Nasehat Rumah Tangga
Ilustrasi Infokua.com - Nasehat Rumah Tangga | Kolase Gambar dari Kumpulan Pixabay

Nasehat Rumah Tangga Menuju Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Diposting pada

Infokua.com – Nasehat Rumah Tangga Menuju Hidup Bahagia Dunia Akhirat menjadi salah satu hal yang sangat dicari dalam menjalankan hidup bersama pasangan (suami istri), bahkan anak-anak.

Menikah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Membangun bahtera rumah tangga bersama pasangan yang kita cintai adalah impian semua orang.

Maka, tak heran jika banyak orang yang membutuhkan dan mencari nasehat rumah tangga untuk menuju hidup bahagia dunia dan akhirat.

Sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

(QS: Ar Ruum: 21)

Karena menikah memiliki tujuan untuk mencapai kehidupan yang bahagia. Tidak hanya di dunia, melainkan pun hingga ke surga.

Tetapi, apalagi di jaman sekarang begitu banyak problematikan kehidupan rumah tangga yang menguji suami istri.

Sehingga perlu bukan hanya kesetiaan melainkan saling mendukung antara suami istri untuk bisa menghadapi masalah tersebut.

Suami dan istri juga perlu menentukan tujuan atau visi dari pernikahannya tersebut, sehingga timbullah kehidupan rumah tangga yang harmonis dan saling menguatkan.

Nasehat Rumah Tangga Islami

Nasehat Rumah Tangga
Ilustrasi Infokua.com – Nasehat Rumah Tangga | Kolase Gambar dari Kumpulan Pixabay

Dalam buku berjudul Renew Your Marriage hasil karya Syaikh Muhammad Al Khady, yang merupakan seorang pakar keluarga dan cinta, terdapat banyak nasehat untuk mencapai rumah tangga bahagia. Berikut di antaranya:

  • Bertakwa kepada Allah adalah dasar bagi kebahagiaan
  • Jadikan pasangan hidup Anda sebagai penolong dalam menunaikan ketaatan kepada Allah
  • Usir setan dari rumah Anda dengan banyak mengingat Allah
  • Berdoalah kepada Allah agar Dia memenuhi rumah tangga Anda dengan cinta kasih hingga terwujud sakinah dalam kehidupan pernikahan
  • Perbarui pernikahan Anda dengan senantiasa melakukan komunikasi efektif antara Anda dan pasangan
  • Kebahagiaan adalah nikmat yang harus diusahakan
  • Jangan jadikan pertengkaran dalam pernikahan menguasai Anda. Cari pemecahan dan solusi secepatnya agar tak meninggalkan pengaruh buruk bagi pernikahan Anda.
  • Berusahalah selalu di samping pasangan Anda sebagaimana Anda berharap ia berada di samping Anda. Jadilah Ali untuknya dan ia akan menjadi Fatimah untuk Anda
  • Ingatlah selalu hadits Rasulullah: Sebaik-baik kalian adalah yang paling berbuat baik bagi keluarganya
  • Banyaklah berdoa agar Allah mengkaruniakan kebaikan dan kebahagiaan dan menghindarkan Anda serta pasangan dari keburukan.

Nasehat Rumah Tangga Bahasa Jawa

Dalam hidup ini tentulah kita tak pernah terlepas dari masalah. Hal ini juga berlaku saat kita membangun rumah tangga.

Sehingga yang diperlukan adalah kesabaran, keikhlasan dalam menghadapinya. Berikut ini nasehat bahasa Jawa yang bisa menjadi pedoman kita dalam membangun rumah tangga dan saat menghadapi masalah kehidupan.

  • Sak apik-apike uwong yen awihe pitulong kanthi cara dedemitan; Sebaik-baik orang adalah orang yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi.
  • Mohon, mangesthi, mangastuti, marem; Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.
  • Sepiro gedhine sengsara yen tinampa among dadi coba; Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan lapang dada lapang dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan.
  • Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan; Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.
  • Gusti Allah mboten sare; Allah tidak tidur. Jadi, apa yang dilakukan semuanya tidak lepas dari pengamatan yang Maha Kuasa.
  • Aja Mbedakke marang sapadha-padha; Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
  • Natas, nitis, netes; Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan tuhan kembali.
  • Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana; Bersikap baik untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup.
  • Alam iki sejatining Guru; Alam adalah guru yang sejati.
  • Surya dira janingrat, lebur denning pangastuti; Segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh sikap bijak, sabar dan lembut.

Nasehat Untuk Suami Istri Yang Sering Bertengkar

Ini trak kalah penting, bagaimana nasehat bagi suami istri yang kerap kali bertengkar, sehingga membuat mereka kembali memahami visi misi membangun rumah tangga.

Nasehat adalah salah satu motivasi menikah. Maka motivasi harus kuat adalah saling paham hak dan tanggung jawab suami istri. Demikian juga kewajiban suami istri.

Kenapa menjadi penting, ketika bertengkar, dapat kembali ke visi misi awal membangun rumah tangga. Pertengkaran memang bumbu rumah tangga, namun sebaik-baiknya pertengkaran adalah yang cepat diselesaikan.

Maka dari itu, nasehat nasehat rumah tangga menuju hidup bahagia dunia akhirat di atas juga bisa kamu pahami untuk memotivasi agar membangun rumah tangga yang baik, serta terhindar dari rumah tangga yang bermasalah.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *