modal nikah 3 juta
Ilustrasi : modal nikah 3 juta

Modal Nikah 3 Juta, Cukupkah? Ini Rincian Biaya Termurahnya

Diposting pada

Infokua.comModal Nikah 3 Juta? Apakah cukup? Mungkin itu menjadi pertanyaan ya! Apalagi bagi yang masih bingun menikah karena mahalnya biaya nikah? Mereka pun bertanya tanya adakah biaya nikah murah?

Selanjutnya muncul beragam pertanyaan lainnya, seperti modal nikah sederhana itu berapa? Pantas nggak! “Kok teman saya modal nikah 20 juta, tapi saya baca berita ada modal nikah 5 juta? Benarkah demikian?

Semua tentu ada benarnya dan kenyataan benarnya. Jangankan rincian biaya nikah 5 juta, bahkan biaya nikah di bawah 5 juta saja bisa.

Contohnya dengan modal nikah 3 juta yang kamu miliki saat ini? Bahkan nikah modal 1 juta saja bisa. Untuk meyakinkan kamu bahwa menikah itu murah dan bisa dilakukan dengan Rp3 juta, Info KUA ingin bahas nih tentang hal ini.

Ya harapannya kamu mengetahui bagaimana nantinya cara menabung untuk menikah dengan gaji 3 juta. Jika punya gaji 3 juta, artinya hanya dalam 1 bulan kamu bisa menikahi seseorang yang kamu cintai.

Jadi jangan takut akan menikah mahal, lalu modal nikah 5 juta tak membuat pernikahanmu bahagia, tenang kebahagiaan pernikahan bukan dinilai dari mahalnya biaya resepsi pernikahan.

Yang paling penting adalah rukun nikah terpenuhi sehingga menjadi salah satu syarat sah nikah yang menjadikanmu dan pasanganmu sebagai pasangan suami istri yang halal.

Rincian Modal Nikah 3 Juta

modal nikah 3 juta
Ilustrasi : modal nikah 3 juta

Bukan hanya sebagai modal nikah 3 juta, tetapi ini tentang ketulusan cinta yang diikat dalam janji suci pernikahan. Dan janji suci ini bukan sekedar materi.

Pernikahan bukan tentang pelaminan yang megah, gaun dan busana pengantin yang cantik dan rupawan. Bukan juga panggung hiburan yang berisi mengalun jutaan nada.

Tetapi pernikahan adalah alat ukur ketulusan dan kesetiaan cinta seseorang untuk sehidup semati, berapapun modal nikah yang akan dikeluarkan.

Jika yang menikah adalah seorang muslim, syarat nikah dalam Islam terpenuhi dengan baik, sehingga selain sah di mata agama juga sah di mata hukum negara.

Pernikahan yang tulus melebihi apapun dari pesta yang terselenggara. Pernikahan atas dasar percaya pada Allah akan kehidupan yang lebih baik dalam berumah tangga. Terutama menyempurnakan sebagian dari iman.

Menikah dan akad nikah serta semua prosesi yang berlangsung karena Allah SWT lebih indah rasanya. Maka tak ada salahnya pesta pernikahan berlangsung sederhana dengan modal yang dimiliki. Meski hanya modal nikah 3 juta.

Semua akan indah pada waktunya. Pesta pernikahan bukan tolak ukur bahagiannya pasangan suami istri yang menikah dengan sederhana. Percayalah!

Tips Nikah Modal 3 Juta

Maka ada banyak tips yang bisa kita pelajari dan kita ketahui dengan modal 3 juta apakah kita sudah bisa menikah? Jawabannya tentu bisa.

Meski tanpa pelaminan yang mewah dan pesta pernikahan yang meriah. Tetapi pernikahan kedua pasangan tetap sah, di mata agama maupun di mata negara.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah

  1. Nikah di KUA, biaya nikahnya gratis ditanggung negara, asalkan nikah di jam kerja Kantor Urusan Agama.
  2. Nikah di rumah biaya yang dikeluarkan Rp600 ribu untuk adm dan dibayarkan di bank sesuai petunjuk KUA setempat menikah. Ini tentu beda dengan biaya nikah di KUA yang gratis.
  3. Mahar pernikahan Rp700 ribu, seperangkat alat sholat, dan cincin perak senilai Rp350 ribu.
  4. Sisanya dari 3 juta yang dimiliki bisa untuk makan bersama seluruh peserta dan keluarga dengan hidangan sederhana. Atau bisa dibuatkan seperti nasi besek yang bisa dikirim ke tetangga kanan dan kiri.

Ini adalah salah satu sarana menikah dengan sederhana. Tentu tak sedikit pula tak banyak yang melakukan hal ini. Hanya saja ini bisa meyakinkan bahwa penrikahan tidaklah serumit yang dibayangkan terkait modal nikah besar.

Sebelumnya juga Info KUA telah menulis tentang biaya pernikahan 10 juta. Tentu ini juga gambaran ketika kita hanya memiliki uang Rp10 juta untuk menikah, konsep seperti apa yang bisa dilangsungkan.

Seberapa pun modal yang dikeluarkan dirasa akan tetap ceria dan meriah. Untuk beberapa keperluan lain misalnya seperti:

  • Dekorasi
  • Fotografi
  • Undangan

Semua tiga kategori yang kerap ditemui dalam pernikahan kita bisa memanfaatkan jejaring pertemanan dan digital. Undangan digital, konten video yang tak sampai 200 ribu dibuat, foto bisa dibantu teman yang memiliki kamera.

Serta dekorasi yang sederhana, dengan konsep konsep sederhana yang tak menghabiskan biaya besar. Tentu ini akan menghemat biaya nikah.

Menikah Dengan Gaji 3 Juta, Bisakah?

modal nikah 3 juta
Ilustrasi : modal nikah 3 juta

Apalagi hal ini tentunya bisa. Saya jadi ingat, penulis juga menikah dalam kondisi sebagai pengangguran. Tidak memiliki pekerjaan tetap. Jangankan Rp3 juta, Rp1 juta per bulan saja masih dalam bayangkan.

Mengandalkan google adsense yang belum rutin gajian, bahkan bisa 3 bulan sekali itupun hanya Rp1,5 juta. Sisanya mengandalkan kelas kelas kepenulisan dan sampai jual buku puisi untuk bisa memberikan seserahan.

Sampai perjuangan memiliki uang tabungan senilai Rp12 juta, dan niatnya kurang 3 juta lagi agar bisa Rp15 juta. Akhirnya mencoba pinjam ke teman, tak lama dipulangkan setelah pembayaran pembuatan buku biografi.

Alhamdulillah, niat untuk menghalalkan istri yang sekarang dimudahkan Allah SWT. Saya mendapatkan rezeki tiada tara, semua berjalan lancar. Menikah tanpa harus meninggalkan jejak hutang berlarut-larut.

Jika seandainya gaji 3 juta per bulan sebagai karyawan swasta, tentu akan lebih mudah sekali. Jika saja usia saat ini 25 tahun, dan akan menikah di usia 26 tahun, kita bisa sisihkan Rp1,5 juta per bulannya.

Artinya dalam 1 tahun = 12 bulan x 1,5 juta jadi uang untuk menikah adalah Rp18 juta. Ini lebih dari cukup untuk menikah yang juga sederhana, tapi tetap meriah, bisa mengundang banyak teman dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Batas Waktu Pendaftaran Nikah di KUA

Menikah itu di rumah atau digedung sebenarnya sama saja. Di rumah tak kalah indah dari gedung yang biaya nikah di gedung terlampau tinggi dan mahal.

Ada beberapa cara juga dalam hal ini, yakni memanfaatkan jejaring teman. Dengan pekerjaan kita saat ini tentunya ada banyak teman yang bisa diajak kerjasama.

Seperti saya misalnya, saya punya teman ahli editing video, saya minta bantuan dia untuk buatkan undangan video, dan yang bisa desain grafis saya minta buatkan undangan digital.

Begitu juga dengan tukang foto pernikahan, say coba cari teman yang memiliki kamera untuk membantu saya mengabadikan moment romantis. Inshallah biaya semakin minimalisir yang dikeluarkan.

Begitu juga dengan MC pernikahan, bisa menggunakan keluarga atau teman yang pandai MC dan biasa MC pernikahan.

Untuk souvenir pernikahan, alhamdulillah saya mendapatkan bantuan teman yang mencetakan 3000 buku puisi karya saya untuk dibagikan ke tamu undangan.

Bahkan sekarang banyak souvenir pernikahan murah yang harganya tidak lebih dari Rp500. Itu juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjadi nilai tambah pernikahan.

Sesederhana itu, atau sekreatif kita menggunakan uang yang ada untuk mengkonsep prosesi pernikahan. Intinya tidak ada pembebanan, baik dari mempelai wanita maupun mempelai pria.

Cara Sederhana Nikah Dengan Modal 3 Juta

Selanjutnya cara sederhana untuk memaksimalkan modal nikah 3 juta yang dimiliki adalah, akad nikah di KUA. Setelah nikah baru memberi kabar ke tetangga dan kerabat lainnya.

Salah satu caranya bisa dengan berbagi rezeki nasi lengkap dengan lauk pauk seperti among-among. Mengabarkan bahwa telah sah dalam pernikahan di Kantor Urusan Agama.

Meski tak ada undangan, tetapi modal bisa dimaksimalkan ke baju pengantin, make up, jas, cincin pernikahan dan konsumsi atau makanan untuk among among.

Baca Juga: Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat, Ini Dalilnya

Tak sedikit juga dengan biaya yang terbatas, mas kawin ada yang menggunakan seperangkat alat sholat atau bahkan hafalan Al-Quran.

Beberapa penghafal quran dan yang melakukan pernikahan taaruf juga menikah dengan cara sederhana. Akad nikah dan mengucapkan rasa syukur tanpa pesta.

Setidaknya ini menjadi bekal janji dan keseriusan untuk menikah. Tak ada halangan apapun asal tidak bertentangan dengan syariat. Khususnya yang muslim.

Maka ada banyak hal yang harus diketahui sebelum pernikahan berlangsung. Bukan hanya sekedar persayaratan nikah saja. Tetapi lebih dari itu.

Perhitungannya harus matang. Rincian biaya nikah harus jelas. Setidaknya ketika kita hanya memiliki modal nikah Rp3 juta bisa untuk apa saja dalam pernikahan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui dan pelajari tentang modal nikah 3 juta bisa atau tidak? Jawabannya tentu bisa. Semoga dengan artikel ini kamu dan pasanganmu semakin termotivasi dan segera melangsungkan pernikahan.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *