contoh surat cerai talak
contoh surat cerai talak

Contoh Surat Cerai Talak: Suami dan Istri, Beserta Formatnya

Diposting pada

Infokua.com – Contoh surat cerai talak. Ada banyak hal yang dibutuhkan dalam proses pengadilan baik gugatan cerai maupun ikrar talak.

Dan ada banyak pula contoh contoh kumpulan surat gugatan cerai talak yang bisa kita pelajari. Di antaranya dari contoh surat kuasacerai talak, contoh surat talak tulisan tangan, contoh permohonan cerai talak oleh advokat, maupun contoh surat cerai secara kekeluargaan.

Yang intinya adalah mengkonfirmasi dan memastikan, serta menguatkan dengan surat perjanjian yang telah dibuat bahwa telah resmi bercerai maupun cerai talak.

Namun satu hal yang dapat kita pelajari adalah, sesungguhnya ada suatu hal yang diperbolehkan tapi sangat dibenci oleh Allah SWT. Yakni bercerai, baik dalam urusan rumah tangga atau mungkin bercerai dari suatu kaum.

Intinya bercerai adalah porses pemisahan diri sehingga tidak memiliki urusan satu sama lain. Namun memang lagi lagi semua kembali pada pilihan hidup masing-masing rumah tangga.

Dan dalam artikel ini akan dibahas contoh-contoh surat cerai talak. Karena memang bercerai bukanlah hal yang diinginkan oleh pasangan suami istri, namun jika sudah tidak ada lagi yang bisa dilakukan maka bercerai adalah jalan terakhir yang bisa diambil.

Keputusan untuk bercerai tentunya akan sangat berat mengingat banyak kenangan yang telah diukir. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah sehingga kita terhindar dari perceraian. Amiin.

Contoh Surat Cerai Talak Tulis Tangan / Ketik di DOC Word / PDF

contoh surat cerai talak
contoh surat cerai talak

Dan berikut ini contoh contoh surat talak tulis tangan yang bisa kita buat sendiri, berikut contoh contohnya yang bisa di copy atau kutp untuk jadikan contoh, dalam bentuk word ataupun pdf nantinya:

SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Akbar
Bin : Jamaluddin
Tempat, Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 27 Mei 1980
Warganegara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Pegawai Bank
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut Pihak Pertama (I) / Suami.

Dengan kesadaran bersama tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun juga, maka dengan ini Pihak Pertama (Suami) menyatakan IKRAR TALAK 3 (tiga) kepada:

Nama : Khairunnisa
Binti : Ma’ruf
Tempat, Tanggal Lahir : Sumberjo, 15 januari 1982
Warganegara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut Pihak Kedua (II) / Isteri.

Bahwa sejak hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 Saudari Khairunnisa (Pihak II) sudah bukan merupakan istri sah saya dan segala tanggung jaweab saya menurut hukum islam. Apapun yang menjadi urusan istri saya bukan merupakan tanggung jawab saya lagi.

Bilamana Saudari Khairunnia (Pihak II) kelak mendapatkan jodoh, maka dengan ikhlas dan ridho lahir dan batin saya perkenankan beliau untuk menikah dan saya tidak akan menuntut ataupun menggugat siapapun begitu pula sebaliknya.

Demikian SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK ini saya buat dan saya tanda tangani secara sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Surat Pernyataan Ikrar Talak ini dapat dipergunakan sebagai berkas pelengkap di PENGADILAN AGAMA agar yang berwajib maklum adanya.

Yang Dijatuhi Talak

Khairunnisa Bandar Lampung, 21 Maret 2019
Yang Menyatakan Talak

Muhammad Akbar

Saksi – saksi :

1. ………………………….

2. ………………………….

Baca Juga: Syarat Pengajuan Cerai Oleh Suami 2019/2020

Contoh surat kuasa cerai talak

SURAT KUASA
NOMOR : 125/SK/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Muhammad Akbar bin Jamaluddin
Kewarganegraan : Indonesia
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan, RT.03/RW.02, Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung
Agama : Islam
Pekerjaan : Pegawai Bank

Untuk selanjutnya disebut sebagai pihak pemberi kuasa, dalam hal ini telah memilih tempat kediaman hukum (domisili) di kantor kuasanya, dengan ini menerangkan memberi kuasa kepada :

Indah Ariana, S.H., kewarganegraan Indonesia, profesi Advokat, yang beralamat di Jl. Cut Meutia No 76 Teluk Betung, Bandar Lampung

———————————-K H U S U S———————————–

Guna kepentingan hukum pemberi kuasa, penerima kuasa diberikan kuasa untuk dapat mewakili pemberi kuasa dalam mengajukan permohonan cerai talak terhadap istrinya yang bernama Khairunnisa bin Ma’ruf yang beralamat di JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan, di Pengadilan Agama Bandar Lampung.

Atas permberian kuasa ini, penerima kuasa diberikan kuasa untuk dipersilakan hadir pada semua persidangan yang diagendakan di Pengadilan Agama Bandar Lampung, membela hak-hak serta mengurus kewajiban dan kepentingan pemberi kuasa, menghadap dan berbicara kepada pejabat peradilan, hakim-hakim, instansi-instansi pemerintah sipil maupun militer di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia, mengajukan perlawanan, memberikan bukti-bukti berupa surat, meminta keterangan para saksi, dapat mengadakan perdamaian, meminra dan menerima keterangan saksi-saksi, pelaksanaan putusan, dan begitu pula penerima kuasa diberikan kuasa unutuk membuat dan mengajukab segala macam surat yang dibutuhkan dan menandatanganinya agar selanjutnya dapat dilakukan tindakan menurut hukum yang berlaku, dengan kata lain penerima diberikah hak dan wewenang seluas-luasnya selama tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku guna membela kepentingan pemberi kuasa dalam perkara yang sudah disebutkan di atas.

Demikian surat kuasa ini diberiakn agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin, dengan hak retensi serta hak substitusi baik sebagian maupun seluruhnya yang dikuasakan ini kepada orang lain.

Bandar Lampung, 21 Maret 2019

PENERIMA KUASA, PEMBERI KUASA,

Indah Ariana, S.H., Muhammad Akbar

Contoh surat cerai secara kekeluargaan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sejujurnya bahwa:

Nama : Muhammad Akbar
Tempat/Tgl.Lahir : Bandar Lampung, 27 Mei 1980
Pekerjaan : Pegawai Bank
Agama : Islam
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

Nama : Khairunnisa
Tempat/Tgl.Lahir : Bandar Lampung, 15 Januari 1982
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
Agama : Islam
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

Bahwa dengan ditandantanganinya surat ini maka kedua belah pihak menyatakan sepakat untuk bercerai dan mengakhiri hubungan sebagai suami istri karena adanya tidak harmonisan dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, tidak ada lagi urusan diantara kedua belah pihak selain mengenai urusan anak kandung.

Demikian surat pernyataan ini dibuat oleh kedua belah pihak secara sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Yang membuat pernyataan
Pihak Pertama Pihak Kedua

Muhammad Akbar Khairunnisa

Saksi :
1. Satrio Panalaran
2. Willy Nugroho
3. Aisyah Nurhidayah

Contoh surat cerai sepihak

SURAT PERMOHONAN CERAI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Akbar
Tempat/Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 27 Mei 1980
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan
Pekerjaan : Pegawai Bank

Pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani menyatakan bahwa telah menceraikan istri bernama :

Nama : Khairunnisa
Tempat/Tanggal lahir : Bandar Lampung, 15 Januari 1982
Alamat : JL. Raden Gunawan No 101 Desa Kebun Bibit, Hajimena, Lampung Selatan
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Demikian surat pernyataan ini saya buat secara benar dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Yang Menyatakan
Suami Istri

Muhammad Akbar Khairunnisa

Baca Juga: Hukum Istri Mengucapkan Cerai, Ini Penjelasannya

Itulah kumpulan contoh contoh surat cerai talak dengan ragam jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Namun, jika bisa rujuklah kembali, jangan bercerai.

Namun jika memang perceraian adalah jalan yang benar-benar baik untuk ditempuh, bercerailah dengan baik baik, dan contoh contoh di atas semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa di lain artikel. Salam.

3 thoughts on “Contoh Surat Cerai Talak: Suami dan Istri, Beserta Formatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *