Biaya pernikahan 10 juta
Biaya pernikahan 10 juta

Biaya Pernikahan 10 Juta? Ini Contoh Rincian Paketnya

Diposting pada

Infokua.com – Biaya Pernikahan 10 Juta adalah gambaran besaran modal nikah yang harus dikeluarkan. Jadi apakah budget yang disiapkan untuk nikah ini pas, dan bisa melaksanakan resepsi pernikahan sederhana atau seperti apa?

Karena memang biasanya rincian biaya pernikahan ini kerap menjadi batu sandungan bagi muda mudi untuk menikah. Karena masih beranggapan bahwa nikah itu mahal, butuh banyak modal biaya.

Padahal ada banyak modal nikah 3 juta tapi mereka bisa menikah. Sederhanya lagi, ada yang persiapkan budget nikah 10 juta 2019 ini bahkan ada yang rincian biaya nikah 5 juta, sampai sampai kisahnya viral di sosial media.

Ini mengartikan bahwa menikah itu sederhana, ada paket nikah 10 juta 2019 ini dan ada juga dikisara budget nikah 15 juta. Tergantung kita ingin melangsungkan prosesi pernikahan ini bagaimana?

Jika nikah di gedung pastinya tinggi sekali biaya nikahnya. Karena biaya nikah di gedung bisa mencapai ratusan juta. Apalagi gedung yang dipakai kelasnya sudah bonavit seperti di hotel. Tentu biaya pernikahannya akan tinggi.

Untuk itu, bagi yang ingin nikah di 2019 dan 2020 ini, namun terkendala dengan modal nikah, yang pertama kali harus diselesaikan adalah persepsi bahwa menikah dengan sederhana tetaplah sah di mata agama.

Untuk itu Info KUA ingin mencoba mencari tahu banyak informasi tentang biaya pernikahan ini. Termasuk kali ini yang akan dibagikan artikelnya yakni tentang biaya pernikahan 10 juta? Apakah bisa? Jawabannya bisa.

Biaya Pernikahan 10 Juta 2019

Biaya pernikahan 10 juta
Biaya pernikahan 10 juta

Kira kira di tahun 2019 – 2020 ini dengan budget nikah 10 juta 2019 dapat apa saja? Dan kira kira prosesi pernikahannya sejauh apa? Apakah bisa dengan pesta.

Jadi jika memang yang saat ini anda miliki hanya uang 10 juta untuk menikah ini dirasa khawatir kurang, coba saja menikah dengan beberapa tips berikut ini. Melakukan pernikahan dengan hemat budget.

Bahkan kita bisa hanya dengan modal nikah 3 juta. Jadi sisaya Rp7 juta bisa digunakan untuk bulan madu? Ya asalkan saran berikut ini dijalankan.

Untuk modal nikah 3 juta – biaya nikah 5 juta misalnya, beberapa hal yang dikeluarkan untuk menjadi biaya adalah sebagai berikut:

  1. Nikah di KUA sesuai jam kerja dan waktu yang ditentukan KUA, dan menikah di gedung balai pernikahan KUA. Inshallah sesuai ketetapan No 48 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004.
  2. Mas kawin / mahar cincin emas 1 gram 500 ribu. Kalau gunakan 3 gram sudah Rp1,5 juta.
  3. Rp500 ribu untuk seserahan seperti baju gamis dan seperangkat alat sholat.
  4. Sisanya Rp1 juta bisa untuk makan makan bersama keluarga besar.
  5. Undangan bisa via Whatsapp atau undangan digital (gratis buat sendiri).

Nah itu jika nikah dengan biaya nikah 3 juta. Kalau biaya nikah 5 juta, maka ada sisa 2 juta lagi yang bisa digunakan untuk melengkapi pesta pernikahan. Atau jika ingin dilakukan akad nikah di rumah biayanya Rp600 ribu.

Ini adalah biaya administrasi dari Kantor Urusan Agama yang nantinya dibayarkan via bank. Jika memang ingin nikah di KUA ada tambahan Rp600 ribu, artinya masih sisa Rp1,4 juta.

Rp1,4 juta ini bisa tambahan makan dan snack jika diundang teman-teman sekolah alumni, teman main, sahabat, dan rekan-rekan lainnya plus dekorasi sewa yang sederhana untuk resepsi tempat pengantin.

Rincian Biaya Nikah Murah

rincian biaya pernikahan
ilustrasi infokua.com

Atau bisa dengan rincian biaya nikah murah berikut ini:

  1. Biaya penghulu KUA untuk akad nikah di rumah Rp600 ribu.
  2. Baju pengantin, make up, dan dokumentasi foto Rp1 juta.
  3. Konsumsi pernikahan (masak sendiri plus kue) Rp1 juta.
  4. Mahar Rp250 ribu seperangkat alat sholat atau uang tunai Plus perhiasan senilai Rp1.750 ribu = Rp2 juta.
  5. Seserahan (baju gamis) Rp200 ribu.

Total biaya yang dikeluarkan Rp4.8 juta, masih sisa Rp200 ribu untuk biaya lain-lain yang tak terduga. Meski modal nikah yang dikeluarkan sederhana, setidaknya menjadi motivasi pernikahan yang lain, bahwa menikah itu murah.

Apabila Anda ingin melakukan resepsi pernikahan dengan budget nikah 10 juta, maka tak perlu khawatir ada beberapa tips yang membuat momen pernikahan lebih spesial, dengan budget yang cukup minimalis.

Daftar Rincian Budget Nikah 10 Juta 2019? Tips Meminimalisir Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan 10 juta
Biaya pernikahan 10 juta

Pernikahan menjadi spesial jika keduanya bisa saling menerima dan saling melengkapi, bukan saling membebani. Menikah murah bukan berarti murahan. Menikah mudah bukan berarti murah.

Inilah sedikit gambaran yang semakin membuat para pejuang halal bingung. Karena memang persoalan mewah pernikahan dinyatakan dengan besarnya budget yang dikeluarkan.

Padahal tidak demikian. Para pejuang halal tetap bisa menikah dengan budget minimalis tapi nuansa tetap romantis, dan spesial istimewa untuk para tamu undangan.

Intinya adalah pernikahan sederhana tak ada masalah, yang penting adalah kesan di mana pernikahan itu sebagai salah satu ungkapan janji suci untuk sehidup semati.

Hmm… Setidaknya juga ada upaya dengan memaksimalkan budget yang dimiliki.

Lalu apa saja tips menikah dengan budget atau biaya pernikahan 10 juta agar tetap terkesan mewah dengan memaknai romantisme pasangan halal di pelaminan. Simak berikut penjelasan lengkapnya:

1. Akad Nikah di KUA

nikah di kua
Ilustrasi Nikah di KUA

Kenapa di KUA? Kenapa tidak dirumah. Tak ada masalahnya. Kan akad nikahnya saja. Akad nikah di KUA seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwsannya gratis, tidak dipungut biaya.

Jika ingin melakukan akad nikah di rumah dikenakan biaya administrasi Rp600 ribu yang harus dibayarkan ke bank rekomendasi Kantor Urusan Agama (KUA) wilayah menikah.

Namun memang sebagian besar memilih untuk nikah di rumah. Namun intinya jika pernikahan seorang muslim rukun nikah dan syarat nikah dalam Islam terpenuhi. Jadi nikah di KUA atau di rumah tak ada masalah.

Akad nikah di KUA sebenarnya adalah melambangkan kesederhanaan, dengan menikmati fasilitas yang diberikan negara untuk seorang muslim yang hendak menikah sesuai UU dan Agama yang berlaku.

2. Resepsi Pernikahan di Rumah

Setelah melangsungkan akad nikah di KUA, mempelai bisa dibawa ke tempat resepsi pernikahan. Resepsi pernikahan tak perlu gedung dengan biaya nikah yang tinggi. Bisa menggunakan rumah yang gratis tanpa sewa.

Sehingga biaya nikah di rumah bisa diminimalisir dan dipusatkan ke kapasitas tamu undangan dan ketersediaan menu makanan dan minuman, dengan sedikit hiburan yang juga murah, namun tetap wah.

Sehingga, tidak perlu lagi memikirkan biaya nikah di gedung, biaya nikah di hotel atau di tempat tempat keramaian yang berbayar lainnya.

Selain itu, resepsi yang berjalan bisa satu hari full. Tidak setengah hari atau beberapa jam. Seperti nikah di gedung atau hotel biasanya hanya 2-3 jam saja.

Jadi bisa sangat menikmati kualitas dengan keluarga, teman, sahabat, rekan bisnis, dan lainnya dengan tempo waktu yang panjang.

3. Baju dan Rias Pengantin

Dengan budget 10 juta, kita masih bisa sisihkan untuk sewa baju pengantin sederhana. Meski tak terlalu mahal, setidaknya bisa tampil lebih istimewa.

Tak perlu beli. Tapi sewa. Sehingga baju pengantin yang digunakan memiliki banyak variasi dan tak membuatmu bosan di pelaminan.

Selain itu, kamu juga masih bisa menggunakan jasa temanmu untuk make up sehigga dapat merias dengan harga terjangkau.

Karena riasan bagus tak perlu harga mahal. Tetapi perlu kawan yang pintar merias dan mengkonsep acara. Dengan begitu budget pernikahanmu tetap aman dan terkendali.

4. Fotografer Pernikahan Murah

Saya jadi ingat, pernikahan seorang teman yang menggunakan jasa temannya untuk menjadi fotografer dan videografer pernikahannya.

Imbal baliknya adalah gantian ketika si fotografer menikah. Nah dari kesimpulan ini artinya kamu bisa memanfaatkan jejaring petermanan untuk membantu menjadi fotografer pernikahan dengan harga yang terjangkau.

Sehingga, nantinya kamu bisa optimal dalam cetak foto. Dan moment romantis pernikahan tetap terabadikan dengan baik. Jadi, pernikahan itu sesederhana itu.

Kisah Viral Biaya Nikah Rp50 juta

Mungkin sub judul di atas biasa saja ya. Tak ada lagi yang asing dengan biaya nikah Rp50 juta. Tapi unggulnya adalah di dekorasi dan semakin bertambahnya kapasitas tamu undangan.

Penulis juga demikian. Kisaran biaya nikah yang dihabiskan di atas Rp25 jutaan. Meski masih di bawah sub judul di atas, sudah bisa dengan hiburan musik dan lainnya.

Nah tentunya kisah kisah pernikahan murah ini bisa menjadi motivasi bahwa biaya nikah itu murah. Bahkan biaya nikah 10 juta ada dan bisa dilakukan.

Setidaknya rincian dan gambaran ini bisa menjadi diskusi bersama sepasang calon pengantin maupun keluarga. Sehingga tidak terbebani dan tidak membebani.

Kisah pernikahan viral lainnya juga bisa kita cermati berbagai kisah yang dibagikan di sosial media. Itu juga bisa menjadi gambaran sebenarnya untuk menikah murah.

Contohynya lagi dengan biaya yang dimiliki Rp20 juta, dan untuk tamu undangan sekitar 200 orang. Apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk pernikahan murah ini:

  1. Biaya akad nikah di rumah Rp600 ribu
  2. Baju pengantin, make up, dan jas pria Rp1,5 juta.
  3. Cincin mas 5 gram (mahar atau mas kawin pernikahan) Rp2.800.000
  4. Catering (makanan dan minuman tamu undangan) Rp6 juta.
  5. Undangan dan souvernir Rp700.000
  6. Tenda, sound dan hiburan Rp2 juta.
  7. Seserahan Rp1.5 juta.

Total Rp15.100.000, dana yang disiapkan Rp20 juta. Sisa Rp4,9 juta bisa untuk bulan madu. Asik nggak. Bahkan bisa lebih murah, ketika seserahan dibuat sendiri.

Baca Juga: Syarat Menikah Bagi Laki Laki Menurut Islam & KUA 2019/2020

Itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang bagaimana mengkalkulasi rincian biaya pernikahan 10 juta. Semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk para pejuang halal. Sekian. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *