doa suami untuk istri
doa suami untuk istri

Doa Suami Untuk Istri Untuk Mengharap Keberkahan Allah

Diposting pada

Infokua.com – Berikut ini adalah kumpulan doa suami untuk istri yang mengharapkan keberkahan dari Allah. Masing masing doa ini memiliki manfaat dan penjelasannya untuk apa?

Tak jauh berbeda seperti doa istri untuk suami. Bahkan ada banyak doa yang bisa dimunajatkan. Misalnya saja, doa suami untuk istri setelah akad nikah.

Tak hanya sampai di situ saja, doa untuk istri cepat hamil pun ada. Tentunya suami juga memikirkan banyak hal yang ingin agar istrinya tetap baik terhadap apapun termasuk pada suami dan anak-anaknya.

Bahkan agar istri tak durhaka. Maka tak jarang juga banyak yang mencari doa khusus buat istri. Intinya adalah suami istri memohon kebaikan dari Allah atas apa yang kini sedang dijalani.

Bahkan semua yang dilakukan karena pernikahan dan hubungan suami istri yang harmonis menjadi berkah yang selalu dilimpahkan oleh Allah SWT.

Seperti apa yang kita ketahui bersama siapa yang akan menyangka kekuatan doa itu sangat luar biasa. Sembari ikhtiar melakukan yang terbaik sesuai tujuan dan cita-cita yang diinginkan.

Selagi dalam kebaikan dan sesuai dengan ajaran syariat Islam, tentunya Allah akan kabulkan dan limpahkan segala keberkahannya.

Doa adalah salah satu akses jalan mencapai kemudahan yang akan Allah berikan kepada hamba-hambanya melalui keutaman dan kebaikan-Nya. Termasuk kepada mereka sepasang suami dan istri.

Kumpulan Doa Suami Untuk Istri

Dalam QS. Asy-Syu’ara (26): (88-89) disampaikan “(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.”

Jadi mintalah kepada Allah dan hanya kepada Allah, segala kebaikan an manfaat dari kebaikan itu tentunya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Tak hanya sebagai tempat untuk memohon pertolongan dan ampunan, tapi lebih dari itu, karena Ia-lah Maha Agung pencipta isi bumi dan alamnya, serta yang hadirkan kehidupan dan kematian.

Seorang suami ketika menikahi seorang wanita dan telah sah dinyatakan istrinya tentunya juga ada kewajiban untuk mendoakan agar sang istri juga tetap berpegang teguh pada syariat yang diajarkan dalam Islam.

Seorang istri dapat berlaku baik dan adil dalam mengemban tugas dan tanggung jawab seorang istri, termasuk hak suami atas istri. Juga mengetahui yang mana yang salah dan benar.

Jadi seorang istri mendapatkan keberkahan dari doa yang dimunajatkan suaminya. Maka kenapa setelah akad nikah sang suami diminta untuk mendoakan istrinya.

Kalau perlu jangan hanya setelah akad nikah saja, tetapi juga di setiap waktu dalam menghadap Allah SWT di dalam shalatnya.

Untuk itu, kali ini kita akan mencari tahu, apa saja doa doa yang bisa dimunajatkan suami untuk istrinya. Berikut kumpulan doa tersebut:

Doa suami untuk istri setelah akad nikah

Ada aturan yang harus dilakukan seorang suami ketika telah selesai melukan ijab dan qobul atau akad nikah.

Ketika akad nikah selesai dikatakan, hendaklah suami memegang ubun-ubun (kepala) istrinya dibarengi dengan menyebut nama Allah Ta’ala.

Diawali dengan bismillah, kemudian bacalah doa untuk istri setalah akad nikah berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْ

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya:

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Pertama, memegang ubun-ubun istrinya seraya menyebut nama Allah yakni mengucapkan bismillaah.

Kedua, setelah menikah tentunya akan mengharapkan kehidupan rumah tangga yang dikaruniai keberkahan oleh Allah.

Maka dengan demikian setalah mengucapkan doa di atas lanjutkan dengan memohon kepada Allah agar dikaruniai keberkahan akan rumah tangga yang dibangun dan dijalaninya kelak. Misalnya dengan kalimat :

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي في

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya

Artinya:

Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku

Beberapa contoh doa agar diberikan keberkahan yang lainnya, tidak perlu mengucapkan semuanya satu persatu. Karena semua kembali lagi kepada keyakinan masing-masing.

Suami bisa mendoakan istrinya dengan doa yang biasa diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW. Yang mana doanya adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Doa Suami Untuk Istri Hamil

doa suami untuk istri
doa suami untuk istri

Kehamilan adalan sesuatu yang sangat ditunggu-ditunggu oleh pasangan suami istri. Dengan hadirnya seorang anak akan memberikan warna baru dalam kehidupan berumah tangga.

Dengan dimikian juga berarti bahwa suami dan istri telah diberikan kepercayaan oleh Allah sebagai penjaga anak-anak dengan tugas mendidik dan menuntunnya agar senantiasa di jalan yang benar sesuai dengan Al-qur’an dan Hadits.

Nah tugas suami selain menjaga kesehatan ibu dan calon anak, juga harus selalu mendoakan agar keduanya diberikan keselamatan.

Pasalnya orang yang sedang mengandung adalah orang yang kita cintai dan yang sedang dia kandung adalah darah daging kita sendiri.

Berikut amalan doa yang bisa dipanjatkan oleh suami ketika istri sedang hamil:

  • الفَاتحة الى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله واصحابه والتابعين وتابع التابعين لهم باحسان الى يوم الدين والى من اجازني هذه الورد الفاتحة
  • الفاتحة الي هذا الحمل الفاتحة
  • صلوات × 100
  • رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارْ × 3 (بلا تنفس)
  • يقرأ كل ليلة الجمعة عند زوجة الحاملة ويوضع مصبحت الزوج (القارئ) في سرة الزوجة
    (اجازنا حضرة الشيخ كياهي أنوار منصور الحاج)

Penjelasannya sebagai berikut

  • Al-Fatihah yang dibacakan ditujukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beserta segenap keluarganya dan segenap sahabat serta para tabi’in dan para pengikut tabi’in
  • Al-Fatihah ditujukan kepada calon janin.
  • Baca sholawat sebanyak 100 kali. Untuk shalawatnya disesuaikan dengan kemampuan saja karena tidak literatur yang dengan jelas menjelaskannya
  • Rabbanaa maa kholaqta haadza baathilaa sub-haanaka faqinaa ‘adzaabannaar……. 3 x tanpa nafas.

Baiknya doa-doa tersebut dibacakan setiap hari terutama ketika malam jumat dengan sembari mengelus-elus perut istri.

Jangan lupa untuk senantiasa bersyukur kepada Allah karena ingat di luar sana banyak orang yang menantikan kehadiran puta dan putri. Allah sudah memberikannya kepada kalian.

Doa Suami Untuk Istri Yang Sudah Meninggal

Salah atu kewajiban bagi umat Islam yang masih hidup adalah mendoakan orang yang sudah meninggal dunia. Doakan kebaikan untuk melapangkan kubur dan siksaan akhiratnya.

Meskipun telah terpisah antara kehidupan dunia dan alam kubur, Allah masih memberikan rahmat kepada orang yang berimah untuk bisa memberikan kebaikan. Salah satunya lewat pintu doa.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan doa kepada mukmin yang telah meinggal mendahului kita, terutama jika yang meninggal adalah orang yang dekat dengan kita.

Adapun doa yang dimaksud jika dilihat dari penjelasan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Cara Mudah Menjemput Jodoh Dengan Tahajud dan Sholawat

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad-Dailami)

Doa tersebut yaitu,

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar”.

Yang artinya yaitu,

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” (HR. Muslim)

Doa tersebut khusus dibacakan untuk mayat laki-laki. Sedangkan jika untuk mayat perempuan, maka setiap akhiran ‘hu’ hendaknya diubah menjadi ‘ha’ yang berarti ‘dia’ (untuk perempuan).

Baca Juga: Hadits Tentang Memilih Calon Istri Yang Baik

Itulah tentang doa doa yang bisa disampaikan oleh suami kepada istrinya dalam mengharap keridha-an Allah SWT, keberkahan atas keluarganya, dan atas apa yang terjadi pada istrinya. Serta semua yang dibina dalam rumah tangga.

Doa-doa tersebut bisa menjadi banyak hal yang bisa kita pelajari. Semoga sebagai seorang suami juga diberkahi, karena mendoakan istrinya yang baik baik, dan yang terbaik.

Sekian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

3 thoughts on “Doa Suami Untuk Istri Untuk Mengharap Keberkahan Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *