manfaat nikah bagi perempuan

40 Manfaat Nikah Muda Bagi Perempuan Yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Infokua.com – Manfaat Nikah Muda Bagi Perempuan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perempuan ketika menikah muda. Di antaranya seperti yang akan kita bahas kali ini.

Namun saat akan menikah, tentu ada alasan wanita ingin menikah muda, dan para wanita akan berpikir tentang ingin nikah mudah ini bagaimana cara nikah muda?

Tentu hal-hal ini yang harus kita ketahui, setidaknya apa saja resiko menikah di usia muda, jadi tak sekedar enaknya nikah mudah saja. Berikut manfaat nikah muda bagi perempuan yang harus kita ketahui bersama, di antaranya:

Manfaat Nikah Muda Bagi Perempuan

Adapun manfaat-manfaat nikah muda bagi perempuan ini akan mempertimbangkan rentang usia, baik usia ideal menikah dalam islam maupun usia dalam memprogramkan keturunan.

Namum, jika usia kamu para wanita sudah beranjak di usia 20-25 tahun dan belum menikah, maka sudah sewajibnya membaca artikel ini, semoga dimudahkan hatinya untuk segera menikah.

1. Manfaat Menikah Untuk Menjaga dari Dosa dan Maksiat

usia ideal menikah dalam islam
Usia Ideal Menikah Dalam Islam | Ilustrasi pixabay

Kita sepakat ya kali ini, bahwa manfaat nikah muda bagi perempuan tak jauh berbeda dengan manfaat nikah muda bagi laki-laki, yakni untuk menghindari diri dari dosa dan maksiat.

Jadi, menikah adalah salah satu jalan keluar untuk menghindari perbuatan dosa zina dan segala macam jenis dan upaya maksiat karena pacaran. Jadi kalau bisa menikah, kenapa harus pacaran?

2. Manfaat Menikah Menunjang Karir dan Kesuksesan

Selanjutnya yang kedua manfaat nikah bagi perempuan adalah dapat menunjang karir dan kesuksesan. Jadi, anggapan menikah menghambat kesuksesan tidaklah benar.

Justru menikah adalah stamina untuk membangkitkan semangat membangun rumah tangga yang lebih baik. Sehingga spirit kerja semakin lebih giat untuk mencapai kesuksesan.

3. Manfaat Menikah Dapat Menenangkan Hati dan Pikiran

Jadi ketika wanita memutuskan menikah muda sebenarnya bisa menenangkan pikiran dari rasa galau. Apalagi bagi wanita di usia 25 tahun biasanya dirundung rasa kecemasan belum menikah.

Namun ketika memutuskan pacaran takut dosa dan usia sudah hendak ingin segera menikah. Maka salah satu hal yang baik adalah segera menikah di usia rentang yang dianggap mampu bertanggung jawab.

Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Qs. Ar-Ruum : 21).

4. Manfaat Nikah Bagi Perempuan Dalam Berhubungan Seksual

Mungkin agak tabu ya jika saya tulis hal ini. Namun hal ini sebenarnya wajar. Sebab, menikah usia muda akan memiliki romansa romantis yang lebih lama.

Misalnya saja, menikah muda bagi wanita memiliki semangat yang berbeda dari pada usia yang terlewat umur. Hal ini dipengaruhi fisik dan jasmani yang masih segar. Sehingga setiap lembar pertemuan adalah kisah yang romantis.

5. Manfaat Nikah Bagi Wanita Bisa Berpetualang Bersama Pasangan

manfaat nikah bagi perempuan
manfaat nikah bagi perempuan

Manfaat selanjutnya adalah anda bisa menikmati waktu berpetualang berdua lebih lama. Apalagi anak muda yang suka akan tantangan dan rasa penasaran, serta hobi traveling. Sehingga ada banyak hal yang bisa kamu dan pasanganmu lakukan.

6. Masa Depan Anak-Anak Terencana Dengan Baik

Manfaat menikah mudah bagi wanita adalah peluang memiliki anak di usia muda, sehingga bisa membimbing dan mengajari anak dengan banyak hal.

Bahkan, ketika anak sudah dewasa, kamu belum terlalu tua sebagai ibu. Dan kamu masih bisa melihat dan membimbing kesuksesan sang anak di waktu yang akan datang.

7. Berdiskusi Lebih Cair

Pernikahan di usia muda ada banyak hal yang memang akan membuat kamu terkejut. Begitu juga pasanganmu. Ada beberapa masalah yang akhirnya harus dicarikan jalan keluar.

Berdiskusilah lebih cair, dan tentukan arah jalan keluar bersama. Sembari belajar memutuskan keluar dari suatu masalah. Jika mampu melewatinya dengan tanpa persoalan besar, maka langgeng selamanya,

8. Kedewasaan yang Mengalir

Menikah muda penuh resiko? Kata sebagian orang, disebutnya karena di usia muda masih sangat stabil tingkat kedewasaannya. Masih nderawasi, kalau kata orang Jawa.

Kendati demikian, manfaat menikah mudah bagi perempuan dalam hal ini adalah memproses kematangan ini seiring tumbuhnya rasa tanggung jawab yang harus dilakukan setelah menikah.

9. Merintis Karir Bersama

cara mengurus surat numpang nikah-min
Cara Mengurus Surat Numpang Nikah | Ilustrasi Pixabay

Dimulai dari nol ya? Nah mungkin itu analogi pom bensin yang bisa digunakan pada point ke 9 ini. Yakni, memulainya dari nol untuk merintis karir bersama.

Sehingga, ketika “mapan” adalah kemapanan bersama-sama, dengan pejuangan bersama, dan semangat hidup bersama dengan saling menguatkan dan saling memberi motivasi.

10. Ada Yang Diprioritaskan Sebagai Bentuk Tanggungjawab

Pernikahan akan menjadikanmu bukan hanya dirimu saja, tapi ada suami dan anak, serta keluarga besar dari kedua belah pihak.

Tentu ketika menikah prioritas utama bagi anda sudah mualid ikondisikan. Dan bagaimana caranya tanggung jawab ini menjadi keberkahan sebagai seorang ibu dari anak-anaknya kelak.

11. Kerja Atau Bermain Dengan Anak, Atau Bahkan Keduanya

Ada sebuah pilihan ketika wanita menikah di usia muda dengan keinginaan karir yang terus beranjak tinggi. Tapi tenang, meski lelah bekerja setidaknya ketika pulang ada pelipur lara, yakni pasangan dan anak-anak.

Surga dunia yang jika dimanfaatkan dengan baik menjadi surga akhirat kelak. Dan di usia pernikahan yang muda ini setidaknya masih ada banyak energi yang bisa dimanfaatkan bersenang-senang dengan keluarga.

12. Tumbuh Dewasa Bersama Pasangan dan Anak-Anak

Menikah muda tak harus diidentikan dengan kekanak-kanakan dan sifat manja. Manfaat menikah muda bagi perempua otomatis kejiwaan akan tumbuh dan membaik.

Hal tersebut sesuai dengan tuntutan yang dirasakan ketika sudah berkeluarga. Jika hal ini berlanjut dan disambut positif, maka kedewasaan anda dan pasangan akan tumbuh bersama seiring tumbuhnya cinta kasih.

13. Meninggalkan Kebiasaan Egois Untuk Berkembang

Hal seperti ini menjadi suatu tantangan terbesar bagi setiap orang. Dan manfaat menikah muda bagi perempuan salah satunya adalah meredam kebiasaan egois.

Karena harus ada jalan keluar untuk sama sama tumbuh berkembang. Sehingga ada kepentingan bersama yang harus dikuatkan untuk mencapai tujuan yang diimpikan.

14. Mengejar Mimpi Bersama

Ada impian yang harus dikejar bersama. Itulah kira-kira. Jika suami bekerja atau berbisnis. Setidaknya kamu sebagai istri mendukung, mendorong, dan mendoakan yang terbaik agar mimpi itu terwujud.

Inilah proses gotong royong bahu membahu antar suami istri. Menikah di usia muda dengan ekonomi yang masih labil akan semakin menyemangatkan untuk hidup lebih baik.

15. Manfaat Menikah Muda Lebih Bertanggungjawab

Seperti yang sudah diperbincangkan di atas. Tentu ini adalah tanggung jawab. Apalagi hidup sendiri. Tanggungjawab pada Tuhanmu, kedua orang tua dan besan, suami, dan anak anak.

16. Menikah Mudah Lebih Mudah Beradaptasi

Bagi pernikahan yang menikah muda sebenarnya lebih mudah beradaptasi. Lain dengan yang menikah di usia tua. Faktor pikiran menghambat beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi berumah tangga.

17. Mengurangi Resiko Melahirkan dari Efek Bahaya

Menikah dini atau menikah di usia muda memungkinkan akan mengandung di usia yang muda. Kemungkinan besar ini menurut kesehatan lebih aman dibandingkan melahirkan di saat usia tua.

Pasalnya, kehamilan di usia muda lebih baik dikarenakan tingkat kesehatan dan kebugaran fisik yang berbeda dengan yang melahirkan di usia tua.

18. Punya Teman Berbagi dan Dipercaya

Tentu hal ini menyenangkan bukan, memiliki tempat curhat dan berbagi rasa bahagia di usia muda kepada orang lain. Bisa jadi pasangan anda adalah teman dan tempat berbagi yang dapat dipercaya itu.

19. Pola dan Gaya Hidup Lebih Tertata

Percaya atau tidak yang jelas iya. Karena di waktu muda dan sendiri nampak tak ada beban dan tanggungjawab kepada banyak pihak, makanya terkadang lupa sampai hidup hura-hura dan foya-foya tak sesuai tempat dan keperluan.

Nah, dengan menikah muda, hidup dan pola lebih tertata. Karena sudah memikirkan pasangan dan masa depannya. Jadi lebih tertata untuk kehidupannya.

20. Kontrol Sosial dan Kontrol Keluarga

Manfaat menikah mudah bagi perempuan adalah adanya kontrol sosial dan kontrol keluarga yang lebih dipatuhi. Sehingga, tidak ingin membuat mengecewakan dan mempermalukan rumah tangganya.

Sehingga, lebih terkendali dari hal-hal yang tidak diinginkan. Serta mendapatkan nasehat dari banyak pihak, baik dari pasangan, maupun kedua keluarga besar.

21. Regenerasi Keturunan

Tetap terpeliharannya alur silaturahmi dengan keluarga besar. Tentu iya. Sebab, manfaat menikah muda bagi perempuan adalah melanjutkan keturunan. Sudah menjadi manfaat pada umumnya sih.

Tapi setidaknya dengan menikah muda dapat memperbanyak keturunan. Kalau kata orang dulu, banyak anak banyak rezeki. Namun, tetap memperhatikan kualitas keturunannya.

22. Memiliki Pemimpin Rumah Tangga dan Dinafkahi

Selanjutnya manfaat nikah muda bagi perempuan, seperti Allah Berfirman:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka”. (An Nisa’ : 34)

23. Kebutuhan Rumah Tangga Masih Sedikit

Manfaat nikah muda bagi perempuan adalah peluang mengembangkan karir terbuka lebar. Pasalnya kebutuyhan masih sedikit, belum ada tanggungan yang banyak. Sehingga dapat mengatur kehamilan dan melanjutkan pendidikan pasca pernikahan.

24. Manajemen Keuangan Terkontrol Dengan Baik

Yak. Setidaknya dengan menikah, keuangan lebih tertata dan terkontrol. Sehingga lebih tepat guna dalam penggunaannya.

25. Menikmati Masa Tua Dengan Anak Yang Dewasa

Analogi ini sangat indah. Ketika kita tua, anak anak sudah dewasa dan sudah memiliki cucu bahkan cici yang menggemaskan. Dan inilah yang menjadi hari tua yang dirindukan oleh orang tua.

26. Manajemen Waktu Lebih Baik

Tentu dengan menikah muda, anda dan pasangan bisa memenajemen waktu dengan baik. Seperti Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa Sallam, bersabda, menikah merupakan setengah agama. Maka sempurnakanlah.

27. Manfaat Nikah Muda Bagi Permpuan: Etika dan Adab yang Terjaga

Menikah muda diharapkan dapat membentuk masyarakat yang beradab. Sehingga terhindar dari segala fitnah.

28. Mengangkat Derajat Perempuan

Selanjutnya manfaat menikah mudah bagi perempuan adalah mengangkat derajatnya kehidupan yang lebih baik dan mulia.

Dengan menikah muda, wanita mengikatkan cinta kepada pasangan yang halal. Sehingga tidak ada masalah jika selalu pergi berduaan kemanapun.

29. Nasab dan Keturunan Yang Baik

Manfaat nikah muda bagi perempuan adalah terbentuknya nasab dan keturunan yang baik. Karena anak yang terlahir dari pernikahan yang sah maka akan memiliki nasab yang baik. Tentu berbeda dengan anak yang lahir dari hubungan zina.

30. Masa Reproduksi Prima

Untuk wanita yang nikah di usia sekitar 20 tahun, misalnya, memiliki masa-masa yang prima untuk berproduksi dan berkualitas.

Selanjutnya, 10 manfaat nikah muda bagi perempuan yang bisa kita ketahui di antaranya adalah, sebagai berikut:

  1. Menjadi mama muda yang cantik.
  2. Lebih bahagia.
  3. Lebih romantis.
  4. Masa depan anak lebih terarah dengan baik
  5. Emosi dapat lebih dikontrol
  6. Ada perbincangan berkualitas ketika reuni sekolah
  7. Traveling bersama anak, ketika anak tumbuh remaja, dan sang mama belum terlalu tua.
  8. Jika wirausaha dan bisnis bisa dilihat oleh anak yang nantinya tumbuh remaja.
  9. Mau terus belajar
  10. Lebih kuat dalam menerpa kehidupan

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Numpang Nikah dan Alur Prosedurnya

Itulah sedikitnya yang bisa kita ketahui tentang manfaat nikah muda bagi perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

2 thoughts on “40 Manfaat Nikah Muda Bagi Perempuan Yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *