alasan menikah

Alasan Menikah di Usia Muda dan Tua, Simak Perbedaanya

Diposting pada

Infokua.com –¬†Alasan Menikah. Ada beragam alasan seseorang melangsungkan pernikahan, baik nikah muda maupun menikah di usia yang sangat matang, dalam hal ini menunda menikahnya di usia yang ideal untuk menikah.

Ragam alasan ini pun bermacam-macam. Bisa jadi, alasan kuat yang menunda pernikahan adalah karena persoalan karir. Dan bagi yang menyegerakan pernikahan karena alasa menikah merupakan bagian memuliahan sunnah.

Nah tentunya ini sangat menarik alasan alasan menikah di ragam usia. Misalnya saja, simak artikel berikut tentang usia ideal menikah:

Baca Juga: Usia Ideal Menikah Dalam Islam Wajib Dipelajari, Baca Disini

Nah di dalam artikel di atas sudah sangat gamblang usia usia ideal yang bisa melangsungkan pernikahan dengan beberapa alasannya.

Namun memang terkadang alasan menunda pernikahan disampaikan juga menurut masing-masing pihak dirasa lebih kuat. Pasalnya karir dan kehawatiran beberapa hal menjadi faktor mereka untuk menikah di umur yang sangat matang.

Namun memang menikah bukanlah hal yang memaksa dan tak dapat dipaksa. Sebab, pernikahan adalah perkara yang peka terkembalikan pada masing-masing pribadi dalam meraih keberkahannya. Sehingga, tak ada yang bisa memaksa.

Alasan – Alasan Menikah

alasan menikah

Ada beberapa alasan yang disampaikan ketika seseorang ingin menikah, baik menikah dengan segera di usia yang sudah pantas untuk melangsungkan pernikahan.

Baik alasan ingin menikah dalam islam yakni di mata agama. Maupun alasan ingin menikah di mata hukum dan undang-undang yang berlaku.

  1. Alasan menikah karena Allah
  2. Menikah karena melibatkan Allah dalam langkah dan pilihan hidupnya.
  3. Menikah untuk memuliakan sunnah.
  4. Menikah karena agamanya, imannya, dan akhlaknya.
  5. Menikah karena ibadah yang besar dan tak terputus.
  6. Menikah karena berharap sakinah di jalan dakwah.
  7. Saat menikah menjadi solusi terbaik bagi kehidupan.
  8. Menikah muda, bahagia bersama sampai tua.
  9. Sama-sama meniti karir, sukses, makmur dengan cinta yang dipupuk karena iman dan kecintaan pada Alla SWT.
  10. Mengharapkan kesegraan hadirnya seorang anak, sebagai komitmen silaturahmi dan berbuat kebaikan di jalan Allah.
  11. Usia sudah matang dan mantap.
  12. Menikah menghindari masalah fitnah dan lainnya.

Kisah Jawaban Alasan Menikahkan Anaknya

Singkat cerita, tentang jawaban alasan menikah dan dinikahkan: Mubarak dan tuannya. Sang tuan dan si tukang kebunnya. Suatu hari, si tuan dipusingkan sesuatu. Sebab, putrinya banyak sekali yang ingin menyunting. Apalagi ini adalah putri semata wayangnya.

Bagi si tuan, pilihan-pilihan sungguh tak mudah, sulit sekali menjawab lamaran yang datang padanya. “Dengan siapa sebaiknya kunikahkan putriku yang satu-satunya ini, hai Mubarak? Bantu aku! Berikan Pertimbanganmu!”

Mubarak pun menjawab dengan berkata santun, “Tuan, kudapati kaum yang menikahkan putrinya dengan pertimbangan nasab semata adalah musyrikin Quraisy. Kudapati, menikahkan anak perempuyan dengan pertimbangan paras dan rupa di zaman ini, dilakukan sebagian orang-orang nasrani,” kata Mubarak.

Belum selesai, ia pun melanjutkan ucapannya, “Kudapati pula, yang sering menikahkan putri mereka dengan pertimbangan kekayaan ialah sebagian Ahli Kitab dari kalangan Yahudi. Maka, bagimu yang seorang mukmi, yang harus kau pertimbangkan soal calon menantu hanyalah agamanya, imannya, dan akhlaknya!” tutup Mubarak.

“Kalau begitu,” senyum si tuan, “aku tak punya piliahan lain. Bersiaplah hai Mubarak, hari ini kunikahkan engkau dengan putriku!”

Dan dari pernikahan Mubarak dan putri majikannya, kelahl lahirlah Abdullah ibn Al-Mubarak, tabiin terkemuka. alim yang zahid, juga seorang mujahid.

Alasan Menikah Dalam Hadist, H.r. Bukhari

Seperti yang telah diriwayatkan dalam hadist riwayat Bukhari:

“Barang siapa menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya, maka Allah akan menambah baginya kerendahan.

Barang siapa menikahi wanita karena harta bendanya, maka Allah akan menambah bagimu kemelaratan. Barang siapa menikahi wanita karena memandang keturunannya, maka Allah akan menambah baginya kehindaan.

Namun barang siapa menikahi wanita karena ingin menundukan padangannya dan menjaga kesucian farjinya atau ingin mendekatkan ikatan kekeluargaan, maka Allah akan membarakahinya bagi istrinya dan membarkahi istrinya baginya.”

Dan alasan menikah menurut nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam tuntunan yang disampaikannya: “Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka, pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” (H.r. Bukhari dan Muyslim, dari Abi Hurairah).

Alasan Menikah Muda

manfaat nikah bagi perempuan

Apa alasan kamu menikah? Ini jugalah yang kerap saya tanyakan kepada teman-teman yang akan melangsungkan pernikahan, termasuk pada diri saya yang menulis tulisan ini dan sedang kamu baca.

Mungkin pertanyaan yang sama yang akan saya sampaikan kepada kamu, apa alasan kamu menikah? Sampai beberapa informasi tentang alasan ingin menikah ini kamu cari dan kamu baca?

Tentu ada beberapa alasan yang kuat yang ingin disampaikan kenapa pada akhirnya kita harus menikah, dan bagaimana memberikan sebuah jawaban alasan menikah muda yang dipertanyakan. Berikut alasan-alasan umum tentang mengapa menikah muda?

1. Menikah Untuk Menghindari Dosa Dan Fitnah

Menikah untuk menghindari dosa dan fitnah adalah salah satu alasan yang kerap dikemukan oleh banyak orang. Selain itu juga, menikah dapat menjauhi godaan pergaulan bebas.

Sehingga memastikan diri untuk menghindari dosa dan fitnah yang keji di lingkungan masyarakat tentu hal yang baik, yakni dengan segerakan pernikahan.

2. Menikah Karena Sudah Lama Kenal

Di Indonesia umumnya menikah karena berawal dari pacaran. Dan ada juga yang menjalankan hubungan pacaran lama sekali.

Sehingga di waktu selesai sekolah dan masing-masing sudah memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang yang cukup, pada akhirnya mereka akan memilih untuk melangsungkan pernikahan.

Nah, inilah muara dari sebuah status pacaran. Yakni, ingin hubungan dibawa ke arah yang lebih serius. Apalagi tak hanya antar dua insan saja yang mengenal, tetapi juga kedua keluarga.

3. Percaya Akan Datangnya Rezeki Besar

Satu hal yang mungkin jarang terpikir oleh banyak orang adalah alasan menikah karena ketetapan rezeki. Ada yang bilang seperti ini, rezeki sudah ada yang atur. Ada juga yang bilang, menikah itu mempermudah aliran datangnya rezeki.

Namun setidaknya dengan segerakan menikah ada titik perjuangan yang dilalui bersama. Dan saling mendukung. Tentunya inilah kekuatan datangnya rezeki yang besar. Di mana ada kesuksesan laki-laki di belakangnya ada seorang istri yang mendukung dan mendoakan dengan sekuat tenaga dan kelapangan hati yang ikhlas.

4. Segera Memiliki Momongan (Anak)

Memiliki keturunan adalah salah satu alasan untuk segera melangsungkan pernikahan. Sebab, jalinan silaturahmi dan rezeki juga salah satunya ada pada anak.

Selain itu menikah muda adalah usia reproduksi prima. Misalnya saja perempuan di usia 20 tahunan menjadi usia prima seorang wanita memiliki anak. Dan jika ingin tambah anak, tak terlampau jauh usianya.

5. Merancang Masa Depan Anak Dengan Optimis

Jika ada hal hal yang dipikirkan saat ini, tentu ada juga yang dipikirkan di masa depan. Yakni, masa depan seorang anak. Bagaimana pendidikan dan bekal hidupnya kelak.

Tentu ini sangat baik dibicarakan di usia muda dan mempersiapkannya dengan baik. Sehingga, ketika kamu dan pasanganmu beranjak tua, tidak terlalu kelabakan untuk urus semuanya.

Alasan Menunda Nikah

rukun nikah

Selain alasan alasan ingin menikah muda, juga ada banyak alasan yang ingin menunda pernikahan, dan beragam juga jawaban alasan menunda nikah tersebut.

Jika ini adalah posisi kamu, apa saja alasan kamu menunda pernikahan? Kenapa memutuskan untuk menunda pernikahan? Tentu jawabanmu terkadang tak sama dengan jawaban yang lain.

Berikuyt ini alasan-alasan menunda pernikahan yang sudah umum kita dengar, mungkin saja, di antaranya adalah yang sering kamu ucapkan:

1. Belum Punya Cukup Biaya Untuk Menikah

Biasanya belum ada biaya adalah alasan yang kerap dilemparkan untuk bisa melangsungkan pernikahan dengan segera.

Apalagi keperluannya banyak, misalnya, seorang lelaki yang menjadi tulang punggung keluarganya. Dari biaya adik sekolahm bulanan hidup di rumah, dan lainnya adalah tanggungan yang harus ia penuhi.

Maka tak cukup biaya yang dikumpulkan untuk melangsungkan pernikahan. Namun ada lain halnya juga, ternyata biaya untuk menikah ini tak termanajemen dengan baik.

Dihabiskan untuk pacaran dan pola hidup hedonis lainnya, seperti ngerokok, nonton bioskop, maka di cafe yang mahal, dan berlibur ke tempat tempat yang jauh yang butuh biaya banyak.

Tentu pola-pola biaya nikah juga harus dihitung baik-baik. Jadi, fokuslah pada keluarga dan masa depan, bukan semata karena kesenangan pribadi saja.

2. Masih Kuliah

Alasan kedua adalah masih kuliah atau masih sekolah. Sehingga takut mengganggu pendidikan, sehingga menunda pernikahan.

Ini adalah alasan yang kerap diucap mahasiswa dan mahasiswi. Maka mereka yang sudah matang, dan ingin menikah, tapi karena sudah terlanjur sayang dengan seseorang akhirnya terbelenggu dengan nikmat duniawi pacaran.

Tentu ini juga yang harus dipikirkan. Mungkin caranya bisa kuliah sambil nikah. Cari pendanaan bersama. Mengejar pendidikan dan impian bersama. Sukses bersama. Seperti teman penulis.

3. Belum Dapat Restu Orang Tua

Persoalan yang agak rumit alasan menunda nikah adalah karena belum mendapatkan restu dari orang tua. Karena alasan usia kita masih kecil untuk menikah.

Atau alasannya biasanya, cari uang dulu yang banyak. Nah alasan-alasan ini yang pada akhirnya pernikahan tidak segera berlangsung alias tertunda sampai orang tua mengizinkan.

4. Memburu Karir

Pengalaman sahabat, teman dan rekan bisnis penulis. Memburu karir dan menunda pernikahan. Hingga pernikahan yang berlangsung di angka 30 tahunan ke atas. Ketika memiliki anak kecil, usia orang tuanya juga beranjak senja.

5. Kakak Belum Menikah, Tidak Boleh Melangkahi

Ini biasanya aturan adat dalam rumah tangga dan keluarga. Karena si kaka belum nikah, si adik pun harus tertunda pernikahannya.

6. Belum Siap Lahir dan Batin

Mental memang dibutuhkan, kesiapan, keyakinan dan alasan kenapa ia harus menikah, alasan mengapa menikah muda harus matang.

Jadi semua harus siap, dari usia, dan inshallah dari kemampuan untuk menghidupi rumah tangga dengan segala upaya dan cara yang halal menafkahi.

7. Masih Pilih-Pilih

Alasannya sederhana, masih pilih-pilih yang terbaik. Pertanyaannya, sampai kapan? Karena kriteria terbaik tentatif. Manusia tidak ada yang sempurna.

Baca Juga: 40 Manfaat Nikah Muda Bagi Perempuan Yang Wajib Diketahui

Itulah informasi yang bisa kita dapatkan tentang alasan menikah dan alasan menunda pernikahan, simak perbedaanya ya guys.

Oke sampai bertemu di lain artikel saya di Info KUA. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

7 thoughts on “Alasan Menikah di Usia Muda dan Tua, Simak Perbedaanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *