dapat dikumpulkan selama bulan Ramadhan. Tak hanya Ramadhan 2020 ini saja.

Maka jangan sampai tidak siapkan hindangan berbuka, apalagi dengan sengaja tidak siapkan hidangan berbuka puasa untuk suami.

8. Mandi Bersama Saat Puasa Ramadhan 2020

Sama hal penjelasan di atas, point pertama dan selanjutnya, poin 8 ini juga tak boleh untuk mandi bersama. Sebaiknya hindari kebiasaan romantisme saat menjalankan puasa. Kecuali di waktu yang diperbolehkan setelah berbuka puasa.

Karena yang dikhawatirkan akan memicu syahwat yang kemudian mengarah kepada hal hal yang dapat membatalkan puasa.

Demikian juga menyentuh bagian sensitif dari istri. Sebaiknya hal hal ini dihindari selama berpuasa. Selain dikhawtirkan dapat memicu batalnya puasa, juga membuat tidak fokus dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: KUA Tutup Layanan Akad Nikah, Benarkah? Ini Kata Kemenag

Itulah beberapa hal yang bisa kita pahami tentang apa yang harus dipahami suami istri saat puasa Ramadhan 2020 ini. Tak hanya puasa Ramadhan, tetapi juga puasa sunah yang dijalankan lainnya.

Sekian yang disampaikan, semoga informasi ini dapat menjadi pengetahuan kita bersama. Tentunya banyak hal yang juga masih bisa dipelajari dalam hal ini. Di atas hanya sebagian kecil informasi. Sekian. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *