Kata Kata Bijak Pernikahan
Kata Kata Bijak Pernikahan | Infokua.com

Kata Kata Bijak Pernikahan Untuk Kamu Yang Akan Menikah

Diposting pada

Infokua.com – Kata Kata Bijak Pernikahan untuk seseorang yang akan menikah itu berarti sekali. Seperti motivasi yang diharapkan dapat menguatkan niat yang baik.

Seperti yang kita ketahui, pernikahan merupakan momentum yang paling bahagia untuk kehidupan setiap insan dan makhluk yang berpasangan.

Menikah juga merupakan sebuah fitrah manusia. Menikah bukan sekedar mengikat dua insan dalam ikatan janji suci, tetapi juga dalam menyatukan dua keluarga yang tentu akan ada perbedaan.

Maha Besar dan Maha Benar Allah SWT dengan segala firmanNya, Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup manusia, terutama para muslim.

Karena ada banyak sekali tentang kehidupan di dunia dan akhirat yang dibahas di dalam Al-Qur’an, termasuk tentang pernikahan.

Kata kata bijak pernikahan di Al Qur’an pun adalah kata-kata yang paling pasti dan paling benar, karena semua yang tertulis merupakan petunjuk dan sebuah jalan untuk manusia yang hidup menggapainya.

Maka yang paling baik dalam menguatkan diri untuk bisa yakin akan suatu pernikahan, perbanyaklah membaca ayat ayat Al-Qur’an.

Di dalamnya terdapat ayat ayat yang menjelaskan tentang menikah yang bisa kita temukan. Melalui ayat ayat itulah Allah SWT memberikan petunjuk kepada umat manusia melalui Rasulullah SAW.

Dan berikut ini adalah kumpulan kata bijak untuk kita semua yang akan menikah dalam memberikan motivasi dan dorongan semangat dalam upaya lebih memantapkan niat dalam tali suci pernikahan.

Ayat Al-Qur’an Tentang Menikah Sebagai Kata Kata Bijak Pernikahan

Menikah adalah sunnah para Rasul. Maka baik bagi setiap insan melakukan pernikahan. Berikut kata kata menikah Islam yang tertulis di dalam Al Quran.

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (Q.S Ar-Rum: 21)

“… dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan – perempuan yang menjaga kehormatan dari kalangan perempuan – perempuan yang beriman dan perempuan – perempuan yang menjaga kehormatan dari kalangan orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan pula untuk menjadikannya perempuan piaraan…” (Q.S Al-Maidah: 5)

“Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya…” (Q.S Al-A’raf: 189)

“Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri, menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik-baik…” (Q.S An-Nahl: 72)

Baca Juga: Kata Kata Hijrah Istiqomah Dalam Cinta di Jalan Allah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan…” (Q.S An-Nur: 32)

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasang-pasangan (laki-laki dan perempuan)…” (Q.S Fathir: 11)

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”  (QS. Adz Dzariyaat:49)

¨Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.¨ (QS. Yaa Siin: 36)

“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.” (QS. An Nahl: 72)

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendiri ( bujangan ) di antara kalian dan orang-orang shaleh diantara para hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan miskin, Allah-lah yang akan menjadikan kaya dengan karunia-Nya.” (QS. An-Nur: 32)

Kata kata Bijak Menikah Islami

Nah sahabat Infokua.com, bagaimana setelah membaca kata kata pernikahan yang dikuytip dari terjemahan ayat ayat tentang menikah dalam Al-Qur’an di atas apakah kita semakin yakin dan mantap untuk memutuskan menikah?

Semoga jawabannya adalah iya ‘yakin’. Karena tidaklah ayat ayat Al-Qur’an itu turun kecuali untuk ditaati dan diamalkan oleh manusia.

Karena setiap insan yang telah memutuskan untuk melakukan pernikah, dan menikah, artinya kita telah siap untuk menerima sifat pasangan kita.

Sehingga dalam menjalani bahtera rumah tangga, kita telah menetapkan visi dan misi yang sama. Dengan begitu, hubungan suami istri akan selalu harmonis.

Agar niat baik kamu menikah semakin mantap, berikut ini adalah kata kata bijak menikah Islami yang semoga dapat memotivasi.

Baca Juga: Kata Kata Bijak Jomblo Terhormat, Fisabilillah dan Tidak Galau

  • “Allah menciptakan manusia berpasang – pasangan, maka tidak ada alasan untuk menunda kita dalam bersyukur, terlebih bagi kita yang sudah dipertemukan oleh seseorang yang menjadi pasangan yang kita harapkan.”
  • “Dalam kehidupan ini, selain ada nikmat sehat, disegerakan bertemu jodoh dengan jalan yang Allah Ridhai itu juga nikmat yang luar biasa.”
  • “Dalam doa: Ya Allah jodohkan hamba dengan orang yang engkau cinta.’ Lalu dalam perjalanan: Kunfayakun, jodoh itu dipertemukan. Masya Allah.” -Inilah rahmat meminta jodoh sama Allah SWT.
  • “Pernikahan merupakan pintu rezeki yang sudah Allah SWT untuk setiap manusia.”
  • “Menikah adalah Sunnah Para Rasul.”
  • “Menikah merupakan tanda ketakwaan dari seorang hamba kepada Tuhan-Nya.”
  • “Menikahlah dengan seseorang yang mencintai Allah SWT. Jika ia mencintai Allah SWT, sudah pasti Allah SWT mencintainya, dan engkau tercurah ramhat akan cintanya.”
  • “Allah dulu, Allah lagi, Allah selalu, mintalah penentram hati kepadaNya. Termasuk soal jodoh.”
  • “Mencintai dan menikah bukan hanya untuk mereka yang memiliki visi misi hidup bersama -sehidup semati, tetapi juga untuk visi misi sehidup sesurga.”

Baca Juga : Kata Kata Pernikahan Romantis Yang Bakal Buat Baper

  • “Jika suatu hari, kamu bertemu atau berkenalan dengan seseorang. Kamu merasa ada hal yang membuatmu berdebar dan bimbang. Jangan jadikannya pacar. Mintalah pada Allah SWT, agar ia menjadi istri yang diridhainya.”
  • “Jika kau tak mampu mengutarakan perasaan pada seseorang, sampaikanlah pada sang pemilik hati melalui doa. Semoga terijabah semua harap.”
  • “Ketika jatuh cinta itu dikarenakan cinta kepada Allah SWT, maka cinta itu tidak akan pernah mati.”
  • “Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa.” – Umar bin Khattab
  • “Jangan pernah mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu?” – Imam Syafi’i.
  • “Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).
  • “Menikahlah dengan seseorang yang berjanji akan selalu membangunkanmu sebelum fajar menyingsing.”
  • “Ya Allah, perkenankan kesiapan hamba untuk menerima jodoh dalam Islam yang engkau berikan.”

Kumpulan Kata Bijak Menikah Tanpa Pacaran

Kata Kata Bijak Pernikahan
Kata Kata Bijak Pernikahan | Infokua.com

Menikah memang indah, tetapi alangkah lebih indah jika proses menuju pernikahan dilalui dengan cara yang disukai Allah.

Kata bijak pernikahan dalam Islam, banyak yang menyebutnya dengan istilah Ta’aruf? Ta’aruf itu apa? Secara harfiah dijelaskan sebagai perkenalan. Artinya, sebuah upaya sesorang mengenal orang yang akan dinikahinya.

Lebih dalam lagi kita bisa semakin memahami apa yang dimaksud taaruf dalam Islam. Tentu ini akan sangat bermanfaat dalam menguatkan iman para jomblo yang akan menikah tanpa pacaran.

Menikah tanpa pacaran. Mungkin sudah asing di telinga anak muda zaman now atau era milenial zaman sekarang ya. Tapi tak sedikit juga yang menikah tanpa pacaran. Hanya saja fenomena asik pacaran masih ada.

Nah fenomena bagi yang jomblo sampai halal ini menarik. Mereka mampu menghindari hubungan pacaran sampai pada fase pernikahan. Pacaran setelah halal.

Dan berikut ini merupakan kumpulan kata bijak menikah tanpa pacaran, semoga benar-benar dapat meyakinkan diri dengan memotivasi untuk jomblo sampai halal. Menjadi jomblo istiqomah di Jalan Allah SWT.

Baca Juga: 50+ Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Untuk Istri Tercinta Islami

  • “Pacaran bertahun-tahun tanpa kepastian kapan menikah adalah perbuatan yang sia-sia hanya untuk menabung dosa? Untuk Apa?”
  • “Bilangnya pacaran untuk bisa ke pelaminan, tapi hanya untuk dinikmati keperawanan lalu ditinggalkan? Sakit ya. Mending pelaminan dulu, baru pacaran. Ini solusi keren.”
  • “Menikah adalah kodrat seseorang sebagai makhluk sosial. Menikahlah sebelum perbuatan maksiat menggoda lebih hebat.”
  • “Utarakan cinta hanya pada Allah. Lalu, nikahi makhluk ciptaan-Nya.”
  • “Jomblo adalah salah satu cara Tuhan menyelamatkanmu dari dosa bernama pacaran.”
  • “Jangan bersedih karena patah hati, ingatlah bahwa Tuhan telah menyiapkan seseorang yang akan menemanimu sehidup semati.”
  • “Tuhan Tidak Merestui Mereka (Mantan-MantanMu) di Masa Lalu. Tuhan Merestui Dia (Jodohmu) Di Masa Depan.”
  • “Menikmati keindahan berpacaran setelah menikah itu sangatlah bahagia.”
  • “Mendung tak berarti hujan, dipacarin belum tentu dinikahin.”
  • “Berulang kali patah hati karena cinta seseorang merupakan cara Allah untuk menyelamatkanmu dari cinta yang salah.”
  • “Sudah tahu Allah melarang pacaran, tapi kamu abaikan. Ketika disakiti, tanpa malu kamu mengadu. Ya Allah, cobaan apa ini?”
  • “So Sweat Itu, ketika mencintai dia dalam doa. Cukup meminta pada Allah untuk dikabulkan.”
  • “Romantisnya jatuh cinta karena Allah adalah tidak berani saling mengungkapkan cinta, tapi berani saling mendoakan dan meminta kemudahan kepada-Nya.”
  • “Pacaran sama Pria sholeh adalah hal mustahil. Karena laki laki sholeh nggak akan pernah mau pacaran.”
  • “Bermimpi memiliki pacar sholehah itu adalah hal yang mustahil. Karena wanita sholehah tau yang mana dilarang Allah dan yang tidak.”
  • “Jangan sedih doa-Mu belum dikabulkan Allah segera dalam ihwal jodoh. Allah sedang persiapkan dari yang paling baik untukmu.”

Kumpulan Kata Bijak Pernikahan Bagi Yang Akan Menikah Muda

Hai para jomblo, bagaimana perasaanmu setelah membaca kata bijak di atas? Semoga semakin mantap dengan pilihan hati menyendiri sampai halal ya.

Tak sedikit juga banyak jomblo yang akhirnya memutuskan untuk menikah muda. Hal itu lebih baik untuk menghindari zina dibanding harus pacaran berlama lama yang belum tentu berujung pada pernikahan.

Tak ada salahnya dengan menikah muda. Karena di dalam Islam tidak ada batasan seseorang untuk kapan menikah. Termasuk menikah di usia tua ataupun muda. Namun tentunya seseorang menikah ketika telah mencapai usia baligh.

Berikut ini kumpulan kata bijak untuk kamu yang memiliki niat untuk menikah muda:

  • “Kalau bisa nikah muda, kenapa harus menunggu sampai tua untuk menikah.”
  • “Menikah muda tak akan menghambatmu dalam berkarir, justru akan menambah rejekimu.”
  • “Percayalah Janji Allah yang akan memudahkan semua urusan melalui pernikahan.”
  • “Komitmen tanpa cinta artinya makan hati, cinta tanpa komitmen artinya sakit hati.”
  • “Pernikahan bukan berarti sudah selesai, dan tanpa masalah. Justru akan menemui berbagai jenis masalah. Tapi seni menikah adalah bagaimana mencari solusi memecahkan masalah berdua.”
  • “Suka duka menikah itu adalah hal yang paling romantis dalam membangun rumah tangga.”
  • “Masih muda, menikah, punya anak, kerjaan lancar, kaya raya. Aamiin.”
  • “Anak muda sudah tidak jamannya lagi bilang aku cinta kamu. Jamanya sekarang. Pagi ini aku lamar kamu. Besok kita ke penghulu.”
  • “Menikah adalah komitmen untuk laki laki dan perempuan.”
  • “Jangan jadi jomblo halusinasi. Perbaiki diri karena Allah, dan mintalah jodoh dengan cara yang diridhai.”

Baca Juga: Caption Pernikahan Romantis & Lucu Untuk Qoutes Instagram

Berbicara pernikahan, seninya tak cukup pada kata kata bijak pernikahan saja. Tetapi juga terdapat dalam semangatnya untuk menyegerakan. Tak sekedar kata-kata. Sekalipun kata kata istiqomah cinta untuk menguatkan diri.

Sudah saatnya, siapkan semua yang diperlukan, pelajari apa saja rukun nikah, dan apa saja yang menjadi syarat nikah 2020 ini. Semoga niat baik dimudahkan Allah SWT dalam menemui jalan sunnah para Rasul-Nya.

Karena menikah setidaknya ada yang dipersiapkan. Semoga saja, kumpulan kata bijak pernikahan ini juga dapat menjadi inspirasi dan memotivasi para pembaca. Sekian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *