Contoh Surat Numpang Nikah
Contoh Surat Numpang Nikah | Dari Berbagai Sumber

4 Cara Mendapatkan Surat Numpang Nikah

Diposting pada

Infokua.com – Surat Numpang Nikah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan ketika akan menikah, apalagi antara calon pria dan wanita berbeda daerah.

Sama seperti pengalaman saya sebelumnya, saya dan istri memang tidak beda provinsi, tapi saya dan istri masih berada di satu provinsi yang beda kabupaten atau kota.

Kata paman saya, menurut pengalamannya menikah beda provinsi, beda pulau, itu sama dengan beda kabupaten, karena harus mengurus izin numpang nikah di kediaman pelaksana nikah, yakni, misalnya kasus saya dan paman menikah di kediaman mempelai wanita.

Dan berhubung teman-teman saya juga akan merencanakan pernikahan di tahun 2019 dan tahun 2020. Berikut syarat numpang nikah pengalaman saya dan paman saya yang dari tahun ke tahun sebenarnya tak ada perubahan.

Sebab ada beberapa langkah mudah cara mengurus surat numpang nikah yang benar-benar tak akan merepotkan kita semua yang akan menikah. Berikut caranya:

Baca Juga: Syarat Numpang Nikah

syarat numpang nikah
syarat numpang nikah

Silakan dibaca juga, sub di atas adalah syarat-syarat yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan surat pengantar nikah. Baik untuk kelengkapan syarat surat numpang nikah untuk duda, janda, dan perjaka.

Karena memang ada beberapa hal yang harus kita lampirkan, dan itu adalah tentang data diri sepasang calon pengantin (pria dan wanita), juga data diri orang tua.

Syarat-syarat tersebut tinggal di bawa saja ke beberapa tempat yang akan kita rujuk seperti di bawah ini:

Surat Numpang Nikah

Adapun alur mendapatkan surat untuk melaksanakan akad nikah di lain domisili atau disebut numpang nikah ini ada 4 tahap yang harus dilalui. Namun, saya cukup dengan dua tahapan yang bisa dilakukan pada umumnya.

Misalnya saja, saya langsung mengurus ke kelurahan untuk mendapatkan surat pengantar, dan surat keterangan lainnya. Selanjutnya saya langsung urus ke Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mendapatkan surat jalan numpang nikah.

Namun ada juga yang melakukan beberapa tahapan berikut ini:

1. Surat Pengantar Nikah dari Ketua RT/RW

Sebagian teman saya yang tidak ingin repot mengurus semua sendiri, mereka datang ke Ketua RT/RW untuk meminta bantuan mengurus surat-surat yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pernikahan. Termasuk surat untuk numpang nikah.

Jadi, pastikan datangi pengurus atau ketua RT RW sesuai dengan domisili KTP. Nantinya akan ada surat pengantar sebagai salah satu syarat pemberitahuan ke staf keluragan bahwa warganya ada yang mau mengurus surat nikah.

2. Surat Pengantar Nikah dari Kantor Kelurahan atau Kantor Desa

Setelah dari Ketua atau Pengurus RT RW selanjutnya surat yang telah didapatkan dibawa ke Kantor Kelurahan atau Kantor Desa. Lampiran yang harus dilengkapi sebagai syarat adalah:

  • foto copy KTP
  • foto copy KK
  • akta kelahiran
  • surat pernyataan belum pernah menikah
  • surat pernyataan izin orang tua

Dan nantinya kantor kelurahan atau kantor desa akan mengeluarkan satu lembar surat keterangan yang harus ditandatangani mempelai yang mengajukan pemohonan dan pihak kelurahan dan kecamatan.

Namun pada bagian ini sepengalaman saya yang bisa dilakukan adalah hanya datang ke kantor kelurahan atau desa dengan membawa foto copy ktp, kk, dan akta kelahiran, lalu akan dibuatkan surat-surat yang diperlukan untuk ditandatangani, baik mempelai pria maupun wanita.

3. Surat Pengantar Nikah Dari Kecamatan

Selanjutnya ada juga yang sudah mendapatkan surat dari RT dan Kelurahan atau Desa melanjutkan mengurus berkas ke Kecamatan untuk ditandatangani pihak Kecamatan.

Namun syarat ini diperlakukan bagi yang mengajukan yang menikah di luar Provinsi atau Kepulauan. Jadi satu syarat numpang nikah beda provinsi dan antar pulau adalah surat dari pihak kecamatan.

Jika hanya beda kota atau beda kabupaten kita cukup dari kantor kelurahan atau kantor desa, dan selanjutnya akan mengurus surat jalan di Kantor KUA domisili pemohon.

4. Surat Pengantar Nikah dari Kantor Urusan Agama

Yak. Ini adalah tahapan terakhir, bagi pemohon numpang nikah, misal dalam hal ini pria. Nantinya surat-surat dari Kelurahan akan disingkronisasi dengan KUA diwilayah tempat tinggil.

Namun di sini, Kantor KUA hanya akan keluarkan surat yang akan diberikan ke KUA tempat akan menikah. Surat tersebut pada intinya akan menjelaskan bahwa penduduk diwilayahnya akan melaksanakan pernikahan di wilayah KUA lain.

Untuk itu, surat dari KUA ini nantinya seperti surat jalan melangsungkan pernikahan di wilayah yang berbeda kecamatan di salah satu kabupaten atau provinsi lain.

Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Dapat Surat Numpang Nikah

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan surat numpang nikah, baik dari Ketua RT RW, Kantor Kelurahan atau Desa, sampai Kantor Urusan Agama (KUA) adalah sebagai berikut:

  1. KTP asli
  2. Kartu Keluarga asli
  3. Foto Kopi KTP 2 Lembar
  4. Foto Kopi Keluarga 2 Lembar
  5. Surat Pengantar dari RT/RW
  6. Surat Pengantar dari Kelurhan /Desa
  7. Informasi nama calon pasangan (suami/istri)
  8. Informasi nama ayah calon pasangan
  9. Informasi alamat lengkap tempat tinggal calon pasangan.

Tanya Jawab Sebentar Yuk?

Contoh Surat Numpang Nikah
Contoh Surat Numpang Nikah | Dari Berbagai Sumber

1. Adakah biaya mengurus surat numpang nikah? Jawabannya, sepengalaman saya tidak ada. Saya tidak dipungut biaya apapun. Tapi kalau di daerah lain ada, saya tidak paham. Mungkin ada kebijakan di daerah lain.

2. Mengurus surat numpang nikah bisa diwakilkan? Jawabannya, bagi yang sibuk bekerja kita bisa minta tolong ke Ketua RT/RW atau bayan atau pamong setempat, asal syarat-syarat lengkap. Namun mengurus sendiri enak kok.

3. Berapa lama mengurus surat numpang nikah? Jawabannya, lama mengurus surat numpang nikah ini sepengalaman saya cuma sehari, bahkan, setengah hari jadi, saya urus dari pagi jam 09.00 dan di Kantor KUA saya sudah bisa jam 11.30an selesai. Lama-lamanya dua hari dilakukan dengan santai, atau ada kondisi tertentu.

4. Masa berlaku surat numpang nikah? Jawabannya, berbeda-beda tergantung kebijakan kantor desa atau kantor kelurahan dan KUA. Saya bisa empat bulan. Atau akan disesuaikan sampai masa akad berlangsung.

5. Surat numpang nikah kristen atau agama lain adakah? Jawabannya, ada kok, kan dari kantor kelurahan sudah ada formnya.

6. Bagaimana dengan surat numpang nikah untuk duda dan janda? Jawabannya, ya hanya membedakan surat keterangan sudah pernah menikah, surat keterangan duda dan janda, akta cerai atau surat kematian. itu aja sih setau saya.

Nah gimana guys. Sesederhana itu dalam mendapatkan surat numpang nikah? Gimana sudah siap menikahkan, yak, admin doakan semoga disegerakan dan dilancarkan, hajat-hajatnya dimudahkan. Aamiin. Semoga Amiin.

2 thoughts on “4 Cara Mendapatkan Surat Numpang Nikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *