Menikah dengan Duda
Ilustrasi Menikah dengan Duda

Menikah Dengan Duda, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkan

Diposting pada

Infokua.comPertimbangan Penting Sebelum Menikah dengan Duda apa saja? Beberapa pertanyaan masuk ke tim Info KUA. Fenomena menikah dengan duda dan janda memang tak ada larangannya.

Bahkan jika ditelaah lebih dalam tentunya ada banyak alasan mengapa seorang wanita ingin menikah dengan duda. Duda adalah istilah untuk pria yang telah bercerai atau ditinggal mati oleh pasangan pernikahannya.

Nikah dengan seorang duda adalah hak seorang wanita dan hak setiap warga negara, sehingga kita tidak dapat melarang seseorang untuk hal tersebut.

Di Indonesia pun tak ada larangan untuk melangsungkan pernikahan dengan seorang duda. Memutuskan untuk menginjak jenjang pernikahan dengan seorang duda, bagi seorang wanita tentunya telah memiliki pertimbangannya sendiri.

Namun bagi seorang wanita tentunya harus memahami, apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mengatakan iya, atau sebelum melangsungkan pernikahan dengan seorang duda.

Pertimbangan ini yang harus kamu yakinkan diri, shalat minta petunjuk dari Allah, mampukah di kemudian hari. Tentunya ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipikirkan.

Sebab bicara pernikahan, motivasi menikah dalam Islam itu artinya menjalankan sunnah rasulullah. Ini juga yang menjadi salah satu yang dianjurkan nabi, yakni anjuran menikah.

Demikian juga motivasi menikah yang dibangun adalah sekali seumur hidup. Maka sebaik-baiknya pernikahan menurut penulis adalah yang bisa mengawal janji suci ini hingga akhirnya kembali pada yang kuasa.

Ribut-ribut dikit dalam rumah tangga wajar, namun jika bisa terhindar dari perceraian. Nah dari itulah memahami pertimbangan sebelum menikah itu sangat penting.

Menurut penulis berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menikah dengan seorang duda.

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Menikah dengan Duda

Menikah dengan Duda
Ilustrasi Menikah dengan Duda

Jadi apa saja yang bisa kita (seorang wanita) pertimbangkan sebelum akhirnya merasa mantap, mengatakan iya, yakin pada pilihannya untuk melangsungkan pernikahan dengan seorang duda.

Kalau penulis Info KUA boleh menyarankan, sebelum memutuskan untuk menikah dengan duda, pastikan kamu telah mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Kesanggupan Menerima Anaknya

Ada laki laki yang menyandang status duda sebelum ia memiliki anak, namun banyak pula duda yang telah memiliki anak. Itu adalah hal dasar yang harus dipahami.

Karena menikah bukan hanya kamu dan dia, tapi siapa keluarganya. Termasuk duda, jika ada anak. Kamu tak bisa serta merta hanya menerima dia sebagai suamimu saja, tetapi juga ada anaknya yang harus kamu terima.

Sehingga jika kamu bertemu dengan duda seperti ini kamu harus sanggup menerima anak dari pernikahan sebelumnya.

Kamu harus memahami bahwa ia tidak hidup sendirian, ketika kamu memutuskan untuk menjadi pasangannya, artinya kamu juga harus siap menjadi ibu dari anak sebelumnya tersebut.

2. Belajar dari Masa Lalu

Bukan bermaksud membanding-bandingkan dengan diri kamu dan istri sebelumnya. Tetapi kamu harus siap dalam hal ini.

Karena tentunya, bagi seorang duda yang pernah gagal membangun rumah tangga hingga terjadinya perceraian atau ditinggal pasangan karena meninggal dunia ia akan belajar dari pernikahan sebelumnya.

Dan ada banyak alasan sebuah perceraian, sehingga kamu harus mampu untuk berbicara dari hati ke hati, berdiskusi mengenai kejadian masa lalunya tersebut.

3. Restu Orangtua

Restu orang tua itu penting ya. Memutuskan sesuatu hal alangkah baiknya lewat pertimbangan matang. Termasuk pertimbangan dari orang tua kamu.

Inilah salah satu cara juga dalam menghormati orangtuamu dengan meminta restu kepada mereka akan keputusan untuk menikah.

Sampaikan niat baik untuk menikah dengan duda. Dengarkan apa pendapat mereka, karena orangtua tentulah menginginkan yang terbaik untuk kehidupan masa depan anaknya.

Ceritakan semua kondisi pasangan termasuk cerita masa lalunya jika diperlukan. Jika kamu sudah mendapat restu orangtua barulah berikan kesempatan pasangan untuk mengutarakan niatnya kepada orangtuamu secara langsung.

4. Jalin Hubungan Baik dengan Mantan Istri

Jika kamu menikahi duda karena perceraian, maka berusahalah jalin hubungan yang baik dengan mantan istri pasangan.

Meskipun mereka pernah menjadi pasangan suami istri, tetapi upayakan untuk tidak cemburu jika urusan anak, hal ini berlaku jika perceraian mereka meninggalkan anak.

5. Komitmen Menyayangi Anaknya

Hal ini sangat penting jika kamu memutuskan menikah dengan duda yang memiliki anak.

Meskipun anak tersebut bukan darah kandungmu, tetapi kamu mau tidak mau akan menjadi ibu untuknya, sehingga berkomitmen pada diri sendiri untuk menyayangi anak pasangan.

Jika kamu sudah mempertimbangkan hal hal di atas dan telah sanggup atas pernikahan yang akan berlangsung, artinya kamu sudah siap untuk menikah dengan duda.

Jangan bersedih atau merasa malu karena menikah dengan duda, karena pada dasarnya tidak ada orang yang menginginkan untuk menjadi duda.

Kamu juga harus mengetahui fakta – fakta mengenai duda, di samping banyak anggapan miring mengenai status ini.

Laki – laki yang menyandang status duda bukanlah berarti ia gagal dalam hubungan, sebelum adanya perceraian tentunya banyak sekali pertimbangan yang ia pikirkan.

Lantaran satu dan lain sebab, ia akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan dirinya dari hubungan yang tidak baik.

Seorang duda juga tidak identik dengan egois, karena pada akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya.

Justru ia adalah orang yang mempertimbangkan banyak hal termasuk demi kebahagiaan mantan istrinya juga sehingga memutuskan untuk cerai.

Bukan berarti juga seorang duda adalah orang yang gemar bertengkar, apalagi jika kita melihat fenomena di Indonesia dimana perceraian selalu identik dengan pertengkaran.

Kita tidak pernah tahu secara jelas mengenai masa lalu seseorang sampai ia mengungkapkannya. Jadi jangan langsung menghakimi seorang laki – laki berstatus duda.

Menikah dengan duda tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kamu khususnya yang masih muda dan berjarak usia jauh dengannya. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menciptakan keluarga yang bahagia.

Kamu hanya perlu lebih dewasa lagi dari sekarang untuk bisa mengimbangi pasangan dan agar mampu melewati setiap masalah yang akan terjadi.

Banyak wanita yang memilih menikah dengan duda dengan berbagai alasan, tak dipungkiri duda memiliki karisma tersendiri sehingga mampu memikat hati kamu.

Karena pasti ada kelebihan menikah dengan duda yang tidak kamu dapatkan jika menikah dengan laki – laki single.

Kelebihan Menikah dengan Duda

Nikah dengan seorang duda tentu ada banyak juga kelebihan yang bisa dipertimbangkan, selain pertimbangan 5 hal di atas ya. Misalkan saja seperti beberapa penjelasan berikut ini:

1. Dia Telah Berpengalaman

Meskipun pada akhirnya ia bercerai, tetapi ia lebih dulu memiliki pengalaman dalam menjalin hubungan pernikahan.

Dengan pengalaman sebelumnya, ia lebih belajar agar tidak lagi gagal dalam membangun rumah tangga bersama kamu.

2. Seseorang yang Menjaga Komitmen

Karena belajar dari pengalaman, tentunya kini ia menjadi lebih berhati hati saat menjalin hubungan. Ia akan cenderung lebih menjaga komitmen karena ia telah belajar dari masa lalunya.

3. Komunikasi Lebih Baik

Banyak faktor terjadinya perceraian, seorang yang telah menikah tentunya tahu seperti apa pentingnya komunikasi.

Termasuk ia yang seorang duda, tentunya demi menghindari kegagalan lagi, ia akan lebih memperhatikan mengenai komunikasi di antara kalian.

Setelah kamu mengetahui poin plus dari menikah dengan duda, apakah kamu semakin yakin untuk menikah dengannya?

Sebelum melanjutkan ke pernikahan, pastikan kamu telah memantapkan pilihanmu, dapatkan restu dari orangtua, kenali anak-anaknya jika ia punya.

Serta tips penting menikah dengan duda adalah telusuri apa penyebab perceraian yang terjadi pada dirinya dan istri sebelumnya, dan pastikan hubungan dengan pasangan sebelumnya telah resmi usai.

Pilihlah duda yang memang pantas menjadi pasangan untuk dirimu, jangan menikah dengannya hanya karena paksaan. Karena pada dasarnya tidak ada larangan menikah bagi siapapun termasuk bagi seorang duda.

Kriteria Duda Layak Dinikahi

Jika pria yang akan nikah denganmu berstatus duda karena cerai, bukan berarti seorang duda berkelakuan buruk. Karena ada banyak faktor dan alasan terjadinya sebuah perceraian.

Kriteria duda yang layak menikah denganmu bisa dilihat dari beberapa cara berikut :

  • Alasan dia bercerai : Telusuri alasan ia bercerai dengan mantan istrinya, sehingga kamu bisa menilai apakah ia sosok yang baik untukmu atau tidak
  • Hubungan dia dengan keluarga : Pastikan kamu memilih seseorang yang baik kepada keluarganya, apalagi pada ibunya
  • Tujuan dia menikah denganmu : Cari tahu apa tujuan dia menikah dengan dirimu, apakah benar karena cinta, atau ada maksud lain yang tidak baik.
  • Segi finansial : Menikah artinya akan hidup selamanya denganmu, dan hidup butuh sejumlah biaya yang harus dipenuhi. Lihatlah kemampuan finansial sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengannya.

Baca Juga: Syarat Nikah Siri Janda, Beberapa Hal Ini Harus Dipahami

Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk kamu yang memiliki niat menikah dengan duda. Sehingga dapat memikirkan pertimbangan penting sebelum menikah dengan duda.

Semua keputusan ada di tangan kamu karena dirimu yang menentukan kebahagiaan masa depanmu. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *