Biaya Nikah di Gedung

Biaya Nikah di Gedung 2019-2020, Ini Rinciannya

Diposting pada

Infokua.comBiaya Nikah di Gedung. Ada banyak hal persiapan yang bisa diperhitungkan untuk kamu yang segera atau akan menikah. Di antaranya adalah rincian biaya pernikahan 2019 ini.

Terutama bagi kamu yang akan nikah di gedung, baik biaya nikah di Gedung Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, Lampung, dan wilayah lainnya.

Tentu perhitungannya adalah berapa besaran biaya gedung tempat untuk melakukan pernikahan. Berapa biaya nikah yang dikeluarkan.

Biasanya hal hal ini menjadi penting dan sangat diperhitungkan setelah biaya nikah di KUA. Karena memang pernikahan adalah salah satu momen yang paling dinantikan sebagai salah satu acara ikatan janji suci sekali seumur hidup.

Namun pernikahan memang tak melulu soal gedung, tergantung motivasi menikah dari masing masing calon. Karena banyak juga yang melakukan pernikahan secara sederhana, asal, rukun nikah telah terpenuhi.

Sehingga nantinya syarat nikah dalam Islam bagi pasangan muslim juga terpenuhi, sehingga pernikahan dapat dilangsungkan tanpa hambatan.

Bahkan masing masing pasangan mengetahui tugasnya, hak dan kewajibannya dalam berumah tangga. Misal tugas istri kepada suaminya. Begitu sebaliknya.

Biaya Nikah di Gedung 2019

Biaya Nikah di Gedung
Biaya Nikah di Gedung

Namun sejak 2018, dan kini 2019, bahkan 2020, dan 2021 mendatang pernikahan di gedung biasanya menjadi pilihan. Terlebih mereka yang memang berasal dari keluarga yang kaya atau keluarga terhormat di daerahnya.

Setidaknya pernikahan di gedung seperti hotel, atau di outdoor seperti taman, pantai dan lokasi lokasi wisata menjadi pilihan. Bahkan tak sedikit yang menggunakan WO atau Wedding Organizer.

Nah kira kira berapa biaya nikah tersebut, yuk kita simak beberapa penjelasan yang Info KUA kumpulkan:

Ada perencanaan dalam menentukan lokasi dan model pernikahan di gedung. Beberapa wedding organizer sepertinya juga bergeliat sebagai bisnis usaha pernikahan.

Tak hanya menawarkan make up pengantin, tetapi juga konsep pernikahan, hiburan, hingga pada catering pernikahan atau dengan nama lain makanan dalam pesta undangan.

Beberapa hotel bahkan memiliki konsep dan WO sendiri. Dari harga jutaan, ratusan juta, hingga miliaran rupiah dirilis disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan.

Bahkan, WO dan hotel sebagai tempat menikah ini sangat mudah kita temui di Kota Kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bekasi, Bogor, Jogja, Lampung dan lainnya.

Tentu ini artinya nikah di gedung harus menerima konsekuensi bahwa biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Kamu bisa sesuaikan dari konsep dan biaya peket pesta pernikahannya.

Bisa memilih dari harga paket yang murah, dan ada juga yang termahal. Tentu jika di hotel akan disesuaikan dengan bintang berapa tempat akan dilaksanakan menikah.

Jika di gedung, seberapa bonafit dan lengkapnya tempat tersebut.

Ini juga disesuaikan dengan bujet anggaran yang kita miliki. Bahkan, Info KUA juga sudah pernah menulis tentang beberapa hal beirkut ini:

Rincian biaya pernikahan

Seandaianya, resepsi pernikahyan yang akan digunakan adalah pernikahan tradisional Jawa, maka ada beberapa hal yang umum kita gunakan, dan ada beberapa hal yang khusus yang harus dipersiapkan.

Yang akan dikeluarkan untuk nikah di gedung adalah, terdiri dari:

  • biaya sewa gedung
  • biaya dekorasi,
  • biaya makanan/catering,
  • biaya undangan,
  • biaya souvenir (Cek di sini: Souvenir Pernikahan 2019)
  • biaya sewa hiburan di gedung,
  • biaya sewa pakaian adat Jawa, dan lainnya.

Ini hal hal yang dasar dari yang umum hingga yang khusus, biaya sewa pakaian adat Jawa. Jika yang dilakukan nikah adat Bali, atau pernikahan adat Lampung tentu biaya sewa pakaiannya akan berbeda lagi.

Rincian Biaya Nikah di Gedung

rincian biaya pernikahan
ilustrasi infokua.com

Berbicara rincian biaya nikah ini tentunya tak jauh jauh dari besaran yang harus dikeluarkan. Untuk biaya gedung misalnya, tergantung tempat yang dipilih.

Harga sewa gedung pernikahan ada yang paling murah Rp8 juta untuk per 3-4 jam. Namun ada juga yang mencapai puluhan juta, dari Rp28-60an juta. Lagi lagi ini tergantung jenis gedung dan fasilitas yang akan disewa.

Bahkan, ada juga harga sewa gedung pernikahan di Jakarta bisa mencapai sekitar Rp97 jutaan untuk 500 – 1.000 orang tamu undangan.

Ini berbeda antara biaya nikah di Gedung Jakarta dan biaya nikah di gedung Bandung, Bekasi, Jogja, Surabaya, Medan lainnya.

Di Jogja bahkan beberapa teman ada biaya paling murah untuk sewa gedung pernikahan, di angka kisaran Rp2-5 juta ada. Tentunya dengan kapasitas daya tampung yang juga disesuaikan.

Untuk di Jakarta memang harga biaya gedung sangat tinggi. Rincian yang harus dikeluarkan melakukan pesta pernikahan cukup dinilai fantastis jika gunakan gedung atau hotel.

Untuk itu, bisa dicek terlebih dahulu, masing masing hotel menawarkan rate harga berapa, hal ini bahkan bisa kita temui dan lihat di pameran Indonesia International Wedding Festival di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Biasanya ada event-event yang bisa kita ketahui untuk rincian paket pernikahan. Sehingga kita bisa memilih yang terbaik dan sesuai bujet anggaran.

Baca juga: Contoh Mas Kawin Pernikahan Anjuran Nabi

Sehingga rincian yang akan dikeluarkan nantinya tidak terlalu mengkhawatirkan dana yang kita miliki. Namun untuk sekedar diketahui, biasanya, harga biaya yang ditawarkan rinciannya sebagai berikut:

  • Biaya nikah di gedung mulai Rp40 juta sampai miliaran rupiah.
  • Contoh gedung pernikahan yang bisa digunakan adalah Ballroom Mal Taman Palem di Jakarta Barat dengan dua paket pernikahan untuk 300 tamu dan 500 tamu.
    • Untuk 300 tamu waktu penggunaan selama 3 jam, makanan pembuka, 5 menu makanan utama, makanan penutup, rangkaian bunga di meja buffet dan penerima tamu, dekorasi, MC dan sound system, dekorasi, dan ruangan VIP dikenakan biaya Rp 45 juta.
    • Untuk paket 500 tamu biaya Rp111 juta ada penambahan waktu penggunaan, menu makanan, ice carving, 2 botol sparkling wine, dan 20 porsi makanan untuk keluarga.
  • Selain itu, ada Novotel Bogor dengan fasilitas kamar menginap bagi pasangan, massage/pijat bagi pengantin, hingga foto prewedding.
    • Paket minimal 500 tamu, rinciannya: Lily Package Rp185 ribu per tamu atau mulai dari Rp92 juta, Tulip Package Rp215 ribu per tamu, Rose Package Rp244 ribu per tamu.
    • Menikah murah di Novotel bisa dilakukan hari Senin dengan paket Love Monday, Package Rp149 ribu per tamu, dan ada juga paket untuk 500 orang seharga Rp170 ribu yaitu Orchid Package.
  • Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, harga untuk 250 orang dikenakan Rp218 juta, untuk 800 orang dikenakan Rp708 juta, dan untuk 1.200 orang dikenakan Rp999 juta atau hampir Rp1 miliar.

Harga di atas estimasi. Untuk lebih jelas dan detil serta updatenya bisa ditanyakan langsung ke manajemen, begitu juga tentang diskon maupun promo yang dibeirkan.

Tips Nikah Murah

gambar rincian biaya nikah murah
gambar rincian biaya nikah murah

Selain itu, ada beberapa tips untuk nikah di gedung 2019 dan 2020 ini dengan murah. Yakni, dengan memaksimalkan penawaran wedding organizer  (WO).

Biasanya ada banyak jenis paket pernikahan yang ditawarkan yang lebih terjangkau, bahkan harganya paket, mencakup makanan, riasan, dekorasi, dokumentasi dan lainnya.

Rata-rata biaya paket pernikahan di gedung oleh WO ini dikisaran untuk 600 pack, dengan biaya Rp68.850.000. Apa saja yang didapatkan sebagai berikut:

contohnya:

  • Makanan: Buffet utama 500 porsi, termasuk nasi putih, nasi goreng, sup kimlo / bakso tahu, ikan asam manis / rica-rica, ayam goreng mentega, asinan / capcay, puding, aneka buah potong, snack, kerupuk, dan air putih.
  • Pondokan, termasuk menu-menu tambahan, contohnya sate ayam + lontong, siomay, soto ayam, es krim.
  • Rias dan busana pernikahan. Contohnya terdiri dari rias dan busana akad pengantin, rias resepsi & busana pengantin, rias + kain ibu 2 orang, beskap komplit untuk bapak 2 orang, rias & busana 4 pasang among, dan rias & busana 4 orang penerima tamu.
  • Dokumentasi: dengan minimal 1 album kolase digital, video shooting, studio mini, transfer DVD.
  • Pelaminan & Dekorasi: meliputi pelaminan gebyok/modifikasi maxksimal 10m, plus taman pelaminan
  • 3 pasang standing flower, dekorasi meja buffet keluarga, dekorasi meja penerima tamu, gazebo selamat datang, umbul-umbul 1 buah, serta MC resepsi.
  • Ada juga bonus snack box untuk 100 box, 2 standing foto (dipinjamkan), dan 50 porsi bufet keluarga.

Baca juga: Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat, Ini Dalilnya

Penjelasan keterangan catatan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Ada harga yang ditawarkan dengan gedung. Namun ada juga yang belum termasuk dengan sewa gedung. Bahkan pengantin bisa memilih gedungnya sendiri.
  2. Harga biasanya ada cas tambahan 10%.
  3. Pangung biasanya disiapkan pengelola gedung.
  4. Terkait pernikahan adat biasanya ada tambahyan biaya, untuk yang tidak dimiliki oleh WO.
  5. Jika ingin murah, pastikan tanggal sesuai, dan ketersediaan gedung, serta tidak dalam antrian yang banyak.

Tips lain memilih WO adalah pastikan yang berpengalaman. Meski murah tapi bukan murahan, dan bukan WO abal-abal. Sebab, ini pesta yang disajikan harus maksimal. Karena menyatukan tamu undangan dan dua keluarga.

Itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang apa saja yang dibutuhkan dalam menikah di gedung, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk nikah di gedung.

Biaya nikah di gedung ini juga harapannya selain bisa terlaksana pernikahan dengan baik dan sesuai konsep keinginan, juga tujuan akhirnya adalah pernikahan harapan doa dan keberkahan dua insan yang menjadi satu dalam rumah tangga.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga artikel tentang biaya nikah di gedung ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian yang bisa disampaikan. Terimakasih. Salam.

3 thoughts on “Biaya Nikah di Gedung 2019-2020, Ini Rinciannya

  1. Hallo calon pengantin, mau menikah di gedung mewah tanpa ribet dan budget oke? HIS BALAI SUDIRMAN PERWIRA jawabannya! Hijau Indah Selaras Wedding Venue & Organizer bakal bikin mimpi kamu jadi nyata. Kami menyediakan ALL IN WEDDING PACKAGE, gak perlu khawatir karena kita sudah cover :
    – Fasilitas Gedung (Full AC & Full Karpet)
    – Catering
    – Dekorasi
    – Rias & Busana
    – Entertainment
    – Photography
    – Wedding Organizer

    Gak cuma itu, kamu juga bakal dapet banyak bonus seperti HONEYMOON ke THAILAND dan FOODSTALL MILENIAL seperti BASKIN ROBINS atau HONGTANG. Book your date! Whatsapp : 087719024207, Email : ola.hiscorp@gmail.com

  2. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

  3. Dear Calon Pengantin,
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Ballroom Full Carpet
    AC Central + 10 Standing AC
    Ceiling tinggi di 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    Area Parkir Luas
    Free Parkir untuk Tamu Undangan
    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    Wedding Organizer Profesional
    Wedding Consultant & Wedding Planner
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 082218073807 (Dita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *