Berapa Lama Proses Perceraian
Berapa Lama Proses Perceraian

Berapa Lama Proses Perceraian, Ini Jawaban Lengkapnya

Diposting pada

Infokua.comBerapa lama proses perceraian? Mungkin itu yang kerap menjadi pertanyaan ketika proses persidangan di Pengadilan Agama yang berlangsung berlarut-larut dan belum tahu kapan akan selesai.

Bahkan tak sedikit pula, yang bertanya di awal tentang prosesi sidang, khususnya tentang proses cerai talak. Bahkan ada yang ingin sesegera mungkin, jadi proses cerai paling cepat pun ditempuh agar perceraian segera terjadi.

Ini sebenarnya bukan sekedar berapa lama proses perceraian saja. Dan bukan hal terkait lainnya tentang pertanyaan apakah sama dengan berapa lama sidang cerai ghoib?

Tetapi ini juga tentang berapa biaya perceraian yang harus dikeluarkan? Belum lagi nantinya kita akan menghadapi berapa lama akta cerai keluar setelah putusan.

Maka jika ingin cepat maka ada banyak hal yang harus dipersiapkan sehingga benar-benar siap, dan tak mengganggu proses persidangan.

Untuk itu, syarat syarat pengajuan cerai harus dipersiapkan dengan baik. Persoalan nantinya sidang cerai tergugat tidak hadir itu menjadi penilaian tersendiri dalam persidangan.

Silakan dipelajari lebih lanjut, baca juga: Syarat Pengajuan Cerai : Suami – Istri & Biaya Gugatannya.

Namun biasanya semakin banyak pertanyaan sidang perceraian, maka berapa lama proses perceraian tentunya akan semakin lama. Apalagi jika nantinya dihadapkan tentang harta gono gini.

Berapa Lama Proses Perceraian di Pengadilan Agama

Berapa Lama Proses Perceraian
Berapa Lama Proses Perceraian

Namun beberapa pertanyaan di atas, berikut beberapa hal yang bisa dijelaskan secara gamblang. Dalam artian, apakah kita bisa mengurus proses perceraian dengan cepat, tanpa harus berlarut-larut.

Sehingga, semua persoalan segera selesai, tanpa harus memakan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tapi tenang. Bahkan, kita pernah melihat di televisi para artis, yang proses perceraiannya terkategori cepat.

Berikut beberapa hal yang bisa kita ketahui, di antaranya adalah pendapat Prof. H. Hilman Hadikusuma S.H. tentang lamanya proses perceraian.

Di dalam buku Hukum Perkawinan, menurutnya, proses perceraian berlangsung kurang lebihnya selama 30 hari terhitung dari berkas gugatan perceraian dilayangkan oleh penggugat baik suami maupun istri.

Bahkan, dalam prosesnya, dan pada saat menentukan tanggal persidangan perceraian, hakim dan pihak pengadilan setempat melakukan proses perceraian akan mempertimbangkan tenggat waktu pemanggilan.

Selain itu juga terkait waktu diterimanya surat gugatan oleh tergugat. Maka, jika tergugat berada di lokasi yang tak jauh dari tempat akan dilakukan persidangan maka proses akan relatif cepat.

Namun, jika saja, pihak tergugat ternyata berada di luar negeri, maka pemeriksaan gugatan perceraian dapat dijadwalkan kurang lebihnya selambatnya 6 bulan terhitung gugatan perceraian masuk ke pengadilan.

Dalam hal ini, dapat disimpulkan, bahwasannya, proses perceraian di pengadilan ini diperkirakan akan memakan waktu maksimal selama 6 bulan.

Hal ini terjadi, baik proses di tingkat Pengadilan Agama maupun proses perceraian di tingkat Pengadilan Negeri.

Faktor – Faktor Proses Perceraian Berlangsung Lama

Adapun faktor faktor yang menyebabkan proses perceraian dapat terjadi hingga berlarut-larut sehingga memakan waktu persidangan yang lama karena ada beberapa penyebabnya.

Biasanya faktor yang kerap terjadi adalah proses perceraian antara kedua belah pihak suami istri yang bersengketa berlangsung pelik, Sehingga waktunya lebih dari satu bulan belum diputuskan.

Namun faktor faktor penyebab proses perceraian berlangsung lama lainnya adalah:

1. Sidang cerai tergugat dan pengguat tidak hadir :

Jika tak ada kehdarian dari kedua belah pihak, maka proses perceraian di pengadilan berlangsung lama. Jadi ketika ditanya berapa lama proses perceraian ini tergantung dari kedua belah pihak untuk mentaati jadwal yang sudah ditentukan.

Belum lagi, nantinya, di dalam persidangan perceraian, pimpinan sidang akan memberikan kesempatan untuk dapat memberikan pembuktian serta menjawab duplik.

Namun jika sidang cerai tergugat tidak hadir, meski sama sekali tak hadir, maka proses perceraian dapat selesai dengan cepat. Bahkan hanya dalam waktu 2-3 kali persidangan.

2. Kesiapan para pihak menghadapi proses sidang cerai

Selanjutnya faktor yang menghambat adalah faktor kesiapan, mental menghadapi proses persidangan cerai yang telah dijadwalkan.

Hal ini juga dalam hal ketidakmampuan pihak yang terlibat dalam menuruti beberapa hal yang menjadi ketentuan pengadilan. Sehingga, imbasnya adalah lamanya proses perceraian yang tengah berlangsung.

Contohnya saja, ketika tergugat dijadwalkan memberikan kesaksian atau dijadwalkan memberikan jawaban, namun jadwal yang sudah ditentukan, justru tergugat belum siap.

Maka dalam hal ini, pihak majelis hakim bisa mengundur jadwal persidangan yang berlangsung sampai pekan berikutnya.

3. Jenis perkara perceraian yang tengah dipersidangkan

Selanjutnya, faktor menghambat berapa lama proses perceraian ini juga akibat dari jenis perkara perceraian yang tengah dihadapi.

Dalam hal ini, dimaksudkan, pada tingkat Pengadilan Agama, diketahui ada dua jenis perceraian yakni gugat cerai dari pihak istri dan cerai talak pihak suami.

Jikalau perceraian yang diajukan oleh pihak laki-laki, maka proses perceraiannya berlangsung lebih lama, dari pada yang diajukan pihak istri.

Hal ini dikarenakan, pada perceraian talak, ada beberapa proses yang harus dilakukan, di antaranya adalah ikrar talak.

Ikrar talak ini adalah salah satu agendanya pembacaan talak suami di depan persidangan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

4. Jarak tempat tinggal tergugat

Ada beberapa hal yang juga perlu diketahui dalam hal ini, jarak tempat tinggal tergugat juga bisa menjadi penyebab lambatnya proses persidangan cerai di Pengadilan Agama.

Misalnya, tadi, tergugat berada di luar negeri, atau setidaknya di luar kota. Dalam hal ini tentunya pengadilan akan mempertimbangkan faktor waktu dan koordinasi dengan lokasi Pengadilan Agama tempat tinggal terguat.

Hal ini berkaitan tentang penentuan jadwal persidangan. Apalagi, panggilan sidang dari pengadilan tempat dilayangkannya gugatan cerai ke pengadilan di domisili tergugat menggunakan jasa pengiriman.

Hal ini jugalah yang akhirnya menjadi proses semakin lama, karena memakan waktu lebih lama prosesnya juga bertahap.

Setidaknya mulurnya waktu dalam hal ini, berkisar dua minggu untuk memastikan surat pengadilan dapat disampaikan secara patut, atau minimal 3 hari. Ini juga berkaitan tentang berapa lama surat panggilan sidang cerai.

Cara Mengurus Perceraian Secara Cepat

Ada bebeapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses perceraian di pengadilan selain dari syarat cerai suami istri yang harus dipenuhi sebagai dokumen syarat pengajuan cerai.

Ada beberapa faktor yang dapat mengurus perceraian ini bisa berlangsung cepat.  Salah satu faktornya adalah sesuatu hal yang nantinya dapat menguatkan keputusan hakim.

Faktor tersebut adalah alasan – alasan cerai yang disampaikan kepada hakim dalam persidangan. Tentunya alasannya harus sesuai dengan undang-undang perkawinan, yang didalamnya diatur tentang dibolehkannya perceraian.

Silakan dibaca materi hukum perceraiannya, Baca juga: Hukum Perceraian di Indonesia dan Tata Cara Dalam Islam. Beberapa alasan perceraian untuk disampaikan di Pengadilan yang dapat dikabulkan adalah sebagai berikut:

  1. Pihak suami/istri terbukti melakukan tindak aniaya, zina, dan perbuatan melanggar hukum.
  2. Suami/istri pergi tanpa alasan jelas selama 2 tahun.
  3. Suami/istri dikenai sanksi hukum atau kurungan penjara selama lima tahun.
  4. Suami/istri tidak dapat memenuhi kewajibannya karena keterbatasan fisik.

Selain itu, beberapa hal yang menjadi penunjang juga adalah, terkait kesiapan dokumen gugatan cerai. Apakah gugataan yang diajukan memiliki pengaruh dalam mempercepat proses perceraian atau tidak.

Dalam hal ini juga berkaitan tentang berkas gugatan cerai yang dilampirkan, maka perhatikan agar tidak ada kesalahan teknis, seperti pencantuman identitas.

Jika ini terjadi, maka pihak pengadilan dapat menolah permohonan gugatan cerai yang diajukan. Dalam hal ini tentunya pengadilan akan meminta penggugat untuk memperbaiki gugatan dalam jangka waktu tertentu.

Maka tak sedikit agar proses cepat, dan waktu yang dikeluarkan efisien, banyak menggunakan bantuan pengacara dalam hal mengurus proses administratif sampai pengambilan akta perceraian di pengadilan.

Baca Juga: Hukum Perceraian Dalam Islam, Faktor Penyebab & Caranya

Namun saran penulis, sebelum proses perceraian berlangsung, sebaiknya tinjau terlebih dahulu terkait hukum perceraian dalam Islam seperti artikel tertaut di atas.

Selanjutnya, jika memang sudah yakin ingin bercerai lengkapi seperti Syarat Syarat Perceraian Yang Harus Disiapkan & Prosedurnya,

Sehingga dalam proses kedepannya sangat memudahkan. Dan berapa lama proses perceraian yang akan berlangsung tentunya akan lebih cepat, karena semua dokumen telah siap.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

One thought on “Berapa Lama Proses Perceraian, Ini Jawaban Lengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *