gugatan cerai suami terhadap istri
Ilustrasi - Infokua.com | Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri, Ini Syarat Pengajuannya

Diposting pada

Infokua.comGugatan Cerai Suami Terhadap Istri adalah tindakan talak yang dijatuhkan seorang suami (laki-laki) terhadap istrinya.

Lalu, bagaimana cara mengajukan gugatan cerai suami ini? Apa saja yang menjadi syarat pengajuan cerai oleh suami? Berapa besaran biaya gugatan cerai suami terhadap istri?

Mungkin ini hal yang sederhana yang kerap menjadi pertanyaan seorang suami yang ingin melakukan gugat cerai istrinya.

Belum lagi, jikalau saja ingin mengajukan gugatan cerai tanpa sepengetahuan istri, lalu bagaimana contoh surat gugatan cerai suami terhadap istri, sebab belum pernah melakukan perceraian.

Tentu ini harus kita pelajari. Jadi jika berbicara tentang guatan cerai suami terhadap istri, tak sekedar tentang apa saja yang menjadi persyaratan cerai pihak suami, sama halnya seperti syarat cerai istri.

Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

gugatan cerai suami terhadap istri
Ilustrasi – Infokua.com | Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

Menjadi hal yang sangat wajar, saat ini fenomena perceraian tinggi. Maka memang, sebelum menikah, motivasi menikah harus diperkuat. Sehingga tidak kandas di tengah jalan.

Jadi menikah, tidak sekedar memastikan rukun nikah telah terpenuhi. Tetapi ada banyak hal yang menjadi perhatian, agar bisa sekali dalam seumur hidup.

Mampu melewati dinamika rumah tangga dengan baik, tanpa ada masalah kemudian hari. Untuk itu, seberapa banyak dan berat ujian menimpa rumah tangganya, bisa dilewati bersama dengan baik.

Karena ingat, hukum perceraian dalam islam, meski dibolehkan secara agama, tetapi Allah tidak menyukai percerian. Dan ada syarat perceraian yang harus terpenuhi, sehingga halal dan diperbolehkan untuk suami dan istri bercerai.

Meski lagi, hukum perceraian di Indonesia juga telah diatur oleh UU. Namun demikian, sebisa mungkin dihindari.

Namun, setidaknya jika memang tak lagi bisa dipungkiri, dan memang dalam Agama diperbolehkan, ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang gugatan cerai ini.  Terkhusus tentang gugatan cerai suami terhadap istrinya.

Jadi, gugatan cerai ini sebenarnya dan umumnya dapat diajukan suami kepada istrinya maupun sebaliknya istri kepada suaminya.

Jenis gugatan cerai suami kepada istri disebut dengan Permohonan Cerai Talak, yang mana dalam gugatan atau permohonan tersebut, suami mempunyai kedudukan sebagai pemohon dan itsri berkedudukan menjadi termohon.

Alasan Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri Yang Diperbolehkan

gugatan cerai suami terhadap istri
Ilustrasi – Infokua.com | Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

Dalam persidangan di Pengadilan Agama, biasanya seorang sumi dimintai alasan, mengapa ia melakukan talak terhadap istrinya.

Jika alasan yang diajukan kuat. Maka persidangan berlanjut dan biasanya talak atau gugatan cerai kepada istrinya dikabulkan.

Berikut ini beberapa alasan yang kerap disampaikan seorang suami di Pengadilan Agam ketika mengajukan gugatakan talak kepada istrinya:

  1. Istri melakukan zina atau menjadi pemabok, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
  2. Istri pergi meninggalkan suami selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa mendpatkan izin dari Suami dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya;
  3. Istri dihukum selama 5 tahun kurungan penjara atau mendapat hukuman yang lebih berat. Sehingga tak dapat memenuhi kewajibannya sebagai seorang istri.
  4. Istri melakukan penganiayaan atau kekerasan berat yang dapat membahayakan Suaminya;
  5. Istri mendapat musibah cacat badan atau penyakit yang akibatnya  istri  tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri;
  6. Antara suami dan istri terus-menerus terjadi pertengkaran karena perselisihan dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Cerai, Gratis dan Bisa Buat Sendiri

Gugatan cerai talak tentu tak sesederhana itu. Karena ada hal hal lainya yang tentunya mencakup masalah hak asuh anak. Dalam Permohonan Hak Asuh atas anak di Peradilan Agama akan berlaku ketentuan hukum sebagai berikut :

  1. Anak yang belum mumaziz, akan cenderung diberikan kepada Isteri.
  2. Anak yang sudah mumaziz akan diberi kebebasan oleh hakim untuk memilih antara kedua orangtuanya, apakah akan ikut bapaknya ataukah ibunya.

Atas gugatan di atas, terkait tentang pengajuan permohonan bercerai atau talak seorang suami pada istrinya, umumnya, seorang Hakim PA akan menjatuhkan Nafkah Idah dan Nakfah Mutah.

Inilah yang harus dibayarkan seorang Suami, jika permohonan cerai talaknya dikabulkan oleh majelis hakim.

Jadi, jika seorang suami segera membayar apa yang telah menjadi kewajiban istri, Pengadilan Agam tidak lagi akan melakukan sidang Ikrar Talak.

Namun, jika Nafkah Idah dan Nafkah Mut’ah belum dibayar oleh Suami kepada Istri sebelum sidang selesai, maka Pengucapan Ikrar Talak akan dilakukan dan dibacakan oleh suami yang mengajukan cerai talak.

Belum lagi, nantinya ada pembahasan atau persoalan yang harus juga diadili, yakni terkait pembagian harta bersama atau harta gono gini bersamaan. Pengadilan Agama juga dapat memeriksa dan mengadili persoalan tersebut.

Syarat Pengajuan Cerai Oleh Suami

syarat pengajuan cerai oleh suami
syarat pengajuan cerai oleh suami } Ilustrasi

Selanjutnya yang bisa kita ketahui, pahami dan perhatikan adalah apa saja yang menjadi persyaratan cerai suami kepada istrinya.

Syarat talak suami pada istrinya ini adalah terkait permohonan cerai talak suami ke Pengadilan Agama. Jadi, ada syarat syarat yang harus diajukan untuk bisa memproses permohonan yang diajukan.

Adapun syarat pengajuan gugatan cerai oleh suami kepada istrinya di Pengadilan Agama ini adalah sebagai berikut:

  1. KTP atau Kartu Identitas
  2. Buku nikah
  3. Akta kelahiran anak
  4. Surat permohonan cerai
  5. Materai

Biasanya surat ini dibuatkan langsung oleh penyedian Layanan Bantuan Hukum di Pengadilan Agama terkait.

Apabila pengadilan tidak menyediakan surat tersebut maka solusinya harus berusaha mencari sendiri atau meminta tolong kepada pengacara. Kalau mau buat sendiri juga bisa, berikut ini caranya:

Contoh Surat Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

contoh surat cerai talak
contoh surat cerai talak

Berikut ini contoh contoh surat cerai talak yang bisa diajukan suami kepada Pengadilan Agama atas permohonan cerai pada istrinya.

Berikut ini contoh yang bisa kita ajukan, baik cara membuat surat talak tulis tangan, dalam hal ini surat pernyataan ikrar talak maupun bisa diketik, dan dikuasakan:

SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                 : Muhammad Akbar

Bin                                     : Jamaluddin

Tempat, Tanggal Lahir      : Bandar Lampung, 27 Mei 1980

Warganegara                      : Indonesia

Agama                               : Islam

Pekerjaan                           : Pegawai Bank

Alamat                               : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut Pihak Pertama (I) / Suami.

Dengan kesadaran bersama tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun juga, maka dengan ini Pihak Pertama (Suami) menyatakan IKRAR TALAK 3 (tiga) kepada:

Nama                                 : Khairunnisa

Binti                                   : Ma’ruf

Tempat, Tanggal Lahir      : Sumberjo, 15 januari 1982

Warganegara                      : Indonesia

Agama                               : Islam

Pekerjaan                           : Ibu Rumah Tangga

Alamat                               : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut Pihak Kedua (II) / Isteri.

Bahwa sejak hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 Saudari Khairunnisa (Pihak II) sudah bukan merupakan istri sah saya dan segala tanggung jaweab saya menurut hukum islam. Apapun yang menjadi urusan istri saya bukan merupakan tanggung jawab saya lagi

Bilamana Saudari Khairunnia (Pihak II) kelak mendapatkan jodoh, maka dengan ikhlas dan ridho lahir dan batin saya perkenankan beliau untuk menikah dan saya tidak akan menuntut ataupun menggugat siapapun begitu pula sebaliknya.

Demikian SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK  ini saya buat dan saya tanda tangani secara sadar dan  tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Surat Pernyataan Ikrar Talak ini dapat dipergunakan sebagai berkas pelengkap di  PENGADILAN AGAMA agar yang berwajib maklum adanya.

Yang Dijatuhi Talak

Khairunnisa

Bandar Lampung, 21 Maret 2019Yang Menyatakan Talak

Muhammad Akbar

Saksi – saksi :

  1. ………………………….

  1. ………………………….
Contoh surat kuasa cerai talak

            SURAT KUASA

NOMOR : 125/SK/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Muhammad Akbar bin Jamaluddin

Kewarganegraan         : Indonesia

Alamat                        : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan, RT.03/RW.02, Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung

Agama                         : Islam

Pekerjaan                     : Pegawai Bank

Untuk selanjutnya disebut sebagai pihak pemberi kuasa, dalam hal ini telah memilih tempat kediaman hukum ( domisili ) di kantor kuasanya, dengan ini menerangkan memberi kuasa kepada :

Indah Ariana, S.H., kewarganegraan Indonesia, profesi Advokat, yang beralamat di Jl. Cut Meutia No 76 Teluk Betung, Bandar Lampung

———————————-K H U S U S———————————–

Guna kepentingan hukum pemberi kuasa, penerima kuasa diberikan kuasa untuk dapat mewakili pemberi kuasa dalam mengajukan permohonan cerai talak terhadap istrinya yang  bernama Khairunnisa bin Ma’ruf yang beralamat di JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan, di Pengadilan Agama Bandar Lampung.

Atas permberian kuasa ini, penerima kuasa diberikan kuasa untuk dipersilakan hadir pada semua persidangan yang diagendakan di Pengadilan Agama Bandar Lampung, membela hak-hak serta mengurus kewajiban dan kepentingan pemberi kuasa, menghadap dan berbicara kepada pejabat peradilan, hakim-hakim, instansi-instansi pemerintah sipil maupun militer di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia, mengajukan perlawanan, memberikan bukti-bukti berupa surat, meminta keterangan para saksi, dapat mengadakan perdamaian, meminra dan menerima keterangan saksi-saksi, pelaksanaan putusan, dan begitu pula penerima kuasa diberikan kuasa unutuk membuat dan mengajukab segala macam surat yang dibutuhkan dan menandatanganinya agar selanjutnya dapat dilakukan tindakan menurut hukum yang berlaku, dengan kata lain penerima diberikah hak dan wewenang seluas-luasnya selama tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku guna membela kepentingan pemberi kuasa dalam perkara yang sudah disebutkan di atas.

Demikian surat kuasa ini diberiakn agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin, dengan hak retensi serta hak substitusi baik sebagian maupun seluruhnya yang dikuasakan ini kepada orang lain.

Bandar Lampung, 21 Maret 2019

PENERIMA KUASA,                                               PEMBERI KUASA,

      

Indah Ariana, S.H.,                                                     Muhammad Akbar

Contoh surat cerai secara kekeluargaan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sejujurnya bahwa:

Nama                                      : Muhammad Akbar

Tempat/Tgl.Lahir                    : Bandar Lampung,  27 Mei 1980
Pekerjaan                                 : Pegawai Bank
Agama                                     : Islam
Alamat                                    : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

Nama                                       : Khairunnisa

Tempat/Tgl.Lahir                    : Bandar Lampung, 15 Januari 1982
Pekerjaan                                 : Ibu Rumah Tangga
Agama                                     : Islam
Alamat                                    : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

Bahwa dengan ditandantanganinya surat ini maka kedua belah pihak menyatakan sepakat untuk bercerai dan mengakhiri hubungan sebagai suami istri karena adanya tidak harmonisan dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, tidak ada lagi urusan diantara kedua belah pihak selain mengenai urusan anak kandung.

Demikian surat pernyataan ini dibuat oleh kedua belah pihak secara sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Yang membuat pernyataan

 Pihak Pertama                                                                                                Pihak Kedua

Muhammad Akbar                                                                                          Khairunnisa

Saksi :

  1. Satrio Panalaran
  2. Willy Nugroho
  3. Aisyah Nurhidayah
Contoh surat cerai sepihak

            SURAT PERMOHONAN CERAI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                       : Muhammad Akbar

Tempat/Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 27 Mei 1980

Alamat                                     : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Pekerjaan                                 : Pegawai Bank

Pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani menyatakan bahwa telah menceraikan istri bernama :

Nama                                        : Khairunnisa

Tempat/Tanggal lahir              : Bandar Lampung, 15 Januari 1982

Alamat                                    : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Pekerjaan                                 : Ibu Rumah Tangga

Demikian surat pernyataan ini saya buat secara benar dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Yang Menyatakan

Suami                                                                                                                          Istri

Muhammad Akbar                                                                                          Khairunnisa

Cara mengurus perceraian tanpa buku nikah

Pengajuan perceraian bisa dilakukan tanpa disertai buku nikah, dengan syarat ada dokumen pengganti lain yang  resmi dan sah yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang terkait.

Dalam hal ini pejabat KUA (Kantor Urusan Agama) bagi yang beragama Islam atau Catatan Sipil bagi yang beragama non muslim.

Jika buku nikah asli hilang, hal yang harus dilakukan adalah langsung mendatangi KUA (Kantor Urusan Agama) bagi yang beragama Islam dan Catatan Sipil bagi yang non muslim di tempat dahulu mengajukan pernikahan untuk mengeluarkan Register Kutipan Akta Nikah, atau Duplikat Akta Nikah.

Untuk penerbitan Register Kutipan Akta Nikah atau Duplikat Akta Nikah biasanya akan memerlukan waktu 1 minggu, namun itu sangat tergantung dari KUA atau Capil di daerah saudara karena biasanya ada juga yang hanya memakan waktu sehari selesai.

Bagaimana Jika Mengajukan Gugatan Cerai Tanpa Sepengetahuan Istri

gugatan cerai suami terhadap istri
Ilustrasi – Infokua.com | Gugatan Cerai Suami Terhadap Istri

Terkait gugatan cerai tanpa sepengetahuan istri yang dilakukan suami, sebaiknya kita mengacu pada aturan yang telah diatur di dalam perundang-undangan.

Menurut peraturan perundang-undangan perkawinan, tidak ada kewajiban bagi suami untuk memberitahukan kepada istri terlebih dahulu sebelum mengajukan gugatan perceraian.

Sehingga gugatan perceraian yang dilakukan suami tanpa sepengetahuan istri adalah boleh menurut hukum. Tetapi alangkah baiknya, sebelum mengajukan gugatan cerai hendaknya suami memberitahukan istri terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan agar dari kedua belah pihak dapat bermusyawarah terlebih dahulu mencari jalan keluar dan berdamai, sehingga perceraian tidak terjadi.

Karena perceraian adalah upaya terkhir, ketika tak ada lagi solusi bersama. Ingat Allah membenci perceraian. Sehingga, sebaiknya kita meminimalisir proses perceraian, dan tak ada gugatan cerai suami terhadap istrinya.

Baca Juga: Istri Gugat Cerai Suami Menolak, Ini Penjelasannya

Sekian yang bisa dijelaskan. Semoga informasi dan apa yang sedang kita tengah ingin dapatkan penjelasan dari gugatan cerai suami terhadap istri ini dapat bermanfaat.

Sekian yang bisa disampaikan. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *