Contoh Percakapan Dengan Calon Mertua Paling Sederhana

contoh percakapan dengan calon mertua

Infokua.com – Contoh Percakapan Dengan Calon Mertua kerap menjadi sebuah pilihan diksi bagi mereka yang tengah melangkah hubungan yang lebih serius.

Bahkan, percakapan dengan orangtua dari calon pasangan kita, hingga kini masih menjadi Momok yang menyeramkan. Membuat kamu keringet dingin saat memulai percakapan.

Nervous yang gak bisa kamu kontrol dapat membuatmu salah tingkah lho dihadapan camermu. Percakapan dengan calon mertua menjadi salah satu hal yang wajib kamu praktekan.

Pendekatan ini bisa membuat calon mertuamu segan dengan kamu. Sekaligus membuat mereka yakin akan dirimu.

Oke…. Di sini saya dan info kua bakal kasih kalian contoh-contoh percakapan kepada calon mertua menggunakan berbagai Bahasa. Mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, hingga Bahasa Jawa.

Ketika kalian berkunjung ke rumah pasangan kalian, hal yang kalian pertama kali harus kamu tau adalah suku dari pasanganmu.

Sesuaikan bahasa yang mereka gunakan dengan bahasa mu. Tentunya kamu perlu belajar bahasa dari pasanganmu.

Contoh Percakapan Dengan Calon Mertua Dengan Bahasa Jawa Halus

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika bertemu dengan calon mertua adalah perkenalan. Perkenalkan diri kamu dengan bahasa yang mereka kuasai.

Yang tentunya dengan sopan santun. Kesan pertama akan mereka dapatkan untuk pertama kalinya saat kamu memperkenalkan diri dan menyatakan maksud kedatangan.

Di bawah ini contoh perkenalan dengan Bahasa Jawa khusus untuk kamu. Yang calon mertuanya ber-suku Jawa.

Kamu akan mendapat nilai plus tersendiri jika perkenalan menggunakan bahasa Jawa Halus. Hal ini dikarenakan kamu dianggap bersikap sangat sopan, terhadap yang lebih tua.

Hal ini juga membuat lawan bicara kamu atau calon mertua kamu merasa dihormati.

Sebab, pada intinya kenapa harus lebih halus dan menata bahasa dengan baik, intinya mereka (calon mertua)-mu itu adalah seseorang yang harus kamu hormati dan segani.

Untuk memperkenalkan diri pada yang lebih tua seperti calon mertua. Dalam berbicara dengan yang lebih tua, kamu diharuskan menggunakan bahasa Jawa kromo/krama/halus.

Seperti dibawah ini….

  • Kamu : “Sugeng enjing Pak,Bu…” Artinya adalah selamat pagi Pak,Bu.
  • Calon mertua : “Sugeng enjing lee”. Artinya adalah selamat pagi *Lee = anak laki-laki .
  • Kamu : Nami kula Rama. Kula niki rencange Dewi. Artinya adalah nama saya Rama. Saya ini temannya Rani.
  • Calon mertua: ” Rupane sampean rencange Dewi too …” Yang berarti owalah  dirimu ternyata temannya Rani.
Baca:  Tata Cara Tunangan dan Hukum Dalam Pandangan Islam

Dialog singkat diatas merupakan contoh percakapanmu dengan calon mertua. Tapi pada dialog tersebut kamu mengaku sebagai teman anaknya, ya meski disebut kalian pacaran.

Untuk permulaan perkenalan, percakapan di atas bisa dipraktekan. Selain dialog dengan menggunakan Bahasa Jawa, saya juga bakal contoh dialog dengan Bahasa lain. Seperti: Bahasa Sunda dan Bahasa indonesia.

Contoh Percakapan Dengan Calon Mertua Dalam Bahasa Sunda

Ada beberapa contoh percakapan dengan calon mertua dengan menggunakan bahasa Sunda, salah satunya seperti contoh berikut ini:

  • Kamu : Assalamualaikum, Abah?
  • Camer : Waalaikumsallam.
  • Kamu : Kumaha damang, Bah? Artinya, bagaimana kabarnya, Pak?
  • Camer : Pangesto, Kumaha simulihna? Artinya, baik, bagaimana denganmu
  • Kamu : Alhamdilillah atuh abah,  Abdi pangesto. Artinya, Alhamdulillah jika begitu Pak, saya juga Baik.
  • Camer : Aya naon den, datang ka dieu? Artinya, ada apa kamu datang kemari.
  • Kamu : Abdi ngan rek diondang si Rani muterkeunana, Bah… Artinya, tak ada apa-apa bah hanya ingin mengaja rani main saja .

Percakapan di atas berisi bahwa kamu datang ke rumah hanya ingin mengajak rani main saja, tak ada maksud lain. Selain percakapan dengan berbagai Bahasa Sunda di atas, bisa juga pada umumnya bahasa, yakni Indonesia.

Contoh Percakapan Dengan Calon Mertua Dalam Bahasa Indonesia

Dan berikut ini adalah contoh contoh percakapan dengan bakal menjadi mertua dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Info kua menyediakan contoh bahasa Indonesia mengingat tak semua orang bisa dengan bahasa daerahnya sendiri. Jangan lupa di praktekan yak…

CM : Calon Mertua – Fulan : Kamu

  • Fulan : “Assalamualaikum, Pak ??”
  • CM :  “Waalaikumsallam, silahkan masuk. Namanya siapa Dik?”
  • Fulan : “Fulan Pak”
  • Calon mertua : “Nama yang bagus sekali. Orang mana dik Fulan?”
  • Fulan : ……
Baca:  Cara Mengurus Surat Cerai, Gratis dan Bisa Buat Sendiri

Setelah kalian membaca ketiga contoh percakapan. Ada informasi lain yang bisa kamu tambahkan untuk bisa disampaikan maksud kedatangan.

Bahkan tak hanya percakapan langsung. Dalam bentuk pesan atau chat pun terkadang kita harus memilih diksi percakapan yang baik dan benar.

Contoh SMS Ke Calon Mertua

Chat ini biasanya dikenal dengan SMS ya. Masih tenar SMS ini ya. Jadi tak sekedar chat whatsapp, BBM, dan lainnya. Etika SMS ke calon mertua pun sebaiknya diperhatikan.

Tentu hal hal ini akan membuat kita ragu-ragu untuk mengirimnya. Terlebih untuk calon mertua he.. hee..

Pasti di antara kalian ada yang pernah suda mengetik panjang lebar, tapi ragu untuk mengirim pesannya. Nah ada beberapa cara sih yang bisa kita lakukan.

Yang dijamin bakal mempererat hubungan kamu dengan calon mertuamu. Berikutnya ini adalah cara kirim SMS ke calon mertua. Cek dibawah yaa….!!

  • Anda: Assalamualaikum bu. Apa kabar ? (Basa-basi itu penting lho..)
  • Camer : Waalaikumsallam, Alhamdulillah baik nak, bagaimana denganmu?
  • Anda : Syukur kalau begitu bu. Saya juga dalam keadaan yang baik. Jika boleh tau ,apa boleh jika saya mengajak Riri jalan-jalan di sekitar taman, Bu…?
  • Camer : Ndak papa nak, ibu izinkan kalian jalan ke taman.

Oh iya, kalau kirim sms yang penting itu di awali salam, tanya kabar, terus tanya sedang apa, baru sampaikan maksud, dan ucapkan terimakasih, dan kalimat penutup lainnya. Kaya pidato ya. Sepertinya begitu.

Nah jangan lupa saat SMS jangan singkat-singkat. Siapa tahu calon mertuamu nggak tahu bahasa singkatan. Dan jangan pakai bahasa atau ketikan alay ya. Yang ada angka empat menggantikan huruf A.

Ketikannya juga biasa aja, jangan besar kecil nggak karuan.

Cara Menelpon Calon Mertua

Tak sekedar bercakap langsung, tak sekedar kirim pesan atau SMS. Saat nelpon pun ada etika berbicara kepada calon mertua atau yang lebih dituakan. Apalagi ini bakal jadi orang tua kamu juga nantinya.

Baca:  Modal Nikah 3 Juta, Cukupkah? Ini Rincian Biaya Termurahnya

Jadi ada cara menelpon calon mertua dengan baik dan benar. Intinya adalah kamu bisa bersikap sopan, dan ramah. Nih beberapa tips menelpon calon mertua.

  1. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mental. Siapkan dulu banyak keberanian untuk memulai menelpon camer. Siapkan juga kata kata yang akan digunakan. Atau pokok bahasan yang akan disampaikan ke camer.
  2. Kedua, setelah keberanian muncul mulailah telpon camermu. Buka dengan salam sebagaimana mestinya. Setelah itu kalian bisa lakukan sedikit basa-basi untuk mencairkan suasana. Seperti menanyakan kabar ,ataupun sudah makan atau belum.
  3. Selanjutnya, sampaikan maksud dan tujuan anda menelpon. Setelah tersampaikan tutuplah percakapan dengan salam penutup. Tetap menggunakan Bahasa yang sopan yaa.

Itulah tiga kekuatan yang harus dikumpulkan terlebih dahulu sebelum menelpon calon mertua.

Tips Mendekati Calon Mertua

Selanjutnya bagi wanita yang kerap dilanda bingung, bagaimana cara mendekati calon mertuanya, ada beberapa cara sebagai berikut:

  1. Hal yang sangat mudah untuk mendekati calon mertua bagi wanita adalah dengan sering berkomunikasi. Baik secara langsung maupun secara online atau memalui handphone.
  2. Tindakan yang dapat dilakukan sebagai langkah kedua, yakni sering mengunjungi kediaman camer. Dengan sering mengunjungi rumah camer secara tak langsung kalian menjalin chemistry lebih.
  3. Sering-sering membawa hadiah untuk camer. Hadiah tak perlu mewah. Menjadikan kue sebagai hadiah, dapat membuat camer bahagia.
  4. Yang terakhir adalah sering menghabiskan waktu bersam dengan camer. Misal, belanja bareng, dan juga jalan-jalan bareng.

Disela-selsa pendekatan kalian ke camer. Kalian juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan seputar doi kalian. Semisal ; makanan apa saja yang menjadi favoritenya?

Atau bisa juga bertanya tentang bagaimana cara membuat makanan yang lezat, dan kalian bisa juga menanyakan masa kecil pasangan kalian ke camer.

Itulah tadi ulasan tentang segala sesuatu tentang contoh contoh percakapan dengan calon mertua dengan memperhatikan diksi diksi kalimat, mulai cara berkomunikasi hingga pertanyaan yang dapat diajukan kepadanya.

Semoga membantu dalam proses pendekatan dengan calon mertua yaa…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hak Suami Atas Istri? Simak Baik-Baik, Ini Penjelasannya

Jum Jan 25 , 2019
Infokua.com – Hak Suami Atas Istri ini pernah diriwayatkan oleh Tamim Ad-Dari, kata dia, bahwasaannya Rasulullah bersabda: “Hak suami atas istrinya: ia tidak boleh meninggalkan tempat tidur suami, harus menerima dengan baik bagian yang diberikan suami, mentaati perintahnya, tidak keluar rumah kecuali atas izinnya, dan tidak memasukkan (orang) yang tidak disukai […]

You May Like