Persiapan Pernikahan Bagi Wanita
Ilustrasi Infokua.com - Persiapan Pernikahan Bagi Wanita

Persiapan Pernikahan Bagi Wanita Muslimah

Diposting pada

Infokua.com – Persiapan Pernikahan menjadi salah satu dasar yang memang harus dipersiapkan secara matang, apalagi bagi mempelai wanita yang akan menjadi istri.

Tak hanya soal mahar nikah dan hal yang dibutuhkan, atau bahkan soal biaya yang dikeluarkan.

Akan tetapi juga tentang kesiapan mental cari sepasang calon pengantin, dan tentunya juga terkait ilmu yang harus dipersiapkan untuk bisa membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Bisa saja karena sibuk mengurus persiapan pesta pernikahan, wanita dan laki laki yang akan menikah justru melupakan pentingnya mempersiapkan diri secara mental dan spiritual sesuai dengan ajaran agama.

Dimana persiapan batin juga sangat diperlukan, bahkan itu harusnya menjadi hal yang paling utama untuk dipersiapkan sebelum hari pernikahan.

Maka, sebaiknya kita perlu mempersiapkan hal hal tersebut, sehingga bukan hanya pesta yang dipesiapkan dan yang kita nanti nantikan.

Tetapi juga persiapan diri untuk menjalani kehidupan setelah pesta pernikahan tersebut dilakukan.

12 Persiapan Bagi Wanita Dalam Menghadapi Pernikahan

Persiapan Pernikahan Bagi Wanita
Ilustrasi Infokua.com – Persiapan Pernikahan Bagi Wanita

Jika melihat banyak refrensi ada banyak sekali yang bisa dipelajari bagi seorang wanita dalam mempersiapkan pernikahannya.

Baik persiapan wanita sebelum menikah menurut islam sampai persiapan sebelum menikah atau persiapan seminggu sebelum pernikahan berlangsung.

Jadi persiapan ini baik dilakukan persiapan pernikahan pihak wanita maupun pihak laki-laki (pengantin pria). Biasanya, dalam persiapan yang dilakukan juga terdapat larangan calon pengantin sebelum menikah.

Pastinya setiap adat istiadat ada kebudayaan tersendiri dalam hal ini, masing-masing pihak ada hal hal yang dilarang dilakukan calon pengantin, bahkan ada istilah dipingit atau tidak boleh kemana-mana menjelang pernikahan.

Nah kamu harus coba deh agar tidak lupa apa saja yang menjadi daftar persiapan pernikahan yang kamu butuhkan. Tentunya dalam daftar itu kamu niatkan juga sebagai ibadah yang dilakukan sebelum menikah.

Jadi niatan ini menjadi hari-hari yang sedang kamu siapkan, apa saja yang menjadi persiapan pernikahan dalam 1 bulan sebelum menikah. Nah Info KUA coba sedikit bantu ya yang dilakukan banyak orang dalam menulisfkan daftar persiapan pernikahan

1. Niat

Niat atau membangun motivasi menikah ini tak hanya dimiliki calon mempelai laki laki. Mempersiapkan niat yang lurus dan baik ini juga harus dilakukan oleh calon mempelai wanita.

Niatkan bahwa menikah untuk beribadah kepada Allah SWT sebagaimana kita tahu bahwa menikah adalah sunah Rasul.

2. Memahami tentang pernikahan Islami

Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban untuk menjalani kehidupan sesuai yang disyariatkan Islam. Termasuk soal menikah, kita perlu memahami tentang pernikahan secara Islami yang dianjurkan dalam Islam.

Kembali belajar, banyak membaca, dan bertanya kepada yang sudah berpengalaman atau yang sudah lebih dahulu menjalani pernikahan bisa menjadi cara yang kamu lakukan.

Sehingga, kita dapat menerapkannya dalam pernikahan kita. Menjalani kehidupan pernikahan sesuai dengan perintah Allah SWT. Sehingga kita dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Demikian juga mengetahui hak istri atas suami, hak suami atas istri. Demikian terkait kewajiban dan tanggung jawab dalam membangun rumah tangga harmonis.

3. Ijab kabul dan mahar

Setelah kita memahami pernikahan secara Islami, selanjutnya kita dapat mempersiapkan mengenai ijab kabul dan menentukan mahar atau mas kawin yang akan diberikan oleh pihak calon mempelai pengantin laki laki.

Seorang wanita boleh meminta mahar sesuai dengan kehendaknya, tetapi dianjurkan untuk tidak memberatkan calon suaminya.

Terdapat hadits Rasulullah SAW yang artinya,

“Sesungguhnya paling besarnya berkah dalam pernikahan adalah yang paling memudahkan dalam mahar” (HR. Imam Ahmad)

Sehingga janganlah wanita memberatkan calon suaminya untuk memberikannya mahar dengan jumlah yang fantastis, apalagi jika hanya karena supaya dipandang oleh orang lain.

Sungguhlah tidak baik sengaja memamerkan jumlah mahar yang diberikan dari pihak laki laki. Ikuti dan contoh mas kawin pernikahan anjuran nabi.

4. Berusaha memperbaiki akhlak diri sendiri

Seorang istri idaman adalah ia yang memiliki akhlak yang baik, sehingga alangkah baiknya jika menjelang hari pernikahan ia terus berupaya untuk memperbaiki akhlak dirinya sendiri.

Sehingga nanti setelah kehidupan pernikahan dimulai, ia dapat memperlakukan suaminya dengan baik, menjalani kewajibannya sebagai istri dan memenuhi hak atas suaminya kelak.

Memperbaiki diri karena Allah itu menjadi satu hal yang harus dilakukan, bukan karena orang lain, karena menikah tujuannya adalah ibadah.

5. Mulai mengamalkan ibadah sunnah

Mulailah mengamalkan ibadah sunnah, sehingga nanti saat sudah menikah akan terbiasa. Dan bisa menjadi contoh bagi pasangan serta anak yang kelak dilahirkan.

Karena sekolah utama bagi seorang anak adalah keluarga yang mampu mengajarkan ilmu agama kepada anak anaknya.

6. Persiapan fisik

Wanita yang akan menikah juga bisa mulai memperiksakan kesehatannya yang dianjurkan untuk dilakukan oleh calon pengantin.

Pemeriksaan kesehatan ini sebagai upaya menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar menjelang pernikahan. Saat ini mungkin termasuk sertifikasi pra nikah.

7. Menghindari dosa dalam menyiapkan pernikahan

Dalam mempersiapkan pernikahan, ingatlah untuk menghindari dosa yang di jaman sekarang menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pasangan yang akan menikah.

Seperti foto pre wedding, yang jelas jelas melanggar koridor syariat.

Karena berdekatan antara laki laki dan wanita tidak diperbolehkan, apalagi sampai bergaya mesra hanya sekedar untuk diabadikan dengan kamera dan nantinya dipajang dan diperlihatkan ke khalayak umum.

Jika memang kita menginginkan pernikahan yang syari, maka jangan lah menambah dosa dengan melakukan hal hal yang dilarang agama dan dibenci Allah SWT.

Perhatikan bagaimana pernikahan syari yang benar dan baik yang memang sesuai dengan ajaran Islam.

8. Mempersiapkan walimah syari

Setelah kita tahu apa saja hal yang tidak sebaiknya dilakukan dalam mempersiapkan pernikahan, dan kita juga berniat untuk mengadakan walimah syari.

Maka perhatikan seperti apa resepsi pernikahan yang dibolehkan dalam Islam, dan apa saja hal hal yang tidak boleh ada dalam resepsi pernikahan.

Mengenai hal ini sebaiknya diskusikan antar kedua belah keluarga, sehingga tidak ada kesalah pahaman mengenai resepsi yang akan dilakukan.

9. Mengurus dokumen penting ke KUA

Poin ini penting untuk dilakukan, uruslah dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran pernikahan untuk mendapatkan surat nikah ke KUA.

Surat nikah ini sangat penting, karena dengan adanya surat nikah maka sebuah pernikahan akan dianggap sah secara agama dan juga hukum negara.

Informasinya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini tentang beberapa poin cara mengurus surat nikah di KUA:

10. Menyiapkan busana sesuai syariat Islam

Jika kita ingin mengadakan resepsi pernikahan sesuai dengan syariat, maka perlu juga diperhatikan untuk menyiapkan busana pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam juga.

Busana pernikahan yang sesuai syariat adalah busana yang tidak membentuk tubuh mempelai wanita, dan tidak berlebihan. Perhatikan kerudung harus menutupi dada, dan sebaiknya berhias pula dengan tidak berlebihan.

11. Menyiapkan makanan halal untuk disajikan

Saat proses resepsi pernikahan berlangsung, tentunya kita harus menyiapkan makanan halal untuk disajikan kepada para tamu undangan.

Janganlah sampai kita menyajikan makanan atau minuman yang tidak baik, karena tentu itu melanggar syariat Islam.

12. Menjalani konseling pra nikah

Salah satu syarat dari KUA adalah para calon pengantin mengikuti konseling pra nikah, termasuk persyaratan nikah yang harus dilalui tahapannya.

Dimana konseling pra nikah ini bertujuan agar calon pengantin mendapatkan pengetahuan mengenai kehidupan pernikahan yang Islami.

Dari konseling pra nikah ini juga diharapkan calon pengantin mampu menjalani kewajibannya sebagai suami atau istri. Saat ini ada juga informasi tentang sertifikasi pra nikah 2020.

Seperti itulah hal hal yang harus dipersiapkan bagi wanita menjelang pernikahan. Yang mana juga perlu disiapkan oleh calon pengantin laki laki.

Menikah adalah anjuran agama yang sudah semestinya diindahkan oleh umat muslim, tetapi juga langkah langkahnya harus sesuai dengan syariat Islam. Semoga tulisan ini menjadi bahan pembelajaran untuk kita semua.

Itulah persiapan pernikahan bagi seorang wanita yang bisa dipelajari, dipahami dan menjadi informasi atau ilmu sebelum pernikahan berlangsung.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *