Jodoh Dalam Islam
Jodoh Dalam Islam

Jodoh Dalam Islam, Kenali Tanda Takdir dan Penghalangnya

Diposting pada

Infokua.com – Jodoh Dalam Islam bagi mereka (muslim) yang percaya akan kebesaran Allah. Seperti yang telah tertulis dalam Ar-Rum: 21.

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang.

Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Jodoh dalam Islam muaranya adalah pernikahan. Maka tak ada yang salah ketika pertanyaan muncul tak sekedar tentang apa saja tanda tanda jodoh secara fisik.

Tetapi juga pertanyaan terkait apa saja yang menjadi sinyal jodoh dari Allah. Apakah mimpi bertemu jodoh menurut Islam itu ada ketetapannya, dan menjadi takdir jodoh menurut Islam?

Sehingga, ada yang menyimpulkan sebuah pertanyaan terkait hakikat jodoh dalam Islam ini? Yakni apakah tanda tanda yang terlahir dari mimpi adalah sinyal takdir Allah?

Namun ada banyak sekali pengetahuan Islam tentang jodoh ini, termasuk penghalang jodoh dalam Islam yang harus kita ketahui. Jadi tak sekedar tentang ikatan batin jodoh menurut Islam, namun masih ada banyak hal lainnya.

Dan berikut ini Infokua.com ingin mengulasnya secara lebih lengkap terkait apa saja yang menjadi tanda tanda jodoh dalam Islam, mengungkap takbir mimpi yang menjadi sebuah sinyal ataukah takdir atau bahkan tak ada sangkut pautnya sama sekali.

Sebab, dalam ihwal jodoh, tak sedikit pula yang mencoba dalam beberapa hal di antaranya adalah sholat hajat jodoh.

Selain itu shalat istikharah jodoh? Yang tak sedikit pula, setelah shalat mendapat sebuah mimpi? Dan apakah itu jawaban jawaban dari sinyal jodoh dari Allah yang menjadi tanda tanda jodoh dalam Islam, berikut penjelasannya…

Tanda Tanda Dalam Takdir Jodoh Menurut Islam

Jodoh Dalam Islam
Jodoh Dalam Islam

Berbicara tentang tanda tanda takdir jodoh dalam Islam? Sebenarnya telah jelas dijelaskan, seperti yang tercantum dalam Ar-Rum 21, seperti penjelasan di atas, dalam artikel pembuka kali ini.

Dan pernahkah kita mendengar, bahwasannya, jodoh, rezeki dan maut adalah ketetapan Allah SWT.

Maka percayalah, jodoh itu takkan pernah tertukar, dan percayalah Allah menjadikan pasangan (suami istri) dan memberi rezeki yang baik.

Maka yang perlu disikapi adalah kita tak perlu galau, patah hati ketika ditinggal sayang-sayangnya, berbanggalah, perbaiki diri, karena ada banya cara mudah menjemput jodoh yang bisa anda lakukan.

Salah satunya adalah memantaskan diri dan memperbaiki diri karena Allah. Karena jika tanda-tanda jodoh akan datang, siapa tau masih ada penghalang yang membuat jodohmu tak mendekat.

Karena memang ihwal jodoh ini adalah rahasia Allah SWT, dan tak ada satu manusia pun yang dapat merencanakan dirinya untuk berjodoh dengan siapa.

Namun, jika menyimak beberapa firman Allah SWT terkait jodoh, ini tanda-tanda jodoh dalam Islam yang bisa kita ketahui dengan melihat sisi kepribadian diri kita sendiri, yakni, seperti yang tercantum dalam surat An-Nuur ayat 26:

Artinya:

“Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik (pula).

Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

Ini adalah ketetapan dan hakikat jodoh dalam Islam yang tertulis dalam surat An-Nuur ayat 26 sebagai firman Allah untuk para hambanya.

Lalu apa saja yang menjadi tanda tanda bahwa jodoh sudah dekat yang bisa kita cermati, di antaranya adalah:

1. Mirip Dalam Iman dan Sifat

Pertama adalah memiliki keimanan dan sifat yang mirip. Seperti yang dijelaskan dalam surah An-Nuur ayat 26 di atas.

Dan jika tanda tanda ini terdapat pada anda dan seseorang bisa jadi itu pertanda Allah yang ditemuinya itu merupakan jodohnya. Karena jodoh adalah cerminan diri.

2. Merasakan Ketentraman Jiwa

Di antara tanda tanda jodoh lainnya adalah tentunya jika di antara keduanya sama sama merasakan ketentraman jiwa. Ini bisa dilihat dalam interaksi sosial antar manusia satu dengan manusia lainnya.

Jika interaksi yang terjadi jauh dari kata dan perasaan sakit hati, kecewa dan cemburu, bisa jadi ini tanda jodoh yang baik. Apalagi merasa tentram, damai dan nyaman.

3. Saling Memaklumi dan Memberi Motivasi Satu Sama Lain

Ada beberapa hal lain dalam hal ini, dari saling memaklumi satu sama lain dan saling memberi motivasi. Jika ini dapat berbalasan, apalagi terkait keadaan, baik ekonomi maupun strata sosial, mungkin saja Allah memberikan tanda jodoh kepada keduanya.

Karena biasanya apapun yang menjadi penghalan dari bilik strata sosial, maupun persoalan fisik, namun karena saling mencintai karena Allah SWT biasanya tak akan ada masalah.

Maka yang terjadi dikemudian hari selain memaklumi ini adalah saling memberikan motivasi. Karena setiap perjalanan akan ada masalah, dan bagaimana keluar dari masalah itu tanpa menimbulkan masalah baru.

Nah dalam keadaan seperti ini tentunya salah satu dari pasangan akan membutuhkan motivasi dari seseorang, terutama yang dekat dengannya.

Karena biasanya sinyal jodoh dari Allah adalah menghadirkan seseorang untuk selalu membantu persoalan kita. Setidaknya hadir untuk menguatkan.

4. Memiliki Akhlak Yang Baik

Akhlak yang baik seseorang yang dihadirkan Allah pada kita adalah salah satu tanda jodoh dari Allah. Apalagi keduanya termotivasi untuk lebih dekat pada Allah SWT.

Saling sama-sama termotivasi mencintai dan menikah itu karena Allah. Sehingga keduanya terhindar dari galau, baper dan kesedihan asmara merah jambu yang dilarang oleh Allah.

Dengan demikian juga, di antaranya bisa saling memberi maaf jika di antaranya melakukan kesalahan. Akhlak yang baik selain juga dilihat dari tutur katanya juga dari perasaanya yang tulus untuk memaafkan.

5. Hati Merasa Mantap Untuk Menikahi dan Dinikahi

Jika saat ini anda tengah merasa mantap untuk dinikahi dan menikahi, itu artinya pertanda Allah telah mendekatkan jodoh anda. Apalagi yang akan dinikahi atau menikahi ini adalah orang yang sama sama memiliki rasa yang sama.

Meski kita ketahui, bahwasannya, hati seorang manusia tidak dapat menetap, alias berubah-ubah. Namun biasanyya ketika bertemu dengan seseorang yang mantap menurutnya, maka rasa itu akan muncul dan tak mudah lagi goyah.

Ketika bertemu dengan seseorang yang mantap dan pas, pastinya kita akan merasa sudah selesai, artinya pilihan berhenti di orang tersebut dan berhenti mencari yang lain.

Nah, bisa jadi, perasaan demikian adalah sinyal jodoh dari Allah. Dan mintalah petunjuk dari-Nya. Lalkukan sesuai sunah dan aturan-Nya.

6. Tampil Apa Adanya dan Dapat Diterima Oleh Keluarga

Biasanya ketika sudah merasa pas di hati, dan yakin bahwa orang itulah jodoh kita, maka kita dan dia akan tampil apa adanya. Begitulah gambaran anda dan seseorang yang akan menjadi jodoh anda.

Selain tampilan apa adanya, juga tentunya akan selalu tampak bersahaja senatural mungkin menjadi yang terbaik, terlebih ketika disamping anda. Jadi tak ada sandiwara yang dibuat buat pada penampilannya.

Begitu juga ketika bicara dan tertawa, makan dan hal lainnya. Selain itu, beberapa hal demikian juga apakah jodoh tidaknya bisa dilihat apakah keluarga menerima dia untuk menjadi bagian dari keluarganya.

Jika ia dan tak lagi dipersulit pihak keluarga, artinya Allah telah mempertemukan anda dengan jodoh anda.

7. Jaga Rahasia dan Tidak Bisa Berbohong

Menjaga sebuah rahasia dan tidak berbohong adalah salah satu hal yang juga menjadi tanda tanda bahwa anda telah menemukan seseorang yang tepat menjadi jodoh anda yang dipertemukan oleh Tuhan.

Jadi biasanya ada saling percaya, kita bercerita kepadanya, dan ia menyimpan rahasia kita. Jadi tak ada lagi yang bisa berbohong. Bahkan selalu berkata jujur.

Maka ketika anda bertemu dengan seseorang yang jujur, dan pandai menyimpan rahasia, maka jangan ragu, orang tersebut adalah jodoh anda.

8. Sama Sama Berupaya Memudahkan Dalam Segala Urusan Termasuk Pernikahan

Terakhir adalah sama sama ingin dan tengah berupaya memudahkan sesuatu hal dama semua urusan. Ini adalah upaya sama sama mendekatkan jodoh di antaranya untuk bisa sama sama bersama dalam tali pernikahan.

Biasanya, memang dalam hal ini upaya memudahkan adalah, sama sama tidak mempedulikan dan melupakan masa lalunya masing masing.

Karena ia percaya, masa lalu tak perlu lagi dibahas dan biarlah menjadi catatan indah maupun kelam di masing-masing orang.

Selain itu, untuk memudahkan urusan perjodohan yang diturunkan oleh kepadanya masing masing saling mendoakan yang terbaik, dan saling melakukan shalat istikharah agar semakin dimudahkan langkahnya serta tawakal sembari mencari penguatan jawaban shalat istikharah jodoh.

Tanda Tanda Jodoh Secara Fisik

Selanjutnya, adalah terkait tanda tanda jodoh secara fisik. Kita ketahui, mitos atau fakta berkembang, jodoh secara fisik adalah ia yang memiliki wajah mirip dengan anda.

Karena memang sebagian pasangan yang menikah memang terlihat mirip. Namun bisa saja ini kebetulan. Hal ini juga diungkap melalui studi yang dilakukan psikolog University of St. Andrews.

Ia mengungkapkan, berdasarkan temuannya, seseorang cenderung tertarik pada orang lain yang memiliki ciri-ciri wajah seperti dirinya sendiri artiannya sama dengannya.

Dalam hal lain, yang menguatkan pendapat Andrews adalah, bahwasannya pasangan yang akan menikah biasanya memiliki persamaan, baik pada karakter fisiknya. Seperti bentuk leher maupun panjang jari tengahnya.

Namun tentunya secara fisik ini tak perlu diperluas, karena setiap individu tentyunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada seorang pun yang sempurna.

Tanda Bertemu Jodoh

Namun beberapa hal yang bisa kita pelajari juga terkait tanda tanda berikut ini, di antaranya ketika lawan jenismu juga tengah memberikan sinyal kepadamu, bahwa ia juga serius.

Ini bisa dilakukan perempuan (wanita) maupun laki laki (pria). Jadi ketika ia melakukan hal seperti ini, bisa jadi, ia adalah jodohmu.

  1. Ia tidak menceritakan kepada siapapun tentang apa yang anda ceritakan kepadanya.
  2. Susah senang dia selalu bersamamu, apalagi dalam keadaan anda tengah dalam kondisi terburuk.
  3. Dia menghormati anda.
  4. Ia ingin mengenalkan orang tuanya kepada anda, dan mengenalkan anda kepada orang tuanya.
  5. Ia bercerita tentang masa depannya kepada anda, dan ingin anda mendengarkan ceritanya.
  6. Anda menceritakan masa depan dengannya dan ia menjadi pendengar yang baik.
  7. Saling memotivasi satu sama lain. Dan tidak ingin berdebat dalam hal apapun.
  8. Ia berani mengambil resiko untuk anda, termasuk menegaskan bahwa ia sudah ada yang punya, dan segera menikah kepada orang orang yang juga mendekatinya.
  9. Saling menjadi diri sendiri dan tampil apa adanya.
  10. Saling membutuhkan untuk berbuat kebaikan.
  11. Tidak merasa terlalu cemburu dan saling percaya.
  12. Mencoba menjadi lebih baik dan memperbaiki diri karena Allah, agar sama-sama bisa mendapatkan keberkahan Allah.

Mimpi Bertemu Jodoh Menurut Islam

Beberapa hal lain yang perlu sekali kita perhatikan adalah ketika ada pernyataan tentang mimpi bertemu jodoh? Apakah mimpi ada keterkaitan dengan jodoh?

Lalu bagaimana dengan pandangan terkait mimpi bertemu jodoh menurut Islam apakah benar adanya, sinyal jodoh dari Allah terlihat melalui mimpi.

Hal yang anda ketahui adalah sebagai muslim, calon suami yang ideal adalah ia yang sholeh dan disekelilingan adalah orang orang yang sholeh, termasuk orang tua, saudara dan teman-temannya.

Begitu juga untuk calon istri. Silakan dibaca artikel terkait lainnya: Hadits Tentang Memilih Calon Istri Yang Baik. Soal mimpi tak ada keterkaitan dalam Islam.

Bahkan dalam shalat istikharah jodoh pun tak ada jawaban dari mimpi. Untuk itu, soal mimpi jodoh sebaiknya kita tak perlu membesar-besarkan peranannya. Karena istikharah yang diajarkan Nabi pun tak memakai cara mimpi.

Maka jika ada yang menyatakan, bahwa mimpi jodoh itu salah satunya yang menjadi contoh di bawah ini yang kerap menjadi mitos bahwa mimpi ini adalah tanda jodoh datang, misalnya seperti:

  1. Mimpi Jatuh Cinta
  2. Mimpi Mencium Seseorang
  3. Mimpi Digigit Ular
  4. Mimpi Mendapat Cermin
  5. Mimpi Bertemu Sepasang Merpati
  6. Mimpi Dikejar-Kejar Harimau
  7. Mimpi Melihat Bunga Merambat di Pagar
  8. Mimpi Duduk Diayunan Bersama Pria

Dan mimpi-mimpi jodoh datang lainnya. Yakinlah, mimpi mimpi di atas hanyalah mitos, tak ada sangkut pautnya dengan jodoh dan sinyal jodoh dari Allah. Untuk itu, tak perlu membesar-besarkan soal jodoh.

Penghalang Jodoh Dalam Islam

Jodoh Dalam Islam
Jodoh Dalam Islam

Namun bagaimana jika tanda tanda jodoh dalam Islam belum juga datang, apakah ada penghalang. Lalu apa saja penghalang jodoh dalam Islam?

Inilah yang juga harus kita pahami, bahwasannya jika jodoh yang tak kunjung datang, ada perbuatan dan dosa yang bisa saja menjadi penghalang. Sehingga, jodoh tersebut sulit untuk datang.

Jika benar merasa jodoh tak kunjung datang, cobalah introspeksi diri, apa yang menjadi perbuatan selama ini baik buruknya.

Ini penting untuk kita ketahui. Karena jodoh adalah harapannya sekali dalam seumur hidup. Bisa saling mendampingi, dan saling memotivasi dalam keadaan apapun.

Apakah perbuatan perbuatan yang dilakukan selama ini menjadi dosa dosa, berikut di antaranya untuk menghindari penghalang jodoh dalam Islam:

1. Menyekutukan ALLAH (Syirik)

Salah satu di antaranya penghalang datangnya jodoh adalah syirik. Syirik merupakan menyekutukan Allah. Dan perbuatan ini merupakan perbuatan yang tidak dicintai oleh Allah.

Maka jika ingin segera mendapatkan jodoh terbaik, maka salah satu caranya adalah dekat dengan Allah. Beribadahlah, memohon kepada Allah agar dimudahkan dalam urusan jodoh.

Lakukan kebaikab-kebaikan yang dikehendaki Allah, termasuk melaksanakan sunahnya. Salah satunya adalah Shalat Hajat.

Perbuatan syirik memang sangat berbahaya, salah satu bahayanya adalah membuat takdir jodoh menurut Islam terdapat banyak penghalang untuk bisa menyatukan dua insan.

2. Tidak Menaati Perintah ALLAH

Kedua, penghalang datangnya jodoh adalah karena tidak menaati perintah perintah Allah. Perbuatan perbuatan yang sudah dilarang oleh Allah janganlah dilakukan.

Karena hanya dengan memathui perintah Allah dan menjauhi segala larangannya maka apa yang diinginkan sangat mudah didapatkan. Termasuk urusan jodoh.

Maka hal ini jika terjadi pada diri kita, yang perlu kita lakukan adalah introspeksi diri dan memperbaiki diri, serta niatan mendapatkan jodoh dengan memiliki motivasi menikah karena Allah.

Sebaik baiknya seseorang yang hendak dinikahi adalah ia yang bertakwa pada Allah SWT dan kedua orang tuanya. Serta ia mampu mendirikan syariat agama dalam keluarganya.

Bagi yang muslim tentu membangun rumah tangga dalam Islam, sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan apa yang telah diajarkan Rasulullah SAW.

3. Durhaka Pada Orang Tua

Ketiga, hal yang tidak disukai oleh Allah dan bisa menjadi penghalang datangnya jodoh adalah durhaka pada orang tua.

Ini adalah dosa yang juga bisa menjadi sebab sulit anda mendapatkan jodoh. Maka, yang harus dilakukan adalah perlakukan orang tua sebaik mungkin., buatlah mereka bahagia, dan jadilah yang mereka banggakan.

Dengarkan dan ikuti nasihat nasihatnya selagi nasihatnya adalah baik untuk mendekatkan anda pada pencipta-Nya. Begitu sebaliknya.

Untuk itu, perlu diperhatikan, sudah sebaiknya ada beberapa yang harus kita pahami, yakni, cintai Allah, cintai Rasul, malaikat dan para nabi, cintai orang tua, dan cintai sesama.

Kedurhakaan ini juga yang dikhawatirkan oleh seorang lelaki terhadap istri. Karena bisa saja ada azab suami durhaka kepada istri. Maka banyak hal yang perlu dipahami hingga rinci.

4. Suka Mengadu Domba

Jangan karena suka mengadu domba ke sesama, membuat dosa dan menjadi penghalang jodoh datang. Maka jagalah tutur kata dan pikiran, jangan menjadi provokasi dan adu domba, perbanyak kebaikan.

Karena adu domba dengan alasan apapun adalah perbuatan yang tercela dan tidak Allah sukai. Untuk itu, mulai sekarang jaga tutur kata, jangan memfitnah dan mengadu domba.

Jadi, kita harus hindari sifat adu domba, memprovokasi, dan membuat orang orang menjadi marah dengan orang lain karena ucapan dan prasangka yang kita sampaikan.

5. Memutuskan Tali Silaturrahmi, Kikir/Pelit dan Berzina

Sebab terhalangnya jodoh datang di antaranya adalah teputusnya tali silaturahmi. Memutuskan hubungan silaturahmi adalah perbuatan yang juga Allah tak sukai.

Baik memutuskan talis silaturahmi dengan teman, saudara, orang tua, atau lainnya. Inilah yang menjadi pengahalang datangnya jodoh. Maka perbaikilah hubungan, semoga jodoh datang seiring kebaikan yang kita tanam.

Selanjutnya pelit atau kikir. Ini juga yang tidak disukai Allah. Bisa jadi, karena sikap dan sifat kita yang kikir atau pelit bahkan tak mau membantu sesama, membuat terhalangnya jodoh datang.

Maka berbuatlah kebaikan, sedekahkahkan harta kepada yang berhak menerima. Upayakan bersedekah satu kali dalam satu minggu, contoh di setiap hari jumat.

Terakhir, berbuat zina. Perbuatan zina juga tak disukai Allah, dan bisa jadi karena perilaku senangnya berzina membuat anda sulit mendapatkan jodoh. Jodoh yang baik terutama.

Karena tidak mungkin pezina akan mendapatkan seseorang yang baik. Baca juga: Hukum Menikah Dengan Pasangan Zina & Cara Bertaubatnya.

Kata Kata Bijak Jomblo Saat Belum Bertemu Jodoh

Kata Kata Bijak Jomblo Fisabilillah
Ilustrasi Kata Kata Bijak Jomblo Fisabilillah | Infokua.com

Selanjutnya, untuk menguatkan rasa dan hati, dari kegalauan, sehingga menuntutmu masih terus berupaya dengan cara yang baik dan benar, tanpa pacaran. Maka lebih baik memilih sendiri.

Sendiri atau kerap disebut jomblo bukanlah hal yang hina, biarlah orang berkata apa tentang dirimu yang tengah memantaskan diri untuk dipantaskan oleh calon pasangan yang akan Allah turunkan untuk anda.

Selama berproses, tak ada salahnya jika semua berjalan seperti biasa, meski tanpa ada status pacaran kamu bisa menguatkan diri dengan keistiqomahan.

Salah satunya lewat kata kata bijak jomblo yang bisa membuat kamu terus istiqomah dan kuat. Sembari memperbaiki diri menjadi lebih baik, sehingga pantas untuk didatangi jodoh yang telah Allah siapkan.

Ada banyak sekali, bahkan jika kita lihat salah satu quote atau kutipan yang banyak menjadi pilihan adalah kata kata jomblo Mario Teguh yang begitu sangat memotivasi.

Nah kita bisa juga melahirkan itu, sembari menanti takdir jodoh menurut Islam. Semoga saja dikuatkan, untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik meski saat ini masih berstatus jomblo.

Kata Kata Jomblo Fisabilillah

Dan berikut ini kata kata bijak, atau kata kata jomblo Fisabilillah, berkualitas, elegan, terhormat dan membuatmu tidak menjadi galau.

  1. “Bersikaplah tenang, dalam diam dan dalam kesendirian, percayalah Tuhan akan memberimu seseorang yang kelak akan setia hidup selamanya bersamamu.” (Yoga Pratama)
  2. “Jangan takut sendirian, karena sendirian bukan empedu yang teramat pahit bagi si pemiliknya.” (Yoga Pratama)
  3. “Kata orang jomblo itu ngenes, kata saya: Jomblo itu modal meningkatkan keimanan kepada Tuhan.” (Yoga Pratama).
  4. “Di dunia ini, semua sudah dipastikan sang pemilik hati, yakni Allah SWT, kenapa ragu, Allah selalu melindungi dan mengasihi, termasuk urusan hati ini.” – Yoga Pratama.
  5. “Aku tak ingin memaksamu untuk menjadi milikku, yang tengah kuperjuangkan adalah memintamu dari si pemilikNya, dalam doa selalu kusampaikan, semoga kita segera dipertemukan.” -Yoga Pratama.
  6. “Aku hanya ingin memahami, tentang diriku dan tentang dirimu, dengan tidak saling memiliki dalam ketidakpastian.” – Yoga Pratama.
  7. “Akhir akhir ini aku ingin sendiri, hanya ingin sendiri, tanpa siapapun, dan tanpa penjelasan yang harus kuberikan.” – Yoga Pratama.
  8. “Terkadang seseorang perlu berpesta dalam kesendiriannya, caranya dengan menikmati kesendirian itu sendiri, tanpa orang lain yang bertanya sedang apa kamu di sini,” – Yoga Pratama.
  9. “Aku memilih jomblo bukan berarti aku tak laku untuk mendapatkan kekasih. Aku memilih jomblo, karena ingin memperbaiki diri.” – Yoga Pratama.
  10. “Menjadi seorang jomblo bukanlah sesuatu hal yang hina. Justru menjadi sesuatu hal yang sangat berharga. Sebab, dengan jomblo, kita bisa menguatkan perasaan agar tidak jatuh ke lubang kesalahan yang sama dalam Cinta.” – Yoga Pratama.

Bahkan masih ada banyak, kata kata tersebut, bisa juga menguatkan sebagai kata kata hijrah istiqomah yang tengah engkau jalani.

Dari kata kata di atas, kita tinggal menanti bagaimana takdir jodoh Menurut Islam bekerja, kita serahkan kepada Allah SWT, kita sudah berupaya dan menguatkan diri untuk bisa bersabar mencari dan menjemput jodoh tersebut.

Baca Juga: Syarat Nikah Dalam Islam dan KUA, Ini Rukun Sahnya

Demikianlah beberapa hal yang bisa kita pelajari terutama tentang datangnya jodoh, dari tanda tanda datangnya jodoh kepada kita, ataupun yang menjadi penghalang datangnya jodoh.

Sebab, jodoh adalah harapan yang baik untuk memuliakan dan menyempurnakan sebagian dari iman untuk pernikahan.

Jodoh bukan ia yang datang mengajak pacaran. Tetapi jodoh adalah ia yang datang untuk mengajak membangun bahtera rumah tangga bersama, dan menyegerakan akad dan mengajaknya segera ke pelaminan.

Karena dengan menikah juga, sebagai sebuah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak engkau temui ketika ta’aruf dengannya.

Demikian yang bisa disampaikan tentang jodoh dalam Islam. Semoga informasi ini dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang jodoh, pernikahan, tanda tanda jodoh datang dan yang menjadi penghalangnya jodoh datang.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

One thought on “Jodoh Dalam Islam, Kenali Tanda Takdir dan Penghalangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *